Home Home Gadget Audio Review WDTV Live

Review WDTV Live

Review WDTV Live 1

Western Digital (WD) merupakan salah satu brand yang populer di Indonesia untuk perangkat komputasi, khususnya hard disk. Tapi ternyata produknya tidak hanya itu saja. WD masih memiliki lini produk menarik lainnya seperti perangkat multimedia yang bernama WDTV. Nah, Memasuki generasi keduanya, WDTV sekarang hadir dengan nama baru yaitu WDTV Live yang telah dilengkapi dengan fitur Wi-Fi.

Dari segi ukuran, WDTV Live hadir dengan kemasan yang cukup mini dan sangat mengehamat tempat. Port Konektivitasnya pun juga sangat sederhana. Pada bagian belakangnya hanya terdapat 5 port konektivitas yang terdiri dari, port AV Out(kabel komposit), port USB, HDMI, Ethernet, Optical dan DC-in untuk menyuplai arus listrik. Sedangkan di bagian depan, hanya tersedia satu slot USB. Dan untuk navigasinya, Anda hanya dapat mengandalkan remote control yang disertakan dalam paket pembeliannya.

Antarmuka
Review WDTV Live 2

WDTV Live hadir dengan antarmuka yang sangat minimalis dan terlihat cantik. Opsi menu yang tersedia meliputi videos, music, service, games, setting, RSS, Files, Setup, dan Photo.

Review WDTV Live 3
Opsi menu service hadir dengan pilihan layanan sosial media seperti facebook, Accuweather, flickr, Youtube dll. Satu yang kurang dari WDTV live ini adalah absennya menu browser. Cukup disayangkan mengingat dengan tambahan browser setidaknya dengan WDTV live pengguna dapat langsung berselancar di dunia maya.

Performa
Untuk menggunakan WDTV Live saya menghubungkannya ke jaringan dengan memanfaatkan koneksi Wi-Fi. Pengaturannya sangat mudah, Anda hanya perlu memilih menu setting dan pilih jaringan hotspot yang diinginkan.

Review WDTV Live 4

Ketika digunakan, perpindahan antar menu yang dimilikinya terasa cukup lambat dan ada sedikit jeda. Hal ini juga mempengaruhi saat ingin memasuki input teks menggunakan remote yang dimilikinya sehingga dibutuhkan sedikit kesabaran dan waktu untuk beradaptasi dalam mengoperasikannya. Salah satu trik untuk mempercepat adalah dengan mematikan preview video saat menjelajah file.

Review WDTV Live 5

Saran saya jika Anda ingin lebih mudah dalam memasukkan input teks, yaitu dengan menggunakan papan ketik yang cukup ditancapkan lewat port USB atau secara wireless. Dan bagi para pengguna perangkat iOS seperti iPhone dan iPod Touch, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi WDTV Live Remote yang ada di Appstore untuk menjadikan perangkat iOS Anda sebagai remote.

Multimedia
Dengan WDTV Live, kebutuhan multimedia Anda dapat terpenuhi berkat kompatibilitasnya dengan hampir seluruh format file audio, video dan foto. Semua file multimedia tersebut dapat diputar dengan opsi streaming antar perangkat lewat jaringan atau langsung dengan menancapkan HDD eksternal dan Flashdisk langsung ke satu dari dua port USB yang dimilikinya

Kesimpulan
Sebagai sebuah network multimedia player WDTV Live merupakan paket yang lengkap. Harga yang ditawarkannya juga relatif terjangkau yaitu Rp 1.047.000. Meski antarmukanya terasa agak lambat dan belum dilengkapi dengan browser untuk berselancar di internet, namun kemampuannya memutar file video Full HD 1080p dan dukungan file multimedia seperti video, audio, hingga foto menjadikannya layak untuk dipertimbangkan sebagai salah satu sarana hiburan di rumah.

Perlu diingat, produk ini tidak untuk semua pengguna. Anda harus memiliki hotspot Wi-Fi untuk memaksimalkannya. Jika hanya sekedar ingin menancapkan hard disk dan memutar file multimedia di TV, kami sarankan Anda memilih WD TV non Live saja.

Kelebihan
+ Bentuk ringkas dan hemat tempat.
+ Antarmuka Sederhana.
+ Dukungan File multimedia sangat lengkap.
+ Dapat menggunakan Papan Ketik.
Kekurangan
– Antarmuka terasa lambat.
– Belum dilengkapi Browser.

Sekilas spesifikasi WDTV Live:
File Video: AVI (Xvid, AVC, MPEG1/2/4), MPG/MPEG, VOB, MKV (h.264, x.264, AVC, MPEG1/2/4, VC-1), TS/TP/M2T (MPEG1/2/4, AVC, VC-1), MP4/MOV (MPEG4, h.264), M2TS, WMV9, FLV (h.264)
Photo : JPEG, GIF, TIF/TIFF, BMP, PNG
Playlist : PLS, M3U, WPL
Subtitle : SRT, ASS, SSA, SUB, SMI
File Audio: MP3, WAV/PCM/LPCM, WMA, AAC, FLAC, MKA, AIF/AIFF, OGG, Dolby Digital, DTS
Konektivitas: USB 2.0, HDMI, Composite A/V, Wi-Fi, Optical audio
Dimensi: 125 x 100 x 30 mm
Berat: 0.19 Kg.

Single Post Template 36 – Entertainment 6
Renhard Harjantohttps://www.yangcanggih.com
Menulis tentang gadget sejak tahun 2011, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari smartphone, tablet, komputer, hingga fotografi dan videografi.

2 KOMENTAR

  1. Saya juga pengguna wd tv but yang paling disayangkan adalah dia tidak mendukung file…. RMVB… pertama kali saya kira karena firmwarenya yang bermasalah tapi ternyata setelah saya cari di internet ternyata hardwarenya yang bermasalah. akhirnya saya menconvert video saya semua ke file mpg. dan hasilnya jadi tidak memuaskan dan kapasitasnya jadi berat… ai yaaa…….

    • @jefry wong
      kebetulan rata-rata file yang diuji adalah .mp4 .mkv dan .avi. thanks infonya bro.

Comments are closed.

%d bloggers like this: