BTS XL-Axiata: Kini Lebih Dari 30.000 Unit

Salah satu “nyawa” dari telepon seluler yang Anda pergunakan sehari-hari adalah pada Base Transmitter Station atau BTS, di mana semakin banyak jumlah BTS di wilayah Anda, maka semakin bagus pula sinyal serta kualitas jaringan yang Anda dapatkan. Nah, pada Rabu (11/4) kemarin, XL-Axiata meresmikan BTS ke 3183 mereka di Kabupaten Purwakarta, atau menembus angka 30000 di seluruh Indonesia dengan nilai total investasi sebesar Rp 8 triliun di tahun 2012 ini saja.

“Ada lebih dari 30 ribu BTS milik XL, di mana sekitar 62 persennya berada di Jawa, 20 persen di Sumatera serta kawasan Timur Indonesia 8 persen,” ujar Asni Juwita.

Acara yang dihadiri oleh Vice President PT XL-Axiata, Asni Juwita, dan VP XL Jabodetabek Region, Willem Lucas Timmermans ini juga diikuti oleh CSR ke daerah yang terletak di Cipularang tersebut, yakni berupa 2 unit komputer desktop lengkap dengan akses internet dari XL, serta 1 unit pengeras suara untuk masjid. Kedua acara ini merupakan upaya XL untuk memajukan negeri, dan juga dilakukan di beberapa kota lainnya seperti Yogyakarta, Pekanbaru (Riau), Legian (Bali), dan Maros (Sulawesi).

Pada delapan tahun pertama, XL baru memiliki 2,400 BTS. Satu windu kemudian, 27,600 BTS telah mereka miliki. Untuk rencana tahun ini, XL-Axiata akan menambah sekitar 6000 BTS baru, di mana 4000 BTS berupa Node B (BTS 3G), mencakup 20 persen dari seluruh BTS yang mereka miliki. BTS-BTS 3G tersebut tak hanya difokuskan pada kota-kota besar saja, melainkan kota kecil bahkan hingga pedesaan dapat mencicipi teknologi 3G dari XL.

Selain pembangunan BTS baru, XL juga melakukan modernisasi jaringan yang mengubah BTS 2G & 3G mereka ke teknologi Single RAN serta LTE 4G, yang memungkinkan akses data semakin cepat lagi.

Verified by MonsterInsights