Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Qualcomm Snapdragon 805: Prosesor Quad-Core yang Mendukung TV UHD 4K

Tak ingin tertinggal dalam persaingan teknologi prosesor, Qualcomm menghadirkan penerus dari prosesor 4 inti yang laris dipasaran Snapdragon 800 dengan memperkenalkan Qualcomm Snapdragon 805. Prosesor yang mengandalkan arsiterktur terbaru prosesor Krait 450 ini diklaim dapat berjalan pada kecepatan 2.5Ghz per inti.

Qualcomm Snapdragon 805 hadir sebagai jawaban Qualcomm atas pengembangan dan peluncuran prosesor terbaru Mediatek MT6592. Dan sebagai keluarga terbaru dari varian Snapdragon 800, Snapdragon 805 masih mengandalkan arsitektur quad-core ini dibekali dengan berbagai inovasi teknologi. Diantara berbagai inovasi teknologi yang diterpakan Qualcomm pada prosesor terbaru keluarga Snapdragon ini adalah kehadiran dukungan untuk memutar video pada televisi dengan resolusi 4K pada UltraHDTV. Selain kemampuan menghadirkan gambar pada resolusi 4K, Snapdragon 805 juga dilengkapi dengan teknologi dual camera Image Signal Processors (ISPs).

Kehadiran teknologi ini seakan menjadi pembanding langsung dengan teknologi serupa yang dihadirkan oleh kompetitornya yakni Mediatek MT6592. Namun untuk sisi grafis, Qualcomm mengandalkan chip Adreno 420. Kehadiran Adreno 420 tak hanya sebagai chip pengolah grafis, tapi juga sebagai salah satu komponen penting yang memungkinkan Snapdragon 805 untuk menghadirkan konten dengan resolusi 4K di televisi. Soal kemampuan grafis, Adreno 420 diklaim mampu menunjukan peningkatan performa hingga 40% lebih baik dibandingkan pendahulunya, Adreno 330.

Untuk urusan transfer data, Snapdragon 805 akan dilengkapi dengan Qualcomm® Gobi™ MDM9x25 atau Gobi MDM9x35 modem untuk dukungan jaringan 4G LTE. Tak hanya itu, prosesor ini juga akan dilengkapi dengan standar baru jaringan nirkabel WiFi yakni WiFi 802.11ac untuk dukungan transmisi data nirkabel berkecepatan hingga 600Mbps.

Ingin mencoba Snapdragon 805? nampaknya kita masih harus bersabar untuk dapat ngebut dengan prosesor terbaru Qualcomm ini. Hingga saat ini Snapdragon 805 masih berada pada tahap percontohan. Menurut Qualcomm, prosesor terbarunya ini baru akan ada di pasaran pertengahan tahun 2014. Kita tunggu saja tanggal mainnya.

Back to top button