Trimble Yuma: Komputer Tablet Windows Tahan Banting

Saat ini, Apple iPad masih menjadi tablet PC yang paling laris di dunia, disusul Tablet yang menggandeng robot hijau sebagai sistem operasi. Namun hampir semua tablet tersebut tidak cukup tangguh untuk diajak ke “medan perang” – dengan pengecualian Panasonic Toughpad A1 & B1. Lalu apakah tidak ada pilihan lain? Tenang, Trimble Yuma baru-baru ini diperkenalkan dengan membawa fitur ketahanan yang cukup mumpuni.

Trimble Yuma memiliki layar “paling kecil” yang biasa digunakan oleh tablet. Layar 7 incinya tersebut dirancang khusus sehingga memiliki tampilan yang baik walaupun di bawah pancaran sinar matahari. Dengan begitu, Anda dapat membaca peta di bawah sinar terik matahari gurun sekalipun saat sedang bertualang. OS yang digunakan Yuma adalah Windows Vista atau 7.

Yuma dipersenjatai oleh 2 kamera yang mampu menandai lokasi tempat foto dan video diambil, atau akrab kita kenal dengan istilah Geo-tagging. Meski namanya belum sepopuler yang lain, namun bekal prosesor 1.6 GHz single core miliknya cukup mampu menangani berbagai aktivitas pengguna. Bahkan, yang menarik ada di sisi memori penyimpanan: tersedia kapasitas SSD 32GB dan 80GB yang masih bisa ditingkatkan. Mungkin tergolong kecil jika dibandingkan notebook berbasis Windows, tapi lebih besar jika dibandingkan iPad dan Tablet lainnya.

Lalu bagaimana dengan ketahanan yang disinggung-singgung sejak awal? Yuma memiliki bodi yang terbuat dari bahan magnesium alloy tahan air, debu serta benturan. Anda mungkin tak akan percaya jika kami yang mengatakannya. Karena itu, Trimble meminta langsung militer AS untuk mengujinya. Terbukti Yuma lulus tes dan mendapat sertifikasi United States Military Standard untuk ketahanannya.

Sayang, belum ada informasi mengenai harga dan ketersediaan, namun Anda bisa mengunjungi situs resmi mereka untuk informasi lebih lanjut.

Spesifikasi
Prosesor: Intel Atom Z530 1.6 GHz
OS: Genuine Windows Vista? Business atau Windows 7
RAM: Memory 1 GB DDR2
Penyimpanan: 32GB Solid State Hard Drive
Expansion SDIO memory slot ExpressCard 34mm slot
Layar: 7″ widescreen 1024×600 WSVGA 650 nit
Housing Mg-Al
Tombol 6 buah (power, enter, directional & 3 user programmable function buttons)
Standard Batteries Dual hot-swappable Lithium-Ion batteries, 2600 mAmp
Extended Batteries Dual hot-swappable Lithium-Ion batteries, 5100 mAmp
Operating Temperature: –30?C hingga 60?C
Integrated GPS: SiRF STAR III, WAAS capable
Dimensi: 14x23x5cm
Bobot: 1,2kg termasuk strap dan baterai standar
Warna: Kuning/Hitam

Verified by MonsterInsights