Home Komputer Aksesoris Komputer Review LG 3D Monitor D2343P

Review LG 3D Monitor D2343P

Review LG 3D Monitor D2343P 1

Teknologi 3D yang biasanya hanya dapat dinikmati di layar bioskop saat ini sudah mulai menyerbu rumah. Ini tentunya berkat banyaknya 3D TV yang dipasarkan berbagai vendor saat ini. Hampir setiap produsen memiliki produk 3DTV, tidak terkecuali LG yang kini juga sudah mulai menghadirkan teknologi 3D pada layar monitor untuk para pengguna PC.

Konsep dan Desain
LG 3D Monitor D2343P yang hadir di kantor redaksi kami hadir dengan panel IPS dalam ukuran 23-inci dan memiliki resolusi 1920×1080 pixel. Monitor ini hadir dalam kemasan desain monitor satu kaki seperti LCD monitor pada umumnya yang terbuat dari plastik. Untuk mengatur sudut penglihatan Anda, monitor ini hanya dapat diatur sudutnya keatas dan kebawah. Anda juga perlu sedikit berhati-hati sewaktu menggerakkan layar monitor ini karena terasa agak goyang dan kurang kokoh.

Review LG 3D Monitor D2343P 2

Port konektivitas hadir di bagian belakang panel. Penempatan port konektivitasnya cukup baik dan sangat memudahkan untuk pemasangan kabel. Port konektivitas yang disediakan antara lain port DVI, D-Sub, HDMI, jack audio 3.5mm dan port listrik. Sedangkan untuk bernavigasi, Anda dapat memanfaatkan tombol-tombol pengaturan yang terletak dibawah panel dengan pilihan tombol mode menu, 3D, Func, auto, input dan tombol power.


Fitur dan Performa

LG 3D Monitor D2343P hadir dengan mengusung teknologi 3D Flicker Free atau bebas kedipan. Ini artinya Anda dapat menikmati konten 3D dengan kacamata yang dimilikinya lebih lama karena tidak membuat mata cepat lelah. Untuk menikmati konten 3D pada monitor ini dapat dilakukan dengan 2 cara. Pertama dengan langsung memutar film berformat 3D atau jika Anda tidak mempunyai film format 3D dapat juga memanfaatkan fitur konversi 2D ke 3D yang dimilikinya.

Review LG 3D Monitor D2343P 3

Kelebihan fitur konversi 2D ke 3D ini sangat menguntungkan karena Anda dapat menikmati seluruh konten film atau bermain game langsung pada format 3D dengan cepat dan mudah. Fitur ini juga disertai dengan berbagai opsi pengaturan seperti opsi mengatur tingkat kedalaman efek 3D, efek warna, mode gambar, dan super+ Resolution untuk mempertajam visual gambar dan eco mode.

Untuk mengujinya kami pertama memutar file Full HD Avatar dalam format 3D. Dengan langsung memutar file film format 3D, monitor ini dapat menyajikan gambar 3D dengan cukup baik dan dapat dinikmati dari berbagai sudut. Gambar 3D yang dihasilkan cukup tajam dengan warna dan kontras yang cukup akurat Namun untuk mendapatkan tingkat warna yang lebih akurat, kami menyarankan Anda memilih preset pengaturan warna mode Movie. Pengujian kemudian dilanjutkan dengan mengaktifkan fitur super+ resolution ke mode medium dan high. Sayangnya, kami tidak melihat adanya peningkatan yang cukup signifikan dengan mengaktifkan fitur super+ resolution ini.

Review LG 3D Monitor D2343P 4

Film kedua yang kami tonton adalah film Full HD Hugo yang belum berformat 3D. Untuk itu mode konversi 2D ke 3D diaktifkan. Untuk mendapatkan efek 3D yang lebih maksimal, kami mengatur opsi 3D depth ke setting maksimal dan 3D viewpoint di posisi 0. Dengan fitur konversi ini, efek 3D yang dihasilkan memang cukup terasa namun sayangnya Anda harus duduk di posisi yang tepat agar gambar yang ditonton tidak berbayang. Kemudian kami mencoba dengan mengaktifkan mode super+ resolution ke posisi high. Peningkatan ketajaman gambar memang cukup terlihat tapi juga menyebabkan adanya sedikit efek ghosting yang cukup menggangu. Masalah ini tidak hanya muncul pada saat menonton saja, tapi juga dalam bermain game.


Kesimpulan

Penggunaan panel IPS yang menawarkan kontras warna lebih baik dan sudut pandang dari segala posisi serta fitur 3D bebas kedipan yang diusungnya merupakan keunggulan dari monitor ini. Selain itu hadirnya fitur konversi langsung dari mode 2D ke 3D juga sangat memudahkan dalam menikmati konten 3D tanpa harus memiliki film berformat 3D. Dengan tingginya banderol harga 3DTV saat ini, memiliki sebuah layar monitor 3D dapat menjadi alternatif pilihan yang tepat. Anda dapat membawanya pulang hanya dengan merogoh kocek Rp 3.325.000. Jika ukuran 23-inci terasa kurang besar, LG juga menyediakan ukuran yang lebih besar yaitu 27-inci dengan banderol harga Rp 4.200.000.

Kelebihan:
+ Panel IPS dengan sudut pandang (2D) yang baik
+ 3D dengan kacamata 3D pasif
+ Harga relatif terjangkau
+ Semua konten 2D dapat menjadi 3D dengan fitur konversi 2D ke 3D
+ Akurasi warna amat baik

Kekurangan:
– Kurang Kokoh
– Fitur konversi 2D ke 3D harus dilihat dari sudut yang tepat untuk menghindarinya efek gambar yang berbayang
– Fitur Super+ resolution kurang maksimal

Sekilas spesifikasi LG 3D Monitor D2342P:
– Ukuran: 23-inci IPS Panel
– Resolusi: 1920×1080 pixel
– Waktu respon: 5ms
– Fitur: Konversi 2D ke 3D, Super+ resolution, Dual play
– Konektivitas: HDMI, DVI, D-Sub, Audio Jack

Review LG 3D Monitor D2343P 5
Renhard Harjantohttps://www.yangcanggih.com
Menulis tentang gadget sejak tahun 2011, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari smartphone, tablet, komputer, hingga fotografi dan videografi.

2 KOMENTAR

  1. Minta tolong yah Tuan, dimana produk 23″ dan 27″ tsb bisa kami dapatkan, komplet dengan price dan ongkos kirimnya. Terima kasih Tuan.

    • @ampera langsung ke toko komputer aja atau modern channel seperti Best Denki, Electronic Solution, Electronic City. Untuk via online, bisa ke bhinneka.com atau rakitan.com

Comments are closed.

%d bloggers like this: