Nokia 808 Pureview: Teknologi Imaging Baru dengan Sensor 41 Megapixel

Salah satu spesifikasi yang sering menjadi acuan untuk menentukan kualitas gambar pada kamera (walaupun sering menyesatkan juga) adalah besaran megapixel. Semakin besar megapixel-nya, semakin besar sebuah gambar dapat dicetak. Singkatnya begitu.

Selama ini ada beberapa ponsel kelas atas yang telah dilengkapi kamera dengan sensor yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimum di kisaran 12 megapixel saja. Nah, Nokia mengeluarkan smartphone Belle terbarunya yang telah dilengkapi sensor 41 megapixel yang berukuran besar. Dikombinasikan dengan lensa Carl Zeiss f/2.4, hasil foto yang didapatkan dari Nokia 808 PureView diklaim akan memukau kita semua.

Tapi apakah hasil fotonya sebesar 41 megapixel? Ternyata tidak. Nokia PureView mengambil data dari 7 pixels dan menyatukannya menjadi 1 pixel yang paling tajam. Jadi, hasil foto yang didapatkan besarnya sekitar 5 megapixel. Ini sudah cukup besar jika Anda ingin mencetaknya sampai ukuran 10R. Tergantung pada pilihan resolusinya, Anda dapat memperbesar dan melakukan cropping tanpa penurunan kualitas yang berarti. Jika diinginkan, Anda dapat mengambil gambar dengan resolusi 38 megapixel (4:3) atau 36 megapixel (16:9). Menurut Nokia, 808 PureView juga handal di kondisi minim cahaya sehingga cukup bisa dipercaya saat digunakan memotret di malam hari tanpa flash sekalipun. Bicara soal flash, telah tersedia xenon flash dan LED. Jadi tidak perlu lagi panik jika kamera digital Anda tertinggal di rumah.

Bagi penggemar video, Nokia 808 PureView dapat merekam video Full-HD. Tapi berita besarnya bukan di situ. Hasil video ini dapat diperbesar (di-zoom) sampai 3x tanpa kehilangan detail yang berarti. Anda bisa simak sendiri di video di bawah.

Sebagai sebuah smartphone, Nokia 808 PureView cukup “bertaji”. Spesifikasinya meliputi prosesor 1,3GHz single-core, RAM 512MB, serta layar 4 inci nHD (640×960 pixel). Sistem operasi, anehnya, masih mengandalkan Belle yang akan segera pensiun beberapa tahun lagi. Satu lagi kelebihan Nokia 808 PureView terletak pada kemampuan perekaman suaranya yang jernih. Anda juga dapat menikmati suara surround berkat adanya teknologi Dolby headphone. Ini tentunya sejalan dengan strategi Nokia yang telah mengeluarkan jajaran headset Purity hasil kerjasama dengan Monster Audio.

Cukup menyegarkan melihat lompatan inovasi teknologi dari Nokia yang seakan kehilangan pesonanya sejak Android dan iOS menjadi pusat perhatian dunia. Sayangnya, Nokia 808 PureView masih berkutat di platform Belle yang sudah semakin memudar daya tariknya. Bayangkan jika spesifikasi kamera ini muncul di smartphone Lumia yang berbasis Windows Phone…

Verified by MonsterInsights