Quantcast
Aksesoris GadgetAudio VideoMobile GadgetReview

Review Sony MDR-1R

Tidak semua headphone menawarkan kualitas suara yang sama. Untuk itulah Sony mencoba menawarkan sebuah headphone premium berkualitas tinggi bagi Anda yang gemar mendengarkan musik. Apakah performanya memuaskan?

sony-mdr-1R-3

Konsep dan desain
Kami cukup terkesan dengan kemasan Sony MDR-1R yang mewah dan terkesan eksklusif. Di dalam kotak yang berwarna hitam ini, Anda akan menemukan satu unit headphone Sony MDR-1R, satu buah pouch untuk menyimpan headphone ini saat bermobilitas dan dua kabel yaitu kabel audio biasa dan kabel dengan mic dan kontrol suara untuk dihubungkan ke smartphone.

Dari desainnya, Sony MDR-1R merupakan headphone bertipe closed dynamic dengan ukuran earpad yang cukup besar. Bagian earpad dan headbandnya hadir dengan bantalan busa yang tebal dan dilapisi dengan material kulit premium yang sangat lembut. Sementara bagian penutup telinganya menggunaan bahan alumunium yang mewah dan telah dilengkapi port untuk menancapkan kabel jack 3.5mm yang dapat dilepas pasang. Ini memudahkan bagi Anda yang suka mengganti kabel interconnect untuk kualitas suara lebih oke.

Secara keseluruhan dari segi desain dan material, Sony MDR-1R tampil dengan sangat baik. Saat dipakai dalam jangka waktu yang lama, MDR-1R terbukti cukup nyaman dan tidak membuat telinga terasa panas. Desain tertutupnya juga cocok digunakan bagi Anda yang memiliki telinga berukuran lebih besar dari rata-rata. Isolasi suara yang dihasilkan tidak istimewa, dengan suara latar yang masih terdengar. Ini tentunya bisa menjadi kekurangan atau kelebihan, tergantung pada kebutuhan penggunanya.

Performa
Lalu bagaimana dengan kualitas suaranya? Mengagumkan!! Kami mencobanya untuk mendengarkan lagu-lagu bergenre Jazz dengan kualitas file audio .FLAC yang memang sangat dominan dengan suara vokal dan instrumen . Beberapa album audiophile jazz dari Susan Wong, Sofia dan Angela bisa disajikan dengan sangat baik. Walau isolasi suaranya tidak sehebat headphone-headphone sekelasnya, namun Anda dapat merasakan suara vokal yang sangat jelas dan nyata dengan staging yang sangat terasa. Kendali pada nada-nada tingginya juga sangat apik dan tidak menyakiti telinga. Sektor bass yang dihasilkan pun cukup oke dengan separasi instrumen alat musik yang masih dapat terdengar dengan sangat detil.

Kesimpulan
Sony MDR-1R merupakan headphone yang wajib dimiliki bila Anda penikmat musik yang lebih mengutamakan staging dan kualitas vokal yang jernih. Walaupun dijual cukup premium yaitu sekitar Rp3 jutaan, harga Sony MDR-1R masih cukup sebanding dengan kualitas suara audio yang ditawarkan dan material premium yang digunakannya. Direkomendasikan!

YangCanggih
+ Sangat nyaman digunakan
+ Kualitas suara sangat baik untuk lagu dengan vokal yang dominan
+ Desain mewah dan premium

Yang Kurang
– Harga relatif premium

Artikel terkait

Back to top button