Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Nokia Asha 308 & 309: Smartphone Layar Sentuh Di Bawah 1 Juta Rupiah

web Nokia Asha308 01
Jajaran Asha dari Nokia merupakan idola baru di pasar ponsel Indonesia. Paduan desain manis dan harga ekonomis tampaknya ampuh meluluhkan hati konsumen Indonesia yang memang gemar akan produk murah meriah. Kini Nokia kembali menghadirkan dua jajaran Asha terbaru yaitu Nokia Asha 308 dan Nokia Asha 309 yang dipatok dengan harga terjangkau, di bawah US$99 atau sekitar Rp950.000.

Di jajaran ponsel Nokia, Asha 308 dan Asha 309 merupakan ponsel layar sentuh kapasitif Nokia termurah saat ini. Keduanya telah dilengkapi layar kapasitif WVGA 3 inci, radio stereo serta dukungan microSD sampai 32GB. Lalu apa bedanya? Nokia Asha 309 telah dilengkapi Wi-Fi, tapi hanya mendukung satu kartu SIM. Sementara Nokia Asha 308 mendukung penggunaan dua kartu SIM sekaligus, tapi tidak dilengkapi koneksi Wi-Fi. Keduanya juga menawarkan 40 games keluaran EA secara gratis. Biarpun gratis, game yang ditawarkan jelas tidak main-main. Game kondang seperti Need for Speed, Bejeweled dan sebagainya tinggal Anda download secara gratis.

Nokia juga merilis versi terbaru dari Nokia Xpress Browser. Browser yang ada di Asha ini diklaim lebih efisien 90% dalam hal transfer data sehingga pengguna dapat lebih cepat mengakses berbagai situs. Tambahan lain, terdapat aplikasi berbasis web Nokia NearBy yang membantu pengguna untuk menemukan tempat baru di ada di sekitarnya dengan menampilkan lokasi terdekat dan menyajikannya di dalam aplikasi peta. Juga ada Nokia Life+ yang memberikan akses terhadap konten pendidikan, kesehatan dan hiburan. Layanan ini sebenarnya merupakan evolusi dari layanan Nokia Life Tools yang diperkenalkan beberapa tahun lalu. Bedanya, kini Life+ tidak hanya dapat digunakan via SMS, tapi juga langsung dari Nokia Xpress Browser atau Nokia Store.

Mungkin ada sebagian dari Anda yang bertanya-tanya, mengapa Asha 308 dan 309 dimasukkan ke dalam kategori smartphone padahal sistem operasi yang digunakan hanyalah S40? Ternyata klasifikasi ini diberikan oleh perusahaan riset global seperti Gfk dan IDC yang mengelompokkan jajaran Asha ke dalam kategori smartphone.

3 komentar

Back to top button