Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review:Blackberry Q10

Blackberry Q10 hadir sebagai ponsel BB10 pertama yang mempertahankan tradisi Blackberry yaitu hadirnya keyboard fisik bergaya QWERTY sebagai alternatif Z10 yang menggusung konsep full touchscreen. Mampukah Q10 membuat kami beralih ke BB10?

Konsep dan desain
Blackberry Q10 hadir dengan desain yang khas BlackBerry, namun terlihat lebih segar dan lebih mewah dibandingkan handset Blackberry lawas QWERTY seperti Bold 9900.

Bodinya yang berwarna hitam hadir dengan aksen pendukung motif carbon di belakang bodi. Membuatnya terlihat lebih keren, namun sisi negatifnya permukaan bagian belakang bodinya menjadi cukup terasa licin di tangan. Dari segi dimensi, ketebalan bodinya cukup langsing dengan ukuran yang tetap pas masuk ke dalam saku celana. Yang membuatnya berbeda dan istimewa adalah desain keyboard QWERTY yang tersusun rapih sejajar garis lurus di bawah layar.

Ukuran tombol keypadnya relatif besar dan sangat empuk untuk ditekan. Membuat kegiatan mengetik jarang sekali terjadi typo dan tidak membuat jari jempol cepat lelah. Bahkan boleh dibilang, inilah ponsel pintar dengan keyboard fisik ternyaman yang pernah kami jumpai.

Blackberry-Q10-2

Keistimewaan lainnya terletak pada sektor layar. Layar sentuh Super AMOLED yang dimilikinya berukuran 3.1-inci membuat navigasi dilayar Blackberry Q10 menjadi lebih leluasa. Ditambah dengan performa layar sentuh yang sangat respon dengan sentuhan jari, Anda dijamin tidak akan kesulitan mengakses seluruh menu yang dimilikinya.

Dengan resolusi 720×720 pixel dan tingkat kerapatan pixel yang mencapai 328ppi, layarnya juga terlihat tajam dengan tampilan warna yang tetap nyaman dipandang. Untuk konektivitas, hadir dua buah port koneksi yaitu micro USB dan port micro HDMI di samping kiri bodinya. Alternatif konektivitas lain yang disediakan meliputi koneksi Wi-Fi, Bluetooth serta NFC.

Blackberry-Q10-3

Fitur dan Performa
Mengusung konsep layar sentuh dan keyboard QWERTY serta menjalankan sistem operasi Blackberry 10 OS, perubahan yang membuatnya berbeda dengan seri Blackberry lawas adalah hilangnya trackpad untuk navigasi dan tombol berlogo Blackberry untuk mengakses menu. Semua opsi menu dan sederetan aplikasi yang tersedia di Blackberry Q10 dapat diakses dengan menyapu layar mirip dengan Blackberry Z10. Bagi Anda yang tidak terbiasa, tentu perlu sedikit waktu untuk beradaptasi. Namun ini tidak akan jadi masalah karena antarmukanya cukup sederhana.

Dengan dukungan prosesor Dual Core 1.5GHz dan RAM sebesar 2GB, kami nyaris tidak menemukan masalah sama sekali pada kegiatan multitaskingnya. Berpindah aplikasi, mengakses menu serta navigasi semua terasa mulus tanpa terasa lag. Untuk kamera, Selain dibekali kamera beresolusi 8 megapixel sebagai kamera utama, Blackberry Q10 juga dibekali dengan kamera beresolusi 2 megapixel di bagian depan. Performa kameranya sendiri cukup baik dan mampu menghasilkan foto yang cukup tajam dan detil. Berikut hasil foto yang juga dapat ditemukan di Flickr resmi yangcanggih.com.

IMG_00000025

IMG_00000104

IMG_00000004

Sektor multimedia juga bisa diandalkan. Kualitas audio yang ditawarkan cukup baik dan video player bawaannya masih sanggup memutar film Full HD dengan mulus tanpa masalah. Yang cukup disayangkan, layarnya memang tergolong kecil dan kurang ideal digunakan untuk menonton film.

Dengan menyalakan akses paket data untuk internet, chat via BBM, dan aplikasi jejaring sosial lainnya, performa baterai Blackberry Q10 cukup baik dan mampu bertahan sekitar 8 jam. Performa baterainya cukup baik untuk sebuah ponsel BlackBerry. Untuk menemani aktivitas kerja sehari-hari tentu sudah lebih dari cukup tanpa perlu repot membawa portable charger.

Kesimpulan
Walau tidak membawa banyak fitur baru dari Blackberry Z10, Blackberry Q10 tetap menjadi sebuah gadget yang menyenangkan. Keyboard yang sangat nyaman untuk mengetik, kinerja yang cukup baik dan baterai yang lumayan tahan lama menjadikan Blackberry Q10 menjadi alternatif yang sempurna dan layak dipertimbangkan bagi Anda yang ingin mencicipi Blackberry 10 OS dan telah terbiasa dengan keyboard QWERTY.

[table th=”0″]” “;Blackberry Q10
Layar; Super AMOLED 3,1-inci, 720 x 720 piksel, 330ppi
Sistem Operasi; Blackberry 10 OS
Prosesor; Dual Core 1.5 GHz
Memori; internal 16GB, RAM 2GB, slot micro SD
Kamera; 8MP, depan 2MP
Konektivitas; WiFi, Bluetooh, NFC, GPS
Baterai; 2100mAH
Dimensi; 119,6 x 66,8 x 10,35mm
Bobot; 130 gram
Harga; Rp7.499.000
[/table]

Satu komentar

  1. Ya…spec yang ditawarwakan sudah cukup baik…kecuali bbm kita masih bisa mendapat merk lain dengan harga yg lebih murah….

Back to top button