Olympus E-PL5 dan Olympus E-PM2: Teknologi OM-D E-M5 dalam Kemasan Lebih Kecil

Sebagai salah satu produsen yang mendukung format 4/3 atau Micro Four Third (MFT), Olympus cukup rajin memperbaharui produk kamera MFT melalui jajaran PEN-Series. Kali ini mereka menghadirkan Olympus E-PL5 dan Olympus E-PM2 yang memulai debut perdananya pada ajang Photokina September 2012 lalu.

svg%3E

Olympus E-PL5 dan Olympus E-PM2 memiliki spesifikasi yang sama dengan tetap mempertahankan desain Olympus PEN sebelumnya yang minimalis dan klasik. Untuk memberikan kemudahan menyesuaikan gaya memotret Anda, bagian grip yang menempel pada Body E-PL5 dapat dilepas pasang sedangkan grip pada E-PM2 tidak dapat dilepas pasang. Selanjutnya perbedaan kedua kamera ini hanya terlihat pada bagian layar, tombol dan dimensinya saja.

Olympus E-PL5 memiliki ukuran yang lebih besar, lengkap dengan tombol dial untuk memilih mode pengambilan foto seperti DSLR. Sedangkan Olympus E-PM2 tidak dilengkapi dengan tombol putar tersebut, namun memiliki bobot dan ukuran yang lebih kecil dari Olympus E-PL5.

Layar sentuh LCD pada kedua kamera ini hadir dalam ukuran 3-inci dengan tingkat kepadatan pixel 460,000 titik. Perbedaannya, Olympus E-PL5 menggunakan layar bermodel tilt yang dapat dilipat dan Olympus E-PM2 hanya menggunakan layar biasa. Agar sidik jari tangan tidak akan menempel di bagian layar, Olympus memberikan lapisan Anti Finger Print di layarnya.

svg%3E

Di bagian dalam, kedua kamera ini telah dibekali sensor Live MOS 16-megapixel dan prosesor TruePic VI yang juga digunakan di Olympus OM-D E-M5 yang ada di atasnya. Dengan kolaborasi kedua komponen ini, Olympus E-PL5 dan Olympus E-PM2 lebih dapat diandalkan di kondisi temaram, dengan pilihan ISO mencapai ISO 25600. Dan bagi yang gemar memotret aksi-aksi cepat, keduanya dapat mengambil foto secara continuous sampai 8 foto per detik. Selain itu keduanya juga mampu merekam video berkualitas Full HD 1080p.

Selain dengan tombol shutter biasa, Anda juga dapat menentukan fokus dan mengambil foto dengan menyentuh layarnya. Sistem autofokus Olympus E-PL5 dan Olympus E-PM2 memanfaatkan teknologi FAST (Frequency Acceleration Sensor Technology) AF system. Teknologi autofokus ini juga ada di Olympus OM-D E-M5 yang terbukti cepat dan akurat untuk kamera mirrorless.

Kegiatan fotografi akan lebih menyenangkan dengan hadirnya fitur-fitur kreatif. Olympus melengkapi kedua kamera ini dengan beragam pilihan efek foto dan filter. Untuk Filter, tersedia 12 pilihan yang terdiri dari Water Color, Diorama, Pop Art, Soft Focus, Pale & Light Color, Light Tone, Grainy Film, Pin Hole, Cross Process, Gentle Sepia, Key Line dan Dramatic Tone. Tersedia juga fitur pengaturan foto format RAW langsung di kamera.

Untuk Olympus E-PM2 (dengan lensa kit 14-42mm) dijual dengan harga Rp6.500.000 dan yang dengan pilihan paket dua lensa (14-42mm dan 40-150mm) seharga Rp8.000.000. Untuk E-PL5, dipasarkan di kisaran harga Rp7.700.000 untuk paket dengan satu lensa 14-42mm dan paket dua lensa (14-42mm + 40-150mm) seharga Rp9.500.000.