Quantcast
KomputerLaptopNews

Lenovo Perkenalkan Ideapad A10, Laptop Android Pertamanya Dengan RockChip

Android merupakan sistem operasi perangkat mobile dengan perkembangan paling cepat saat ini. Maka tidak mengherankan jika sistem operasi yang awalnya lebih ditujukan bagi smartphone ini kini mulai merambah ke dunia laptop. Adalah Lenovo sebagai salah satu produsen elektronik pertama yang mengenalkan notebook terbarunya dengan OS Android.

LenovoIdeapadA10

Lenovo Ideapad A10 merupakan laptop pertama dari Lenovo yang mengusung Android versi 4.2.2 sebagai sistem operasinya, Ada satu keunikan. Ideapad A10 tidak menggunakan prosesor keluaran Intel seperti kebanyakan notebook Lenovo lainnya. Melainkan A10 menggunakan prosesor Rockchip RK3188 quad-core 1.6 GHz yang dipadankan dengan RAM 2GB dan media penyimpanan data 16 atau 32GB. Notebook ini juga telah dibekali layar sentuh berukuran 10.1 inci multi-touch 10 jari dengan resolusi 1366×768 pixel.

Dari sisi desain, ada satu hal yang menarik. IdeaPad A10 ini memiliki dua mode. Yaitu mode pertama sebagai mode laptop biasa dengan keyboard di bawah layar. Sedangkan mode kedua adalah mode stand dengan hanya layar yang menghadap penggunanya. Dua mode ini sebenarnya sudah ditemukan di Lenovo IdeaPad Yoga, tapi belum pernah ada di notebook berbasis Android manapun.

Perubahan mode ini dapat dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu memutar engsel layarnya hingga 300°. Setelah diputar, keyboard dan trackpad akan berada di bawah dan menghadap meja (atau permukaan yang Anda gunakan) dan berfungsi sebagai dudukan (stand) ketika A10 digunakan dalam mode stand.

LenovoIdeapadA10-2

Sebagai sebuah laptop, Lenovo ternyata masih melengkapi Ideapad A10 dengan kumpulan port yang umumnya ditemui pada laptop biasa, seperti port USB, HDMI, serta jack audio dan mikrofon.

Ideapad A10 telah secara resmi diperkenalkan oleh Lenovo beberapa hari yang lalu, tapi hingga kini masih belum ada informasi resmi dari pihak Lenovo terkait harganya. Namun dari spesifikasi yang dimilikinya, kami prediksi Lenovo akan menjual Ideapad A10 di rentang harga 3,5 juta rupiah.

[table]Spesifikasi;Lenovo Ideapad A10
Prosesor;Rockchip RK3188 quad-core 1.6GHz
Layar;”10.1 inci 1366×768 pixel (10 jari multi touch)”
RAM;2GB
Memori;Internal 16/32GB + slot microSD
Port;2xUSB 2.0, HDMI, Jack audio/mikrofon
Bobot;1 kg
[/table]
Back to top button