[CES 2013] HAPILABS HAPIfork: Sendok-Garpu Canggih, Pantau Kebiasaan Makan

Seberapa pintar garpu dan sendok Anda? Kami bertaruh, pasti tidak cukup pintar. HAPILABS dan HAPIfork akan menjadikan peralatan makan anda menjadi lebih canggih di tahun 2013 ini.

hapifork-body

Sendok dan garpu akan naik satu level – atau bahkan lebih -lebih tinggi dengan perangkat canggih dari HAPILABS. Sendok ini bukan hanya sekedar alat makan, tapi perangkat yang dapat memantau tiga hal: seberapa lama Anda makan, seberapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat mulut Anda “penuh”, dan berapa banyak makanan yang bisa Anda telan.

HAPIfork memiliki konsep mengukur 3 metrik di atas dan mengumpulkan datanya yang dapat Anda akses secara online maupun via aplikasi pendamping untuk Android dan iOS. Setelah mempelajari kebiasaan makan Anda, HAPIfork akan memberi tahu lewat getaran kecil saat Anda makan terlalu cepat – awas tersedak!

Selain garpu, sendok juga tersedia dengan kemampuan canggih yakni “membuat cara makan Anda menjadi benar” lewat rencana pelatihan selama 3 minggu dengan indikasi lewat lampu yang akan menyala warna tertentu sesuai bagaimana Anda makan.

svg%3E

haptifork

Baik sendok maupun garpu HAPI memiliki lampu feedback di ujungnya yang akan menyala hijau jika tempo makan Anda baik atau merah plus getaran jika makan Anda telalu cepat. Bobotnya untuk penggunaan pertama kali terasa cukup berat jika dibandingkan dengan sendok biasa. Di bagian tutupnya terdapat koneksi USB dengan pegangan yang mudah dilepas sehingga Anda dapat mencucinya dengan aman.

Produk ini dijual dengan harga $99 untuk versi USB saja, yang akan diluncurkan pada kuartal kedua tahun ini. Sementara unit yang juga dilengkapi dengan Bluetooth hadir tahun depan 2014 dan tentu dengan harga lebih mahal.

Cukup memberatkan kantong memang, namun menjaga kesehatan dengan cara makan yang benar tentu lebih baik ketimbang mengobati. Coba kunjungi laman serta saksikan video di bawah untuk informasi lebih lanjut.