Quantcast
News

XL GameHack 2013 Hasilkan 5 Developer Pemenang

Sebanyak 15 tim berjuang melawan waktu yang diberikan selama 2 minggu untuk menyelesaikan sebuah social game yang dapat dimainkan dari smartphone hingga featured phone.

Peserta dan pemenang XL Gamehack 2013 beserta perwakilan XL & TheMobileGamer berfoto bersama.
Peserta dan pemenang XL Gamehack 2013 beserta perwakilan XL & TheMobileGamer berfoto bersama.

Kelima belas tim finalis yang telah dipilih pada Semi Final XL GameHack tanggal 23-24 Maret di Universitas Multimedia Nusantara berusaha menyempurnakan karya game sosialnya di platform Kotagames. Terdapat 8 tim finalis di kategori Umum yaitu: Selamat Berbahagia, Kong TM1, Kong TM2, GDC Force, BebasWe, Walpole, UMN Lancer, dan titiKoma. Selain itu, ada 7 tim yang masuk kategori profesional: Tanoshii Creative, StudioIndependent, Peregrine, Nijibox, AbigaelDev, AppKitchens, dan Agajo.

Sesi penjurian XL GameHack berlangsung dari jam 10 pagi sampai 1 siang. Selama 3 jam penuh, setiap tim finalis memaparkan hasil kerjanya yang disuguhkan dalam bentuk presentasi 5 menit dan demo produk di depan 3 juri yaitu Andy Zain (CEO PT Numedia Global), Yusup Martyastiadi (Dosen Game & Grafis UMN), dan Felix Ramli (Country Manager TheMobileGamer).

Ada 5 kriteria penjurian yang harus ditunjukkan oleh para finalis dalam hasil karya gamenya di kompetisi ini, yaitu desain artwork yang memukau, alur game yang membuat orang kembail bermain lagi, fitur dan cara bermain di game, mekanisme sosial dan interaksi antarpemain, dan monetisasi di dalam gamenya. Menurut para produser game TMG, kelima elemen tersebut sangatlah penting dalam sebuah game sosial, dan menentukan laku atau tidaknya game di pasar mobile social gaming.

Akhirnya, 5 tim XL GameHack 2013 terpilih berdasarkan penilaian dewan juri untuk masing-masing kategori.

Grand Champion
Nama Tim: Peregrine
Nama Game: Ducks & Dragons
Hadiah: Macbook Air 11”

Juara 1 Kategori Profesional
Nama Tim: Tanoshii Creative
Nama Game: Garata
Hadiah: Samsung Galaxy SIII 16GB

Juara 2 Kategori Profesional
Nama Tim: AppKitchens
Nama Game: Adu Telor
Hadiah: Nokia Lumia 900

Juara 1 Kategori Umum
Nama Tim: GDC Force
Nama Game: Kebeng
Hadiah: Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Espresso 3G + WiFi 16GB

Juara 2 Kategori Umum
Nama Tim: BebasWe
Nama Game: Monster World Adventure
Hadiah: Nokia Lumia 800

Setiap pemenang juga akan mendapatkan Minimum Revenue Guarantee sebesar US$2,000 beserta bantuan marketing dari tim XL dan TMG setelah gamenya dirilis, dan juga konsultasi social gaming dari ahlinya dari Jepang yang akan dijadwalkan setelah acara final kemarin.

Back to top button