Review: Zyrex Cruiser LW5825

Persaingan pasar kian hari kian ketat, namun bukan berarti Zyrex, sebagai brand lokal, boleh ketinggalan. Mengusung prosesor Intel Core generasi kedua dengan harga yang menarik, Cruiser LW5825 ini mencoba merebut perhatian pasar dalam negeri. Nah, apakah produk anak bangsa ini dapat menyaingi produk-produkasing? Simak ulasan kami berikut ini.

Konsep dan Desain
Sebagai laptop berukuran 15.6-inci, ukuran LW5825 ini terasa cukup wajar; besar dan tebal. Walau, laptop ini memang jauh lebih tebal dibandingkan model-model terbaru yang marak saat ini. Tapi saya cukup senang dengan desain body LW5825 berwarna hitam dengan corak garis yang diberi sentuhan akhir glossy.
svg%3E
Nah, biasanya salah satu kelemahan produk lokal ada di kualitas rancang bangun serta bahan-bahan berkualitas rendah. Untuk kekokohannya, laptop Zyrex ini dapat disetarakan dengan beberapa produk bermerek asing. Dapat dibilang sesuai standar laptop pada umumnya. Kualitas bahannya pun tidak mengecewakan, tapi juga tidak ‘wah’.

Salah satu contoh yang paling signifikan dari penggunaan material yang kurang mewah, adalah dari keyboardnya. Saat mengetik, tombolnya terasa sangat ringan dan ringkih, jadi sedikit mengurangi kenyamanan. Tapi ada satu hal yang menarik di keyboard bergaya chiclet ini. Zyrex menyematkan tombol angka, atau Num Pad, di sebelah kanan. Saya pribadi, kurang menyukai hal tersebut karena sudah terbiasa dengan bentuk keyboard umum tanpa Num Pad, tapi bagi beberapa orang yang memerlukannya pasti akan berkata lain.

Salah satu nilai plusnya terlihat dari kelengkapan konektivitas yang tersedia. Di sisi kiri laptop kita akan menemui banyak port, yakni port VGA, LAN, HDMI, dua buah port USB 2.0, Multi Card Reader, serta yang cukup menarik adalah port eSATA.
svg%3E
Di sisi sebaliknya, kita hanya akan menemukan dua port untuk headset dan mikrofon, sebuah USB dan DVD-RW ROM.
svg%3E
Secara keseluruhan desain laptop ini cukup memuaskan, dan tidak terlihat seperti produk lokal yang bermutu rendah.

Performa
Secara spesifikasi, Cruiser LW5825 mampu bersaing dengan cukup ketat di kelas Mainstream. Di atas kertas, penggunaan prosesor Core i5-2430M 2.6GHz, RAM DDR3 4GB, serta kartu grafis NVidia GT520M dapat menjamin kinerja yang mumpuni untuk komputasi dasar dan graphic editing yang ringan.

Sebagai langkah pertama, saya melakukan benchmark menggunakan PCMark Vantage Pro. Dengan setting default, Zyrex Cruiser ini berhasil meraih skor sekitar 3719.

svg%3E
Performa yang cukup setara dengan laptop bermerk asing

Selanjutnya saya mencoba bagaimana kemampuannya dalam menyajikan hiburan multimedia. Tentu dengan ukuran 15.6-inci, menonton menjadi lebih nikmat dibandingkan layar 14-inci atau 13-inci. Namun, ada beberapa hal yang membuat pengalaman menonton menjadi sedikit kurang memuaskan.

Pertama adalah kualitas layarnya. Walau cukup terang, namun gambar terlihat kurang tajam dan warnanya sedikit pudar. Ini memang sudah menjadi karakter produk-produk lokal maupun produk Cina agar harga produksi dapat ditekan. Tapi hal ini dapat diatasi dengan mengatur saturasi, kontras, gamma serta brightness di Intel HD Graphic settings.

svg%3E

Kedua adalah kualitas suaranya. Saat menonton maupun mendengarkan musik, suara bass nyaris tidak terdengar dan didominasi oleh treble. Untuk mengakalinya, Anda dapat menggunakan headset atau speaker eksternal tambahan. Tapi tidak semua kabar buruk yang dimiliki departemen audionya. Penyertaan driver audio THX TruStudio Pro membuat audionya sangat jernih dan jelas, serta memberikan efek surround yang cukup baik.

Karena menggunakan kartu grafis terdedikasi, saya penasaran untuk melihat kemampuan gaming LW5825. Ternyata kartu grafis Nvidia GeForce GT520M miliknya masih sanggup memainkan game-game saat ini, seperti Batman: Arkham City yang menjadi alat pengujiannya. Pertama saya mencoba setting Medium agar tidak terlalu berat. Ternyata game dapat berjalan dengan cukup baik walau hanya sekitar 20-22 FPS saja serta waktu loading yang cukup lama. Saya penasaran dengan performanya saat diubah ke setting Very High. Yah, seperti saya duga permainan kurang berjalan lancar. Namun ketika saya mengupdate driver GeForce terbaru, performanya sedikit bertambah, walau saya masih menyarankan untuk menggunakan setting Low agar dapat menikmati permainan.

svg%3E
Tidak mulus, namun masih seru untuk dimainkan

Nah, kebanyakan dari kita gemar mengedit-edit foto. Maka saya mencoba melihat kemampuannya dengan menjalankan Adobe Photoshop CS5. Pertama saya membuka foto berukuran 3,28 MB dengan resolusi 3328×1872 (6 Megapixel) dari dalam harddisk eksternal dan mencoba mengeditnya lewat Filter Gallery. Dari awal membuka file hingga menambahkan efek, saya tidak merasa adanya lag. Untuk lebih menyiksanya, saya mencoba untuk membuka 20 gambar dengan resolusi 6MP sekaligus. Membuka 20 file sekaligus memang membutuhkan waktu, namun Zyrex Cruiser ini berhasil membukanya dengan cukup cepat. Walau ada sedikit lag saat mengedit namun masih dalam batas yang wajar.

Berbicara mengenai daya tahan baterai, Cruiser LW5825 ini tidak istimewa tapi juga tidak terlalu mengecewakan. Ketika menggunakannya menonton film HD, yang kemudian dilanjutkan dengan browsing serta mendengarkan musik, baterainya hanya dapat bertahan sekitar 3-4 jam saja, dengan catatan tersambung secara konstan ke koneksi Wi-Fi.

Kesimpulan
Walaupun produk lokal, Zyrex Cruiser LW5825 ini tidak boleh dianggap remeh. Performanya masih tergolong baik dan memuaskan, walau di beberapa sektor lain seperti kualitas layar, material keyboard, dan performa speaker kurang mumpuni. Namun melihat harganya yang cukup terjangkau, laptop ini cocok untuk digunakan sehari-hari oleh semua anggota keluarga di rumah. Entah itu bermain game ringan, browsing, mengerjakan tugas hingga mengedit foto, Cruiser LW5825 ini siap menemani Anda.

Kelebihan:
+ Kartu grafis terdedikasi yang cukup kuat
+ Kinerja keseluruhan baik
+ Keyboard besar serta lengkap
+ Konektivitas cukup lengkap

Kekurangan:
– Layar kurang tajam
– Kualitas audio tidak memuaskan
– Kualitas bahan Keyboard kurang baik

Harga dan spesifikasi lengkap dapat Anda lihat di situs resmi Zyrex melalui link ini

Verified by MonsterInsights