Quantcast
Aksesoris KomputerKomputerNews

AMD Radeon Sky Series: Dirancang Untuk Game Berbasis Komputasi Awan

Perlahan tapi pasti, AMD mulai unjuk gigi dengan inovasi teknologi pada perangkat kartu grafis. Di ajang Game Developers Conference 2013 (GDC), AMD secara resmi mengumumkan kepada publik proyek terbarunya yaitu AMD Radeon Sky Series.

amd_radeon_sky-2

Maraknya penggunaan komputasi awan saat ini merupakan salah satu pemicu dari lahirnya proyek AMD Radeon Sky Series. Pasalnya, inilah kartu grafis khusus yang dirancang oleh AMD untuk digunakan pada data center (Server). Dengan menggunakan kartu grafis ini maka kedepannya gamer dapat langsung bermain game favorit secara online melalui penyedia layanan jasa game berbasis komputasi awan dengan tampilan grafis yang lebih memukau.

Layanan game berbasis komputasi awan sendiri bukanlah sebuah hal yang baru, On Live telah lebih dahulu memperkenalkannya. Dengan menggunakan layanan dari On Live, gamer dapat bermain game di mana saja lewat tablet PC dan smartphone mereka asalkan terhubung ke Internet dan bisa menjalankan aplikasi khusus dari On Live. Layanan dari On Live ini memang membutuhkan koneksi internet berkecepatan tinggi, walau tampilan grafis yang disajikan tergolong standard. Untuk itulah AMD Radeon Sky ini diciptakan.

AMD Radeon Sky Series akan hadir dalam 3 pilihan konfigurasi yaitu AMD Radeon Sky 900 dengan chip grafis ganda AMD Radeon HD7950 (Tahiti Pro), AMD Radeon Sky 700 dengan satu chip grafis AMD HD 7950 (Tahiti Pro) dan AMD Radeon Sky 500 yang menggunakan chip grafis AMD Radeon HD7870 (Pitcairn XT). Ketiga kartu grafis ini selain sanggup digunakan untuk streaming 6 game dalam waktu yang bersamaan, ketiganya juga hadir dengan teknologi AMD RapidFire Technology yang mengkombinasikan hardware dan software yang menawarkan kinerja streaming grafis berkualitas HD yang lebih efisien dengan tingkat latensi koneksi internet minimal dan hemat bandwith.

Lewat teknologi AMD RapidFire Technology ini, AMD juga merancang dukungan untuk akses langsung kartu grafis AMD Radeon Sky dari mesin virtual yang dirancang berdasarkan platform virtual VMware ESX/ESXi dan Citrix XenServer. Kedua platform canggih yang merupakan platform terdepan dalam teknologi Hypervisor ini berguna untuk menyajikan performa streaming game berkualitas tinggi hanya dari single server.

Untuk langkah awal proyek AMD Radeon Sky Series, AMD telah mengandeng beberapa perusahaan penyedia layanan game berbasis komputasi awan seperti, Otoy, Ubitus, G-Cluster dan CiiNow. Sayangnya belum ada informasi lebih detil kapan layanan game berbasis komputasi awan dengan dukungan teknologi AMD Radeon Sky ini akan hadir. Kita tunggu saja..

Back to top button