Rayakan 50 Tahun PEN F, Olympus Luncurkan PEN E-P5

Olympus terlihat sangat percaya diri dengan kamera berdesain retro miliknya yang dulu populer di jaman kamera analog. Setelah Olympus OM-D E-M5 menuai sukses dengan menghidupkan kembali desain retro Olympus OM-D, kini Olympus merilis kamera MFT terbaru kamera Olympus Pen E-P5.

olympus PEN E-P5-1

Olympus Pen E-P5 hadir dalam rangka memperingati 50 tahun kamera legendaris Olympus PEN F. Maka tidak heran jika desain bodinya seperti Olympus PEN F yang muncul di tahun 1963. Tampilan klasiknya mendapat dukungan teknologi terkini yang sama seperti Olympus OM-D E-M5. Diantaranya sensor Live MOS 16.1 megapixel yang disokong oleh prosesor Olympus TruePic VI, serta sederetan fitur dan teknologi milik OM-D E-M5 yang lain seperti sistem autofokus super cepat FAST AF dan 5-Axis Image Stabilization yang sangat optimal untuk menjaga ketajaman hasil foto akibat tangan yang bergoyang.

Walau tidak dilengkapi dengan Viewfinder, Olympus PEN E-P5 telah dilengkapi dengan layar sentuh fleksibel berukuran 3-inci. Untuk membantu Anda memotret, layarnya ini bisa diatur sudutnya keatas 80 derajat atau kebawah hingga sudut 50 derajat. Bagi Anda yang terbiasa memotret dengan ViewFinder, Olympus telah menyediakan aksesoris Viewfinder elektrik VF-4.

Keistimewaan Olympus PEN E-P5 yang lain terletak pada teknologi shutter yang digunakannya. Olympus PEN E-P5 merupakan kamera MFT pertama yang menggusung shutter mekanikal. Dengan model shutter ini, E-P5 dapat memotret dengan kecepatan hingga 1/8000 detik dan mampu melakukan burst shoot hingga 9 frame per detik. Jeda waktu antar tiap hasil jepretan pun sangat cepat yaitu sekitar 0.044 detik.

Selain tersedia teknologi fokus FAST AF, Olympus juga memperkenalkan teknologi fokus otomatis terbarunya yang disebut Super Spot AF. Sistem autofocus ini menawarkan performa penentuan fokus yang lebih akurat pada area yang sangat kecil. Tentu ini akan sangat berguna untuk pecinta fotografi makro, karena sistem fokus ini dapat menentukan titik fokus lebih akurat ketika digunakan untuk memotret subjek yang ukurannya sangat kecil.

Mengikuti tren baru yang sedang berkembang, Anda juga dapat menemukan koneksi WiFi untuk menghubungkannya ke smartphone atau tablet PC. Uniknya, sistem WiFi E-P5 hadir dengan sistem QR Code yang lebih mudah digunakan. Anda hanya perlu melakukan scan QR Code tersebut dengan smartphone atau tablet PC, maka secara otomatis Olympus PEN E-P5 akan langsung terhubung ke perangkat tersebut. Untuk berkreasi dengan hasil bidikan Anda, Olympus menyediakan fitur kreasi baru seperti Photo Story+ untuk menghiasi hasil foto, mode Interval Shooting dan Time Lapse Movie yang dapat digunakan untuk membantu membuat video time lapse, 12 efek filter, dan mode Live Bulb.

Olympus PEN E-P5 akan mulai tersedia pada bulan Mei 2013 ini dengan banderol harga sekitar US$999.99 untuk bodinya saja yang tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu hitam, silver dan putih. Untuk versi paketannya, dibanderol dengan harga US$1449.99 dengan lensa M.Zuiko Digital 17mm f/1.8 dan viewfinder elektronik VF-4.

[table th=”0″]” “;Olympus PEN E-P5
Sensor; MFT CMOS 16.1 megapixel
Prosesor; TruePic VI
Layar;” layar sentuh fleksibel 3-inci, 1,036,000 titik”
Viewfinder; elektrik (opsional)
video; “1920 x 1080 (30p), 1280 x 720 (30p)”
Konektivitas;HDMI,WiFi, USB
Memori;SDXC/SDHC/SD
Bobot;420 gram
Dimensi;122 x 69 x 37 mm
[/table]

Verified by MonsterInsights