Review : S Nexian Extreme NX-A899

svg%3E

Sebagai ponsel merek lokal, nama S-Nexian sudah terkenal di mana-mana berkat produk yang inovatif dan terjagkau. Tidak hanya mengeluarkan ponsel murah, ternyata S-Nexian juga memiliki jajaran produk smartphone yang menjanjikan. Salah satunya adalah S Nexian Extreme NX-A899 berikut yang mampir ke meja redaksi kami.

DESAIN
Begitu pertama melihat desain ponsel ini saya sempat kaget karena bentuknya hamper sama persis dengan Sony Ericsson Xperia Arc dimana yang membedakan hanya lekukan bodi pada bagian belakang, ukuran layar yang lebih kecil serta kamera depan.

Pada bagian muka ponsel ini ada sebuah LCD berukuran 4.0” HVGA (480×800)pixels Capacitive MultiTouch . Dengan layar ini, kita bisa memperbesar atau memperkecil tampilan layar dengan mencubit. Tepat di bawah LCD terdapat 3 buah tombol yang memiliki desain seperti SE Xperia Arc, namun yang membedakan adalah di bagian atas LCD terdapat kamera depan dengan kemampuan menghasilkan foto VGA.

Di bagian sisi kiri terdapat port audio 3,5mm dan di sisi sebelah kanan terdapat tombol pengatur volume serta tombol shutter untuk kamera. Pada sisi atas terdapat tombol on/off dan port miniUSB untuk mengisi baterai. Sedangkan di bagian punggung terdapat kamera dengan resolusi 5MP yang ditemani dengan lampu flash untuk bantuan penerangan dalam pengambilan gambar serta speaker untuk menghasilkan audio.

svg%3Esvg%3Esvg%3E

 

FITUR
S Apps Planet
Adalah toko aplikasi dari Nexian dimana anda dapat mendownload aplikasi, game, wallpaper, ringtone dengan kisaran harga mulai dari gratis hingga bayar 10.000 rupiah. Dan menariknya system pembelian aplikasi di S Apps Planet dapat dilakukan dengan sistem potong pulsa. Bahkan fitur chatting antar sesame ponsel Nexian yaitu Nexian messenger tetap ada di S Nexian Extreme NX-A899.

Dual kamera
Ponsel ini dilengkapi dengan dua kamera, satu ada di bagian belakang dan satu lagi ada di bagian depantepat di atas LCD. Kamera belakang memiliki resolusi 5MP sedangkan kamera depan resolusinya adalah VGA (640×480)pixels. Dan untuk menggunakan kamera pada ponsel ini anda harus menggunakan memori eksternal MicroSD. Bahkan fitur pendukung kamera ponsel ini juga sangat komplit layaknya fitu pada kamera digital. Hal ini terlihat dukungan ISO 1600 pun ada untuk mendukung pengambilan gambar dalam kondisi kurang cahaya tanpa lampu flash.

Push email
Tidak hanya bermain fitur, bahkan untuk dukungan kerja piranti ini sudah mendukung push email untuk Gmail dan Yahoo mail. Bahkan Nexian memberikan icon tersendiri untuk kedua email tersebut. Walaupun untuk dukungan email bisa diandalkan, sayangnya aplikasi untuk mendukung kerja tidak tersedia di ponsel ini sehingga anda perlu mendownload terlebih dahulu dari Android Market.

GPS Built-in
Bila sedang berpegian, ponsel ini juga dapat memandu Anda karena telah dilengkapi dengan GPS yang telah diintegrasikan dengan Google Map. Bahkan tidak hanya itu, S Nexian A899 ini juga dilengkapi dengan konektivitas yang lengkap mulai dari Bluetooth (A2DP) juga Wi-Fi. Anda juga bisa menjadikannya sebagai hotspot.

Android Gingerbread 2.3
Smartphone ini telah menggunakan system operasi Android Gingerbread 2.3 dengan didukung processor ARM 634MHz serta dukungan memori internal sebesar 100MB. Meskipun kapasitas memori internal kecil, namun jangan kuatir karena smartphone ini juga bisa menggunakan memori eksternal jenis MicroSD hingga 32GB.

TEST
Dari sisi desain, ponsel ini nyaman di genggaman dan mampu menampilkan kesan stylish yang tidak kalah dibanding ponsel lain yang lebih mahal. Hanya saja keberadaan kamera di pojok atas terkadang sangat mudah tertutup tidak sengaja dengan jari tangan ketika hendak mengambil gambar dalam posisi horizontal.

Untuk pemakaian yang lama dan terus menerus, ponsel ini terasa agak panas di beberapa bagian. Untuk layarnya sendiri terbilang mampu menampilkan visual yang terang dan tajam, dan masih nyaman dilihat dari samping.

Untuk kualitas hasil foto, dalam kondisi terang atau outdoor tidak ada masalah sama sekali dan warna yang dihasilkan cukup natural dalam kondisi default. Namun dalam kondisi kurang cahaya, noise sangat terasa pada hasil foto tanpa menggunakan flashlight. Namun di samping itu semua, fitur kamera pada ponsel ini terbilang lengkap layaknya fitur pada kamera digital.

Hasil Foto :

– Saturasi Warna

– Macro
.

– Modus Night
ISO 200 malam

Fitur hiburan di S Nexian A899 tidak jauh dari kualitas audio dan video, dimana audio yang dihasilkan piranti ini mampu mengeluarkan suara yang nyaring sedangkan untuk video harus yang beresolusi 800x600pixels minimal, karena bila tidak visual movie akan terlihat tidak tajam atau pecah. Hasil rekaman video juga terbilang jernih dan tajam dengan sistem sensor adaptasi pencahayaan yang sangat baik. Yang menarik adalah di ponsel ini juga ada FM radio (non streaming)yang dapat anda nikmati dengan harus mengenakan headset 3,5mm.

Hasil Rekaman Video :

 

Untuk performanya S Nexian Extreme ini cukup smooth dalam menampilkan transisi, namun bila banyak aplikasi yang sedang berjalan (multi tasking), terkadang transisi ponsel agak patah-patah. Untuk daya tahan baterainya, Dengan kapasitas 1650mAh ponsel ini dapat digunakan dalam pemakaian secara terus menerus selama 4 jam dan waktu siaga 3 hari.

svg%3E

Untuk pengujian performa, Benchmarking menggunakan Quadrant menghasilkan poin hanya 592 yang berada jauh di bawah Samsung Nexus S. Sedangkan pengujian multitouch dengan menggunakan benchmark multitouch, S Nexian Extreme A899 mampu mendukung multitouch hingga 5 touch.

KESIMPULAN
Secara keseluruhan Nexian mencoba menawarkan sebuah smartphone android dengan fitur yang lengkap dan harga terjangkau. Dengan S Apps dan Nexian messenger, Nexian mencoba menggaet konsumen Tanah air. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan hape ini.

Kelebihan:
+ Hasil foto oke dan ada lampu flashlight
+ Harga terjangkau
+ Teknologi Dual-on GSM+GSM jadi solusi menarik buat voice dan data
+ Desain mirip ponsel branded

Kekurangan:
– Performa lambat
– Dengan harga segitu masih banyak pilihan lain yang memiliki performa lebih

Spesifikasi :
Network : Dual on GSM+GSM 900/1800 MHz, WCDMA 2100 MHz
OS : Android 2.3 Gingerbread
LCD : 4.0 inch, HVGA TFT Capacitive Touchscreen, Multi-touch
Ringtones : Polyphonic, MP3
Camera : 5MP(Back); VGA (Front)
Connectivity : 3G/ HSDPA, Wi-fi, Bluetooth A2DP, WCDMA, EDGE, GPRS class 12, USB
Memory : slot MicroSD (up to 32GB); internal 102MB
Fitur : MP3/MP4 player, FM Radio, audio / Video player, Java, Games, Nexian messenger, S Apps, Facebook, Twitter, Yahoo Messenger, A-GPS
Dimension : 126x63x11 mm
Weight : 117gr
Battery : Li-ion 1650 mAh
Price : Rp. 1.799.000,-

Verified by MonsterInsights