Quantcast
CamcorderFoto & VideoNews

Trio Kamera Video Dengan Bodi Mini Dari Canon

Kamera Video kelas profesional umumnya memiliki dimensi yang besar dengan jumlah tombol navigasi yang sangat banyak. Untuk memudahkan penggunannya, Canon Amerika baru-baru ini merilis 3 buah kamera video kelas profesional terbaru dalam kemasan lebih ringkas yaitu Canon Vixia HF G30, Canon Vixia XA25 dan Canon Vixia XA20.

Canon Vixia HF G30-1

Canon Vixia HF G30 hadir dilengkapi sensor HD CMOS Pro terbaru berukuran 1/2.84-inci dan didukung oleh prosesor gambar Canon DIGIC DV 4. Spesifikasi lensa kini juga lebih baik dengan digunakannya lensa Canon HD sudut lebar 26.8mm – 536mm (zoom optical 20x) dengan bukaan f/1.8. Pengaturan fokus manual dapat dilakukan menggunakan cincin fokus. Agar hasil rekaman lebih sempurna, lensanya dirancang dengan teknologi Hi-UD (Hi Index Ultra Low Dispersion) yang sangat berguna untuk mengurangi Chromatic Aberration. Untuk layar, HF G30 mengandalkan layar sentuh OLED berukuran 3,5 inci.

Kecanggihan lain yang dimilikinya adalah disertakannya teknologi SuperRange Optical Image Stabilization untuk mengurangi efek guncangan ketika merekam video sambil berjalan dan fitur WiFi untuk terhubung ke perangkat lain seperti smartphone dan tablet PC dengan bantuan aplikasi khusus. Selain itu juga terdapat mode dual recording yang merekam dalam format AVCHD dan MP4, pengaturan temperatur warna secara manual, bar warna dengan test tone, pengaturan kecepatan rana (shutter speed) dan diafragma secara manual, serta remote control terminal terintegrasi.

Canon Vixia XA25 dan XA20-1

Bagi yang memerlukan kamera video dengan fitur yang lebih lengkap, Canon Vixia XA25 dan XA20 bisa menjadi pilihan yang baik. Keduanya hadir dengan desain bodi yang mirip satu sama lainnya, dengan bobot sekitar 1,2 kg. Untuk merekam video, keduanya dipersenjatai sensor CMOS berukuran 1/2.84-inci, filter warna RGB Primary dan dukungan prosesor Canon DIGIC DV4. Spesifikasi lain yang masih sama seperti HF G30 adalah lensa, layar OLED, serta fitur WiFi.

Yang membedakan keduanya dengan Canon Vixia HF30 adalah hadirnya input mic XLR kelas profesional, dan khusus untuk Vixia XA25 telah dilengkapi dengan koneksi SDI. Fitur lain yang terdapat pada Canon Vixia XA25 dan Canon Vixia XA20 antara lain, Canon Intelligent IS, real-time optical image stabilization, autofocus, face detection AF, dan kompatibel dengan modul GPS tambahan Canon GP-E2.

Canon Vixia HF G30 akan dibanderol dengan harga US$1700 dan mulai dijual bulan Juni 2013, sementara Canon Vixia XA20 dan Vixia XA25 masing-masing akan dibanderol dengan harga US$2499 dan US$2999. Untuk pasar Indonesia, Canon biasanya memasarkan jajaran produk camcorder keluarannya dengan nama Legria.

Sekilas spesifikasi Canon Vixia HF G30, Canon Vixia XA25 dan Canon Vixia XA20
[table th=”0″] Sensor;HD CMOS Pro 1/2.84-inci
Prosesor;Canon DIGIC DV 4
Lensa; Wide Angle 26.8mm
optical Zoom; 20x (26.8mm – 536mm)
Layar; layar sentuh 3.5-inci Organic LED
Viewfinder; Color Viewfinder 1.56 juta warna
WiFi;Ya
Video; 1080/60p MP4, AVCHD
XLR Mic input;Hanya pada model Canon Vixia XA25 dan Canon Vixia XA20
Koneksi SDI;Hanya pada model Canon Vixia XA25
[/table]

Back to top button