Panasonic Lumix DMC-GF5: Lebih Ergonomis, Lebih Cepat

Melanjutkan keberhasilan kamera Micro Four Third (MFT) Panasonic Lumix GF3, Panasonic secara resmi mengumumkan kehadiran generasi terbaru dari Panasonic GF-series yaitu Panasonic Lumix DMC-GF5.

svg%3E

Dari tampilannya, Panasonic Lumix DMC-GF5 sekilas hampir serupa dengan Panasonic Lumix DMC-GF3 yang lebih dahulu dirilis. Desain dengan lekukan seksi masih dipertahankan, tapi kini dengan hand grip baru yang lebih ergonomis untuk kenyamanan lebih saat menggunakannya. GF5 juga dilengkapi layar sentuh LCD 3 inci yang memiliki tingkat kepadatan pixel lebih tinggi dari Panasonic Lumix DMC-GF3 yaitu sebesar 920.000 dot.

Beberapa perbaikan lain dapat ditemukan di sisi software, termasuk perbaikan pada sektor antar muka yang kini tampil lebih sederhana agar lebih mudah pengoperasiannya. GF5 juga menggunakan sensor Live MOS terbaru dengan resolusi yang sama seperti GF3 yaitu 12.1 megapixel. Prosesor gambar Venus Engine juga telah disempurnakan untuk menghasilkan hasil foto yang lebih baik.

Perbaikan teknologi yang diusungnya juga merambat ke sektor kinerja. Panasonic Lumix DMC-GF5 kini menjanjikan akurasi fokus lebih baik yang dapat digunakan untuk menentukan area fokus hingga pada area 1 pixel dan sistem auto fokus yang sangat cepat yaitu sekitar 0.09 detik.

Untuk membantu Anda menangkap momen di kondisi minim cahaya, terdapat teknologi 3DNR (3D Noise Reduction) dan MNR (Multi Noise Reduction) yang akan mengoptimalkan pemrosesan area gelap terang pada gambar dengan lebih sempurna dan memproduksinya dengan hasil gambar yang minim noise meski menggunakan ISO tinggi.

Selain dapat digunakan untuk mengambil foto, tersedia juga fitur rekam video yang dapat digunakan untuk merekam video FuLL HD 1080p pada 30fps. Disamping itu, tersedia juga fitur filter dan scene mode yang telah diperbaharui dengan pilihan filter dan scene mode yang lebih lengkap. Untuk mengasah kreativitas Anda, Panasonic Lumix DMC GF5 kini menyediakan 14 opsi pilihan filter yang mencakup beberapa pilihan filter baru seperti Soft Focus, Dynamic Monochrome, Impressive Art, One Point Color, Cross Process dan Star Filter. Selain itu, disertakan juga fitur scene mode yang hadir dalam 23 pilihan scene berbeda dengan dukungan 23 contoh foto dari fotografer profesional.

Panasonic Lumix DMC-GF5 akan dibanderol dengan harga sekitar US$ 749.99 termasuk lensa Lumix X 14-42mm dalam tiga pilihan warna berbeda yaitu hitam, putih dan merah. Sementara belum ada kabar kapan kamera ini akan hadir di Indonesia. Kita tunggu saja..

Sekilas spesifikasi Panasonic Lumix DMC-GF5:

Sensor: CMOS 12.1 Megapixel
Ukuran sensor: 4/3 (Micro Four Thirds)
Prosesor: Venus Engine FHD
Layar: Layar sentuh LCD berukuran 3-inci, 960.000 dot
Autofocus: Contrast detect, multi-area, selective single-point, tracking, single, continuos, touch, face detection, live view
Video: Full HD 1080p, 30fps
Scene mode: 23 Scene
Filter: 14 Efek Filter
Dimensi: 108x67x37 mm
Bobot: 267 gram

Verified by MonsterInsights