Quantcast
Foto & VideoKamera sakuNews

Panasonic Umumkan Lumix DMC-LX7, Pengganti LX5

Panasonic LX7-1

Setelah mengeluarkan LX5 sekitar 2 tahun yang lalu, Panasonic kini mengumumkan generasi terbaru kamera LX-series, yaitu Panasonic Lumix DMC-LX7. Sebagai kamera prosumer yang cukup dikenal, LX7 kali ini menghadirkan fitur-fitur terkini dan beberapa peningkatan yang membuatnya lebih baik dari pendahulunya, Panasonic Lumix DMC-LX5.

Dalam kemasan retro yang menjadi ciri khas kamera Panasonic LX-series, Panasonic menyematkan sensor CMOS 12,7 megapixel berukuran 1/1.7-inci. Berkat sensor tersebut, kamera ini dapat menghasilkan gambar dengan jangkauan dynamic range yang lebih luas serta hasil yang tajam dan kaya warna. Sensor tersebut juga ditunjang dengan kinerja chip prosesor Venus Engine VII FHD terbaru guna mempercepat proses pengolahan gambar, serta teknologi Inteligent NR (Noise Reduction) yang mampu meminimalkan noise yang mengganggu pada setting ISO tinggi.

Perubahan besar terjadi di bagian lensa. Panasonic Lumix DMC-LX7 kini mengandalkan lensa wide 24mm LEICA DC VARIO-SUMMILUX dengan zoom optical 3.8x dan diafragma f/1.4. Spesifikasi lensa ini sebanding dengan lensa yang digunakan Samsung EX2F.

Untuk menghasilkan gambar yang lebih optimal, Leica telah melengkapi lensa ini dengan teknologi Nano Surface Coating untuk meminimalisir pantulan cahaya serta Filter ND internal yang berfungsi untuk menurunkan kecepatan shutter pada kondisi pencahayaan yang terlalu terang dan mekanisme ring putar pada bagian lensa tersebut untuk mengatur bukaan diafragma.

Panasonic LX7 2
Sedangkan pada bagian belakang LX7 terdapat sebuah layar TFT LCD berukuran 3.0-inci yang cukup lapang untuk membantu Anda membidik gambar, mengingat kamera ini tidak dilengkapi dengan lubang intip atau viewfinder.

Bagi yang gemar memotret kegiatan olahraga, Panasonic Lumix DMC-LX7 kini memiliki fitur continuos shoot 11 fps pada resolusi penuh dengan shutter mekanis dan 5 fps dengan continuous Auto Focus (AF). Selain itu tersedia juga fitur rekam video pada resolusi Full HD 1080p yang kini dapat memanfaatkan fitur zoom pada lensa dengan hasil suara Dolby Stereo.

Di samping itu, sederetan fitur pintar juga hadir pada kamera ini. Di antaranya fitur focus lever dan rear dial untuk mengendalikan sumber cahaya yang masuk, fitur Level Gauge yang berfungsi mendeteksi sudut horizontal dan vertikal untuk membantu menghasilkan komposisi horizontal terbaik saat pengambilan gambar meski pada sudut pengambilan dari atas atau bawah, serta fitur POWER O.I.S untuk menghindarinya dari blur akibat goyangan tangan.

Beberapa opsi pengambilan gambar juga tersedia di sini. Selain menawarkan mode manual seperti kamera DSLR, LX7 dilengkapi beberapa fitur yang akan mempermudah pengambilan gambar seperti fitur Intelligent Auto (iA), AF Tracking, Intelligent D-range Control, Intelligent Scene Selector, Face Recognition, Intelligent ISO Control, Intelligent HDR (High Dynamic Range), Intelligent Handheld Night Shot, Motion Deblur modes, dan iA Plus mode untuk mengatur kompensasi eksposur, white balance dan area fokus di belakang subjek.

Dan bagi Anda yang gemar berkreasi, pilihan fitur kreatif yang tersedia pada kamera ini juga sangat lengkap. Mulai dari efek soft focus, Dynamic Monochrome, Impressive Art, One Point Color, Cross Process, Low Key, Toy Effect, Star Filter, Expressive, Retro, High Key, Sepia, Hi Dynamic, Miniature Effect, yang terbaru dan eksklusif Radial Defocus dan Smooth Defocus, hingga pengambilan foto pada format 3D.

Panasonic Lumix DMC-LX7 akan hadir dalam 2 pilihan warna yaitu hitam dan putih. Rencananya Lumix LX7 akan dijual di harga US$599. Diperkirakan Anda dapat segera membelinya mulai bulan September atau Oktober 2012.

Sekilas Fitur Panasonic Lumix LX7:

– Sensor: CMOS 1/1.7″ 12.7 megapixel
– Prosesor: Venus Engine VII FHD
– Lensa: lensa wide 24mm LEICA DC VARIO-SUMMILUX F/1.4 dengan 3.8x optical zoom setara dengan lensa 24-90mm pada kamera 35mm.
– Layar: TFT LCD 3-inci, 960.000 dots
– ISO: Auto, 80, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200, 6400, (12800 with boost)
– White balance: 5
– RAW: YA
– Exposure mode: Inteliggent Auto, Program, Aperture Priority, Shutter Priority, Manual, Creative Video, Creative Control, dan Scene
– Scene Modes: 16 Scene mode

Back to top button