Review Canon IXUS 125 HS

Warna-warni yang memikat menjadi salah satu daya tarik tersendiri dalam produk apa pun, termasuk kamera digital saku terbaru dari Canon berikut ini. Dengan seri Canon IXUS 125HS, Canon seakan ingin mengajak Anda menangkap keceriaan momen yang ada di hidup ini. Seperti apa performanya? Simak artikel berikut ini.

svg%3E

Konsep dan Desain

Dari sisi desain, Canon IXUS 125 HS terlihat masih mewarisi konsep desain seri IXUS sebelumnya. Body terbuat dari bahan aluminium dengan bentuk agak berlekuk di tiap sudutnya, dan kini hadir dalam pilihan warna memikat seperti pink, merah, silver dan biru.

Ukuran bodi terasa cukup pas di genggaman tangan. Tombol yang melengkapinya juga hadir dalam ukuran yang tepat dan nyaman untuk digunakan. Mengingat finishing-nya yang agak mengkilap, IXUS 125HS terasa agak licin ditangan jika tangan mulai berkeringat. Untuk menghindarinya terlepas saat di genggaman, Anda dapat menggunakan tali yang dapat dikalungkan di pergelangan tangan.

Pada bagian belakangnya, tersedia sebuah layar LCD berukuran 3 inci yang terang dan tajam. Dalam penggunaannya di luar ruangan, layarnya cukup baik menampilkan hasil bidikan dan masih terlihat jelas meski dibawah sinar matahari. Sedangkan pada bagian depannya, sebuah lensa Canon 24-120mm dengan optical zoom 5x hadir ditemani oleh sebuah flash. Port konektivitas yang disertainya juga tergolong sederhana. Hanya tersedia dua port, USB dan HDMI yang dapat ditemui di samping kanan kamera ini.

Fitur

Seperti kamera saku yang ditujukan bagi fotografer awam, Canon IXUS 125 HS lebih mengandalkan kemampuan fotografi otomatisnya. Namun, keseluruhan fitur yang tersedia cukup dapat diandalkan untuk membantu mengambil gambar dan mengasah kreativitas. Canon menyediakan berbagai opsi scene mode dan efek gambar yang tergabung dalam satu menu untuk mempermudah Anda. Opsi-opsi yang tersedia meliputi: Program, Movie Digest, Portrait, Smooth Skin, Smart Shutter, High Speed Burst, Handheld Nightscene, Low Light, Fish-Eye effect, Minature effect, Toy Camera effect, Soft focus, Monochrome, Super Vivid, Poster Effect, Color Accent, Color Swap, Underwater, Snow, Long Shutter, Stich Assist, iFrame Movie, dan Super Slow Motion Movie (untuk merekam aksi cepat dan menampilkannya dalam video secara melambat).

Hasil foto dengan effect fish eye:
Efek foto fisheye

Performa
Canon IXUS 125 HS mengandalkan sensor CMOS 16.1 megapixel dengan dukungan teknologi HS System. Untuk kecepatan, prosesor Canon DIGIC V siap menangani tugas yang dibebankan kepada kamera. Ketika digunakan untuk memotret, fokus kamera ini terasa sangat cepat dan akurat. Hal tersebut berlaku hampir di segala kondisi pemotretan, baik di dalam atau di luar ruangan. Hasil fotonya juga tidak mengecewakan. Kamera ini dapat menghasilkan foto yang relatif tajam dan detil dengan tonal warna yang cukup akurat tanpa harus banyak melakukan banyak pengaturan.

Opsi pengaturan ISO yang tersedia pada kamera ini terdiri dari ISO 100 hingga ISO 3200. Dari hasil uji coba yang dilakukan, berkat teknologi HS System yang diusungnya, IXUS 125HS terbukti cukup dapat diandalkan. Pada setting ISO 100 hingga ISO 1600, foto yang hasilkan cukup tajam dengan tingkat noise yang relatif minim. Noise baru terlihat jelas pada ISO 3200 bersamaan dengan menurunnya kualitas gambar. Untuk perbandingan test ISO dapat Anda lihat dengan klik gambar berikut ini.

Noise pada ISO 3200:
ISO 3200

Hasil foto dengan menggunakan flash juga tergolong baik dibandingkan dengan kamera saku lain. Ketika memotret dengan flash, Canon IXUS 125 HS dapat menghasilkan foto dengan eksposur yang tepat dan tonal warna yang tetap terjaga.

Hasil foto dengan flash:
IMG_2922

Untuk hasil foto Canon IXUS 125 HS dapat Anda lihat di sini.

Satu hal yang menjadi catatan, Canon IXUS 125HS memiliki baterai yang ketahanannya sedikit di bawah rata-rata. Menurut catatan Canon, IXUS 125HS hanya mampu digunakan untuk merekam 170 foto sebelum Anda harus mengisi ulang baterainya. Ini mungkin cukup untuk kegiatan sehari-hari, tapi sepertinya kurang jika Anda sedang berpetualang atau berlibur.

Kesimpulan
Dukungan teknologi HS System dan prosesor DIGIC 5 yang dimilikinya terbukti berhasil mendukung performa kamera ini di hampir segala kondisi. Meski fitur yang ada tidak terlalu banyak, namun semua fitur tersebut cukup optimal untuk membantu Anda memotret. Dari segi harga, dengan banderol harga sekitar Rp 2.500.000, Canon IXUS 125 HS memang bukan termasuk kamera saku entry-level. Bagi Anda yang ingin memiliki sebuah kamera saku yang mudah digunakan namun dengan hasil foto keren, tidak ada salahnya mempertimbangkan IXUS 125HS.

Sekilas fitur Canon IXUS 125 HS:
Sensor: CMOS 16.1 megapixel
Prosesor: DIGIC V
Lensa: 24mm-120mm (f/2.7 – f/5.9)
LCD: 3 inci
Video: Full HD 1080p
Memori: SD/SDHC/SDXC
Berat: 135 gram (termasuk baterai dan memory card)
Dimensi: 57×93.2x20mm

Kelebihan:
+ Fokus cepat
+ Nyaman dalam genggaman
+ Hasil foto tajam dengan tonal warna yang akurat
+ Dapat diandalkan di kondisi minim cahaya
+ Desain cantik dan penuh warna

Kekurangan:
– Baterai kurang tahan lama
– Harga relatif agak mahal

Alternatif lain: Nikon Coolpix P310, Samsung MV800, Sony Cyber-shot WX100

Verified by MonsterInsights