[Teknologi] Mengintip Kamera 3D ala Apple

Kamera di perangkat iPhone selalu menjadi isu yang sensitif. Sejak Apple menyematkan kamera pertama kali di iPhone, kebanyakan dari konsumen merasa bahwa kamera yang dibawa iPhone hanya sebatas “good” atau “great” – tapi tidak pernah cukup spektakuler.

Nah, baru-baru ini Apple diberitakan berhasil mematenkan konsep kamera 3D (tiga dimensi) mereka yang kemungkinan besar akan diaplikasikan pada iPhone terbaru mereka (iPhone 5?). Kamera 3D ini akan memaksimalisasikan Retina Display yang mereka miliki. Sambil menunggu kabar selanjutnya, kita intip sedikit yuk teknologi terbaru dan tercanggih Apple tersebut!

Teknologi kamera 3D yang dioptimalisasikan baik untuk mengambil foto maupun video tersebut akan memiliki sejumlah mekanisme deteksi kedalaman ruang yang canggih. Sebut saja LIDAR (Light Detection and Ranging), RADAR, laser detection & ranging, serta infrared reflection. Tak seperti kamera 3D yang telah ada, konsep kamera 3D dari Apple ini dapat menangkap gambar tiga dimensi menggunakan lebih dari satu kamera dengan lensa mikro yang terfokus kepada cahaya yang terpolarisasi sehingga akan memberikan efek kedalaman yang lebih nyata. Ada juga kemungkinan digunakannya chrominance sensor serta luminance sensor untuk mereproduksi warna serta komponen luminen secara mandiri, dari cahaya yang masuk ke lensa.

Dan nampaknya, teknologi kamera 3D Apple ini tak hanya akan digunakan pada perangkat mereka saja kelak, namun juga di beberapa perangkat elektronik lainnya seperti kamera digital, ponsel, tablet dan bahkan PC, selama perangkat tersebut memiliki kemampuan untuk memroses data gambar.

Nah, patut ditunggu terobosan teknologi apa yang pada akhirnya nanti diaplikasikan.

Verified by MonsterInsights