Quantcast
KomputerNewsPC Desktop

Intel NUC: PC Mini dengan Performa Ultrabook

Intel kembali hadir dengan inovasi terbarunya. Kali ini mereka memperkenalkan Intel NUC (Next Unit Computing), sebuah mini-PC revolusioner yang dapat dijadikan alternatif perangkat komputasi untuk segala kebutuhan dari signage digital, tampilan iklan untuk toko, hingga HTPC untuk kebutuhan home theater di rumah.

Intel NUC Mini PC

Intel NUC hadir dengan konsep DIY(Do-It-Yourself) yang dijual tidak dalam bentuk satu sistem PC yang lengkap. Intel memberikan kebebasan untuk menambahkan komponen menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Oleh karena itu dalam paket pembelian Intel NUC, Anda tidak akan menemukan kepingan memori RAM atau SSD sebagai media penyimpanan.

Dari segi ukuran, Intel NUC hadir dalam kemasan yang sangat mini. Hanya berukuran 4×4 inci atau sebesar telapak tangan orang dewasa. Untuk komponen di dalamnya, Intel menggunakan komponen yang mirip seperti yang digunakan di Ultrabook. Jadi bisa dibilang Intel Nuc merupakan versi desktop dari Ultrabook.

Intel NUC ditenagai oleh prosesor generasi ketiga Intel, Intel Core i3 3217U 1.8GHz dengan motherboard chipset Intel QS77 Express dan dukungan grafis dari Intel HD4000. Untuk memberikan fleksibilitas kepada penggunanya, Intel menghadirkan 2 slot memori RAM yang mendukung memori RAM Dual-Channel DDR3; 1600/1333/1066 MHz hingga 16GB serta slot mSATA untuk media penyimpanan bermodel SSD dan mini-PCIe untuk Wireless Card. Konektivitas yang disediakannya juga cukup lengkap. Terdiri dari port HDMI, port USB 2.0 dan port Gigabit Ethernet.

Intel NUC rencananya akan mulai dipasarkan pada bulan Desember 2012 ini dalam 2 pilihan model. Intel NUC DC3217BY seharga US$ 329,99 hadir dengan 1 port HDMI, 1 port Thunderbolt, dan 3 port USB 2.0. Sementara Intel NUC DC32171YE seharga US$289,99 hadir dengan 2 port HDMI dan 3 port USB 2.0. Belum ada informasi kapan mini PC ini akan ada di Indonesia.

Back to top button