Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Review Samsung DA-E550



Teknologi dan kemasan desain yang cantik bisa menghasilkan sebuah gadget yang sangat memikat. Hal ini dibuktikan Samsung lewat produk dock audio terbarunya yang mampir di kantor redaksi kami yaitu Samsung DA-E550.

samsung--DA-E550-5

Konsep dan desain
Kesan pertama, Samsung DA-E550 berhasil tampil beda jika dibandingkan dengan dock audio merek lain. Desain melengkungnya yang unik dijamin akan menarik perhatian. Untuk desainnya Samsung DA-E550 hadir dengan desain yang sangat berbeda dengan dock audio kebanyakan. Dock audio ini hadir dengan model pipa melengkung terbuat dari plastik. Sepasang speaker akan ditemukan di ujung kiri dan kanannya.

samsung--DA-E550-3

Dengan konsep desain yang modern dan minimalis, DA-E550 cukup layak diletakkan di rumah atau kantor tanpa membuat Anda malu. Konsep minimalisnya semakin terasa dengan tidak ditemukannya layar LCD display yang sebenarnya memberi kemudahan saat menavigasi fungsinya. Anda juga tidak akan menemukan tombol-tombol fisik yang menonjol seperti dock audio pada umumnya. Tombol navigasinya hadir dalam bentuk 4 buah soft button yang menyatu dengan bodi, mirip konsep tombol navigasi di smartphone Samsung. Saat dioperasikan, respons tombol cukup baik.

Di bagian depan, Anda akan menemukan sebuah dock yang dapat disembunyikan jika tidak digunakan. Nah, disinilah keunggulah dock audio ini. Samsung DA-E550 telah dilengkapi dua dock, yaitu dock untuk perangkat iOS seperti iPod, iPhone dan dock dengan konektor micro USB untuk menancapkan smartphone Samsung Galaxy. Sayangnya, smartphone merk lain yang memiliki koneksi microUSB tidak dapat ditancapkan di dock ini. Namun sebagai gantinya Anda dapat menghubungkannya melalui koneksi Bluetooth.

Di bagian belakang, Anda hanya akan menemukan sebuah port listrik dan sebuah port aux in. Walau konektivitasnya tergolong minim, namun Samsung telah membekalinya dengan koneksi Bluetooth yang dapat digunakan untuk terhubung ke perangkat lain seperti smartphone dan tablet PC.

Fitur
Semangat minimalis desainnya juga menular ke deretan fitur yang dimilikinya. Selain sebagai dock, Samsung DA-E550 hanya menawarkan dua fitur andalan yaitu Power Bass dan Bluetooth 3.0 yang mendukung codec audio apt-X. Samsung juga melengkapinya dengan dukungan aplikasi AudioDock yang kompatibel dengan jajaran Samsung Galaxy. Fitur Bluetooth audio apt-X memungkinkan Anda melakukan streaming musik dari smartphone tanpa mengalami penurunan kualitas suara.

K413 728 yangcanggih

samsung--DA-E550-2

Performa
Untuk menghasilkan suara, Samsung DA-E550 hadir dengan sepasang speaker berkekuatan 5 Watt. Ketika mencobanya kami menghubungkan audio dock ini dengan perangkat smartphone Android via Bluetooth.

Kami cukup terkesan dengan fitur auto pairing yang dimiliki Samsung DA-E550. Anda hanya perlu melakukan pairing sekali ke dock audio ini. Untuk seterusnya, begitu Bluetooth di smartphone atau tablet Anda aktif dan Samsung DA-E550 juga dalam kondisi aktif, kedua perangkat tersebut akan langsung terhubung.

Kinerja streaming Bluetooth yang dimiliki dock audio ini memang sangat baik. Berbagai file audio tanpa kompresi dari smartphone Android non Samsung yang kami hubungkan dapat dijalankan dengan sempurna tanpa masalah. Untuk kualitas suaranya, Samsung DA-E550 cukup baik dengan komposisi bass dan treble cukup seimbang, walau termasuk sedikit datar. Bass yang dihasilkan juga tergolong biasa dan agak tipis, cukup umum ditemukan di dock audio di kelasnya.

Jika merasa performa bassnya kurang nendang, Anda dapat mengaktifkan fitur Power Bass. Hasilnya cukup baik dan tidak berlebihan. Bass terasa lebih bertenaga dengan vokal yang masih tetap terdengar jelas. Untuk melakukan pengaturan audio yang lain, Anda dapat memanfaatkan fitur Audio EQ yang ada di smartphone.

Kesimpulan
Dilihat dari desainnya, Samsung DA-E550 memang cukup unik dan di atas rata-rata produk sekelasnya. Kualitas suara tergolong cukup baik, walaupun tidak lebih menonjol dari dock audio lainnya. Bagi Anda yang mengincar dock audio untuk berbagai jenis perangkat, Samsung DA-E550 layak dipertimbangkan.

YangCanggih
+ Penggunaan sangat mudah
+ Bluetooth Auto Pairing memudahkan koneksi
+ Dual Dock
+ Desain cantik dan tidak pasaran
+ Suara cukup keras dan baik untuk ruangan kecil seperti kamar tidur

YangKurang
– Fitur minim
– Suara tergolong flat

More Stories
esia twitter1
Usulan Pemblokiran IMEI Untuk Menghadang Ponsel Ilegal