Ugrokit: Penemu Barang Hilang Berbasis RFID

svg%3E

Kami pernah memperkenalkan kepada Anda sebuah konsep alat pencari barang hilang bernama Finder. Sambil menunggu Finder hadir, ada baiknya kita melirik Ugrokit – sebuah gadget berfungsi mirip – yang sudah lebih siap untuk diluncurkan.

Ugrokit adalah gadget pencari barang hilang berbasis radio frequency identification (RFID) tipis yang disematkan pada barang-barang penting milik Anda. Dengan begitu, Anda bisa mencari barang-barang tersebut menggunakan sensor RFID tersebut.

Dengan Ugrokit, objek lokasi telah dibuat lebih terukur. Tag RFID yang tipis dan tidak terbatas ini dapat dicuci (washable) dan dapat menempel pada hampir semua permukaan. Carrie Requist, si penemu, berharap untuk melihat Ugrokit menjangkau khalayak yang lebih luas termasuk peneliti dan mahasiswa.

svg%3E

svg%3E

Inti Ugrokit adalah “Grok”, pemindai RFID berwarna oranye yang terhubung ke smartphone dan mengirim sinyal radio. Tag RFID itu sendiri dapat dikaitkan atau ditempelkan, menyesuaikan dengan perangkat yang ingin Anda sematkan. Harga tiap tag yang telah ditanamkan sebuah chip kecil dan antena datar tersebut cukup murah, yakni tak sampai Rp 10 ribu ($1). Hebatnya adalah, mereka tidak memerlukan energi listrik untuk bekerja. Grok-grok tersebut diaktifkan oleh aplikasi di smartphone yang menjadi pengontrol semua tag.

Selain untuk menemukan barang yang hilang, Anda juga dapat memantau barang-barang yang telah didata sebelumnya sebelum pergi dari suatu tempat, seperti yang dapat disaksikan pada video di bawah. Jadi tidak perlu khawatir barang-barang Anda tertinggal di hotel saat melakukan perjalanan ke luar daerah, misalnya.

Ugrokit memang belum diluncurkan, namun ia memiliki banderol sekitar Rp 150 ribuan ($159) dan dapat dipesan di sini. Nah, pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana jika yang hilang adalah Ugrokit Anda?

Verified by MonsterInsights