Triggertrap: Mengatur Pemotretan di DSLR dengan iPhone

Perangkat iOS memang memiliki banyak aplikasi yang mempermudah hampir semua kegiatan Anda. Salah satunya adalah Triggertrap, sebuah aplikasi yang dapat membantu pengguna iPhone yang hobi fotografi untuk lebih kreatif.

Triggertrap merupakan aplikasi remote shutter yang dapat mengatur kamera DSLR untuk mengambil gambar secara otomatis. Aplikasi ini memiliki dua belas mode pemotretran yang cukup menarik, antara lain Timelapse, Eased timelapse, Sound sensor, Shock & Vibration sensor, Metal & magnetism sensor, Facial recognition, HDR mode, HDR Timelapse mode, Distance-lapse mode, Motion detection mode, Cable Release mode, dan Star trail mode.

Namun ada dua fitur inovatif yang belum pernah ditemukan di aplikasi mana pun. Keduanya adalah mode Distance Lapse dan Eased Timelapse.

Dengan mode Distance Lapse, Anda dapat membuat video timelapse berdasarkan jarak tempuh dengan memanfaatkan sinyal GPS yang ada di iPhone. Contohnya, jika Anda memprogram Triggertrap untuk menekan tombol shutter setiap jarak 100 meter maka secara otomatis aplikasi ini akan menekan tombol shutter kamera setiap jarak 100 meter yang Anda tempuh lalu kemudian dapat disatukan menjadi sebuah video timelapse dengan mudah.

Sedangkan Timelapse mode hadir dengan 5 profil berbeda yang secara otomatis akan memperlambat jarak pengambilan foto tiap frame dan membuatnya jadi lebih cepat dari awal hingga akhir pengaturan timelapse Anda.

Selain dua fitur inovatif ini, Triggertrap juga memiliki fitur penjepretan berdasarkan pengenalan wajah, suara dan gerak. Anda juga mendapatkan fitur HDR, Magnetic sensor dan Sun rise calculator yang dapat digunakan untuk menghitung secara tepat kapan waktu matahari terbit dan terbenam berdasarkan lokasi Anda berada.

Triggertrap kompatibel dengan hampir 300 jenis kamera dan dapat terhubung ke kamera DSLR melalui sebuah dongle yang ditancapkan di jack headphone iPhone. Jika Anda tidak menggunakan dongle, Triggertrap masih dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan fotografi Anda lewat kamera iPhone.

Aplikasi ini telah tersedia di Appstore dan hadir dalam 2 versi, gratis dan berbayar. Untuk versi berbayarnya, Triggertrap dibanderol dengan harga US$ 9.99 di AppStore.

Verified by MonsterInsights