GALAXY S4 Zoom: Ponsel Android Pertama Samsung dengan Optical Zoom

Nampaknya baru kali ini Samsung mengeluarkan satu seri dengan begitu banyak varian. Setelah Mini, Active dan Slim, kini hadir S4 Zoom dengan fungsi dan tampilan layaknya kamera digital.

Samsung GALAXY S4 Zoom nampaknya memang bukan dibuat untuk menandingi GALAXY Camera-nya Samsung sendiri, karena memang fungsi utama S4 Zoom masih terpusat pada teleponnya. Layar Corning Gorilla Glass 3 yang dimiliki berukuran 4.3 inci resolusi qHD 960×540 piksel dan sudah menggunakan teknologi Super AMOLED. Dari segi desain, S4 Zoom nampak kokoh terutama jika dilihat dari sisi belakang yang sangat kental rasa kamera digital poket-nya.

Sistem operasi yang diadopsinya adalah Android versi terkini, Jelly Bean 4.2.2. S4 Zoom dibekali prosesor dual core berkecepatan 1.5GHz, RAM 1.5GB, serta memori internal 8GB yang tersisa 5GB untuk digunakan pengguna. Namun jangan khawatir, karena Anda masih bisa menambahkan microSD hingga 64GB serta otomatis mendapatkan jatah kavling Dropbox 50GB. Yang menarik adalah Samsung menggunakan antarmuka baru bernama Revolutionary yang memiliki fitur Zoom Ring, untuk memudahkan Anda mengakses fitur-fitur yang unggulan S4 Zoom.

Lalu bagaimana dengan fitur kamera yang menjadi unggulan S4 Zoom? Samsung setidaknya membekali smartphone ini dengan Samsung Lens 24-240mm F3.1-F6.3 atau 10x optical zoom dan sensor BSI CMOS 16 megapixel yang juga mampu merekam video Full HD. Anda akan mendapatkan fitur yang optical zoom yang cukup jarang ditemukan di sebuah ponsel. Terakhir kali hanya Nokia N93i yang memiliki lensa dengan optical zoom. Galaxy Camera tidak termasuk, karena tidak dapat digunakan untuk menelpon. Fitur kamera lain yang dimiliki S4 Zoom antara lain adalah Smart Modes dan OIS (Optical Image Stabilization). Di bagian depan, Anda mendapatkan kamera 1,9 megapixel seperti di Galaxy S4.

svg%3E

Fitur Photo Suggest yang dimilikinya akan secara instan menghubungkan Anda dengan perpustakaan foto yang diambil oleh fotografer lain di seluruh dunia. Dengannya Anda akan dengan mudah menemukan dan mengomposisi foto yang Anda inginkan baik dengan menjadikan koleksi foto di sana sebagai referensi maupun dengan mengikuti petunjuk S4 Zoom mengenai obyek terbaik di sekitar Anda untuk diabadikan.

Belum ada informasi berapa S4 Zoom dibanderol dan kapan akan diluncurkan secara massal. Jika mengambil patokan dari Samsung GALAXY Camera, nampaknya S4 Zoom akan dilepas ke pasaran dengan kisaran harga 6,5 juta rupiah. Tertarik untuk menjadikannya sebagai teman liburan?

Update (24/6): di Inggris, S4 Zoom akan dibanderol dengan harga £467.99 atau sekitar lima jutaan rupiah.

[table th=”0″]” “;Samsung GALAXY S4 Zoom
Layar;”Super AMOLED 4.3 inci, 960 x 540 piksel, Corning Gorilla Glass 3″
Sistem Operasi;Android v4.2.2 Jelly Bean
Prosesor;Dual-core 1.5GHz
Memori;”Internal 8GB, RAM 1.5GB, eksternal microSD”
Kamera;”Samsung Lens 24-240mm f/3.1-6.3 (10x optical zoom), sensor BSI, CMOS, 16MP, video Full HD 1080p, kamera depan 1.9MP”
Baterai;Li-Ion 2330mAh
Dimensi;125.5 x 63.5 x 15.4 mm
Bobot;208 gram[/table]