AndroidAplikasiiOS (iPhone/iPad)Windows 8

Inilah Alternatif Pembaca RSS Bagi Pengguna Google Reader!

Rencana Google menutup platform Reader miliknya tentu meninggalkan rasa pahit bagi para penggemarnya. Kemampuan mengumpulkan konten dan situs-situs favorit pengguna merupakan kelebihan yang menjadikannya popular. Mendekati detik-detik akhir hidupnya, beragam aplikasi serupa bermunculan. Tidak sekadar menjadi pembaca RSS alternatif, aplikasi-aplikasi ini pun menyuguhkan opsi menyimpan koleksi feed dari Google Reader Anda.

Feedly

Feedly

Aplikasi berusia lima tahun ini bisa jadi pilihan terkuat. Jika Anda sign up sebelum masa hidup Google Reader berakhir, Feedly secara otomatis mentransfer semua feed Anda. Tanpa perlu melakukan pengaturan manual, feed Anda tersedia dalam tampilan sesuai preferensi. Anda bisa memilih dari 16 warna theme dan empat layout – tampilan ala Google Reader, majalah, kumpulan kartu berita, dan artikel penuh. Mendukung mereka yang menggunakan lebih dari satu perangkat, Feedly memiliki layanan cloud sendiri sehingga Anda bisa membuka feed langsung dari web atau perangkat mobile berbasis iOS dan Android.

Flipboard

Flipboard-Google Reader

Aplikasi ini tentu sudah popular di kalangan pengguna perangkat mobile. Meskipun bukan layanan pembaca RSS tradisional, Flipboard menawarkan kemampuan untuk mengimpor koleksi feed secara otomatis dari Google Reader. Anda tinggal masuk dalam halaman Accounts dan memilih Google Reader. Secara visual, aplikasi ini memiliki tampilan yang indah dan unik. Sayangnya, tidak ada versi web dan terbatas hanya ada di tablet dan smartphone saja.

AOL Reader

AOL Reader

Mungkin alternatif yang disuguhkan AOL terbilang paling mirip dengan Feedly. Tidak hanya tersedia di web, layanan pembaca RSS ini juga hadir di perangkat mobile iOS dan Android. Tampilan layout-nya pun bisa diubah sesuai preferensi. Cukup sign in dengan akun Google Anda dan semua feed dari Google Reader secara otomatis diimpor ke dalam AOL Reader. Agar lebih tertata, Anda bisa menambahkan tag atau bintang pada artikel-artikel favorit sehingga lebih mudah ditemukan di kemudian hari.

Digg Reader

Seminggu sebelum Google Reader mati, Digg meluncurkan layanan pembaca RSS-nya dalam versi beta. Mengusung nama Digg Reader, aplikasi ini secara otomatis mengimpor semua feed dari akun Google Reader jika Anda sign up sebelum tanggal 1 Juli. Untuk menggunakan layanan ini, Anda harus membuka akun baru meski sebelumnya sudah memiliki akun di Digg. Tampilannya sederhana dengan warna putih yang mendominasi, ditambah sentuhan hitam dan abu-abu. Tidak hanya di web, nantinya Digg Reader akan bisa dinikmati di perangkat mobile iOS dan Android.

The Old Reader

The Old Reader

Tampilan sederhana Google Reader bisa Anda nikmati dalam aplikasi ini. Namun, untuk mengimpor feed dari Google, Anda harus melakukannya secara manual. Meskipun demikian, caranya tetap mudah. Anda tinggal mengambil file OPML dari halaman pengaturan Google Reader dan memasukkannya ke dalam aplikasi ini. The Old Reader pun mendukung aplikasi Pocket sehingga Anda bisa menyimpan konten untuk dibaca di waktu lain.

Satu komentar

Back to top button