AndroidAplikasiBlackBerryiOS (iPhone/iPad)TipsWeb ServiceWindows 8Windows Phone

Tips: Lindungi Privasi Facebook Dengan Mudah

Menggunakan jejaring sosial Facebook memang menyenangkan, tapi apakah Anda pernah menulis posting yang menyinggung seorang teman? Atau pernah diganggu oleh seseorang yang berkali-kali mengirimkan ajakan berteman meski Anda sudah menolaknya? Atau mungkin Anda sering terganggu dengan tag yang tidak relevan bagi Anda? Semua hal yang tidak menyenangkan tersebut bisa dicegah melalui pengaturan setting berikut.

Privacy Setting di Facebook merupakan fitur untuk mengatur tingkat privasi akun Facebook Anda. Dengan setting ini, Anda bisa mengendalikan siapa yang bisa melihat posting sampai dengan siapa yang bisa menghubungi dan menemukan Anda di Facebook.

FB privacy1

Pengaturan privacy sangat mudah untuk diterapkan, berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Klik di bagian kanan atas halaman Facebook Anda
2. Pilih Privacy Settings dari menu yang muncul
3.

Setting yang bisa Anda ubah pengaturannya pada Privacy Setting berikut fungsinya adalah sebagai berikut:

FB privacy3

Pada opsi Who Can See My Stuff, Anda akan menemukan pengaturan pertama Who can see your future posts? (Siapa yang bisa melihat posting Anda?)
Dengan opsi ini, Anda bisa mengatur konten yang ingin Anda ‘share’ ke teman-teman Anda di Facebook dengan menggunakan pengatur audiens yang tersedia di bagian bawah kotak Status di samping kotak ‘Post’.
Anda bisa mengubah pembaca dari konten yang Anda ‘share’ dari masyarakat umum (‘Public’), teman (‘Friends’), teman kecuali kenalan (‘Friends Except Acquaintances’), pribadi (‘Only Me’) atau tertentu ‘Custom’.

FB privacy2

Sedangkan audiens tertentu (‘Custom’) memungkinkan Anda untuk secara spesifik memilih audiens yang Anda inginkan. Anda bisa memilih orang tertentu yang Anda ingin ‘share’ konten tertentu dan juga bisa memastikan orang tertentu tidak melihat apa yang Anda share dengan orang lain.

FBPrivacy6

Pengaturan kedua pada opsi Who Can See My Stuff, adalah Review all your posts and things you’re tagged in (Periksa posting dan segala sesuatu yang di-tag kepada Anda).
Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengijinkan atau membuang tag dari teman Anda pada posting tertentu. Dengan demikian, setiap kali seseorang men-tag Anda pada posting tertentu – posting itu tidak akan muncul pada timeline tanpa seijin Anda.

Pengaturan ketiga dan terakhir pada opsi Who Can See My Stuff adalah Limit the audience for posts you have shared with friends of friends or Public (Batasi audiens pada posting yang telah di-‘share’ dengan teman dari teman atau Publik).

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengubah audiens dari posting-posting lama Anda sekaligus. Pengubahan bisa dilakuan dari Public atau Friends of Friends menjadi Friends Only.

FB privacy4

Pengaturan privacy kedua adalah Who can contact me? (Siapa yang bisa menghubungi Saya?). Pada opsi ini Anda akan menemukan dua pengaturan, yang pertama adalah Who can send you friend requests? (Siapa yang bisa mengirim permintaan teman?)
Secara otomatis, siapa pun di Facebook bisa mengirimkan Anda permintaan untuk menjadi teman. Jika Anda ingin mengubah siapa yang bisa mengirimkan permintaan teman ke Anda, Anda bisa mengubahnya menggunakan fitur ini.

Pengaturan kedua pada opsi Who can contact me adalah, Whose messages do I want filtered into my inbox? (Pesan dari siapa yang Anda tidak inginkan untuk masuk Inbox?)

Anda bisa mengubah penyaringan Inbox pesan menggunakan fitur ini. Ada 2 pilihan bagi Anda, yaitu ‘Basic Filtering’ dan ‘Strict Filtering’. Dengan penyaringan biasa ‘Basic Filtering’, Anda bisa melihat pesan dari teman dan orang yang mungkin Anda kenal (misalnya teman dari teman) dalam inbox. Sedangkan penyaringan ketat ‘Strict Filtering’, Anda bisa hanya bisa melihat pesan dari teman Anda.

FBPrivacy5

Who can look me up? (Siapa yang bisa melihat Saya?) adalah opsi ketiga dan terakhir dari pengaturan privacy. Pada opsi ini Anda dapat merubah pengatuan pertama yaitu Who can look you up using the email address or phone number you provided? (Siapa yang bisa mencari Anda menggunakan alamat email atau nomer telepon?) Secara otomatis, siapa pun bisa melihat Anda di Facebook. Jika Anda ingin mengubah pengaturan siapa yang bisa melihat Anda di Facebook, maka gunakanlah fitur ini.

Selanjutnya ada opsi Do you want other search engines to link to your timeline? (Apakah Anda menginginkan mesin pencari untuk bisa menampilkan konten pada timeline Anda?). Fitur ini mengendalikan apakah pautan atau ‘link’ ke timeline Anda akan muncul pada hasil pencarian mesin pencari ketika orang mencari nama Anda. Informasi yang Anda atur dengan setting publik ‘Public’ tentunya akan muncul pada hasil pencarian. Ini termasuk segala sesuatu yang Anda ‘share’ kepada audiens publik ‘Public’, posting dan komentar pada fan Page atau Open Groups, serta posting pada seksi Community Forum section di Help Center.

Jadi jika tidak ingin akun Facebook Anda dibanjiri oleh hal-hal yang mengganggu, pastikan Anda telah mengatur Privacy Setting sesuai dengan keinginan.

Back to top button