Quantcast
KomputerNewsPC Desktop

Apple Mac Pro 2013: Performa Luar Biasa Dengan Desain Revolusioner

Setelah merevolusi desain iMac menjadi sangat langsing di tahun 2012 lalu, Apple kembali membuat terobosan baru pada dunia desktop PC. Dengan Apple Mac Pro terbarunya, kali ini Apple menawarkan sebuah paduan yang apik antara karya seni dan teknologi canggih dalam sebuah kemasan desain yang sangat radikal.

Apple Mac Pro terbaru hadir dalam kemasan desain yang berubah total dari generasi Mac Pro sebelumnya. Perubahan desainnya ini menyegarkan tampilan Mac Pro lawas yang bertahan dengan desain yang sama selama hampir 10 tahun. Desain Apple Mac Pro kini hadir dalam wujud tabung silinder berwarna hitam yang terlihat sangat keren dan elegan. Selain desain yang tidak biasa tersebut, komponen di dalamnya juga sangat istimewa.

Apple melewatkan platform prosesor Intel Hasswell pada Apple Mac Pro kali ini. Itu pun tidak menjadi masalah, sebagai gantinya Apple menggunakan prosesor yang jauh lebih bertenaga yaitu prosesor 12 inti (Core), 256-bit Intel XEON E5.

Untuk memori RAM, Apple belum membeberkan secara rinci rinci berapa besaran RAM yang digunakan. Namun di dalam Apple Mac Pro ini, tersedia 4 slot memori RAM DDR3 1866MHz yang dapat menyajikan performa transmisi data dengan kecepatan 60GB/s. Memori RAM yang digunakan juga bukan memori RAM DDR3 biasa yang umum dijumpai pada desktop PC, tapi tipe ECC (Error-correcting code) yang sanggup mendeteksi dan memperbaiki masalah memori error secara otomatis. Biasanya tipe memori ini digunakan di komputer server yang menyala 24 jam tanpa henti.

Sektor grafisnya menggunakan dua kartu grafis AMD FirePro yang mendukung output visual hingga resolusi 4K. AMD FirePro memang tidak dirancang untuk keperluan gaming, tapi lebih ke rendering 3D dan penyuntingan video kelas berat. Apple juga menggunakan PCI-E Flash Storage sebagai media penyimpanan, yang diklaim memiliki performa 10 kali lebih cepat dari hard disk SATA 7200 rpm.

Performa komputasinya yang super cepat juga didukung dengan port konektvitas yang sama cepatnya. Untuk terhubung dengan perangkat lain, tersedia 4 port USB 3.0, HDMI out, dual port gigabit Ethernet, WiFi 802.11ac, Bluetooth 4.0, port audio 3.5mm, dan 6 port Lightning 2.0.

Hingga berita ini diturunkan, Apple baru menjadualkan Apple Mac Pro terbaru ini akan mulai dipasarkan di akhir tahun 2013 ini. Untuk harganya, dilihat dari spesifikasinya tersebut, kami meramalkan Apple akan membanderolnya dengan harga diatas Rp20 juta.

[table th=”0″]” “;Apple Mac Pro
Prosesor; Intel XEON E5
RAM; EEC DDR3 1,866MHz 4 slot
Kapasitas; model Flash Storage
Grafis; Dual AMD FirePro
Konektivitas;4 port USB 3.0, HDMI out, dual port gigabit Ethernet, WiFi 802.11ac, Bluetooth 4.0, port audio 3.5mm, dan 6 port Lightning 2.0.
Dimensi; Tinggi 9.9-inci, lebar 6.6-inci
[/table]
Back to top button