ASUS U82U: Notebook “Ultra Thin” 14-inci Jawaban AMD

Ketika Intel mempatenkan nama Ultrabook menjadi miliknya, AMD tidak tinggal diam. Mereka bekerja sama dengan Asus untuk melahirkan “kategori baru” pesaing Ultrabook, yang dinamakan “Ultra Thin”, dengan Asus U82U.

Asus dan AMD mengambil langkah untuk memulainya dengan notebook berukuran 14-inci, yang rata-rata memang berukuran besar. Untuk menyiasati dimensi yang besar tersebut, AMD menyusupkan prosesor dual core rendah daya dan berdimensi lebih kecil yakni AMD E-450.

Seri AMD E-450 merupakan salah satu keluarga APU (Accelerated Processing Unit) AMD dengan kode nama Bobcat. Sekedar informasi untuk Anda yang belum tahu, APU menggabungkan chip grafis dengan CPU, sehingga komputer dapat memproses grafis yang cukup berat tanpa tambahan kartu grafis. Penggunaan APU inilah yang memungkinkan untuk menghasilkan notebook dengan ukuran yang lebih tipis.

AMD E-450 yang menjadi mesin dibalik ASUS U82U ini memiliki dua core berkecepatan 1.65 GHZ serta grafis Radeon HD 6320, yang dipadu dengan RAM sebesar 2GB (dapat di-upgrade menjadi 8GB). Terdapat sebuah hard disk berkapasitas 500 GB di dalamnya untuk menyimpan data, sedangkan dalam urusan konektivitas, tersedia dua port USB 3.0, dan sebuah HDMI out.

Dengan penggunaan prosesor AMD, maka dapat diperkirakan kisaran harganya lebih terjangkau dibandingkan notebook Ultrabook yang berprosesor Intel. Sampai saat ini kami masih belum mendapatkan informasi mengenai tanggal peluncurannya, namun pantau terus yangcanggih.com untuk mendapat kabar terbaru notebook Ultra Thin.

Verified by MonsterInsights