Quantcast
KomputerReviewTablet PC

Hands On: Samsung GALAXY Tab 7.7

tab 7.7 girl

Samsung pada Februari depan akan meluncurkan seri terbaru dari tablet Android mereka yang mengadopsi layar 7.7 inci, yakni Samsung GALAXY Tab 7.7. Diposisikan untuk pengguna premium, tablet ini merupakan tablet pertama Samsung yang dipersenjatai oleh layar Super AMOLED plus dengan segala kelebihannya, yakni memiliki tampilan paling tajam dibandingkan teknologi sebelumnya, namun juga lebih hemat energi. Selain itu, hal mencolok lainnya terdapat pada bodi belakang tablet yang telah meninggalkan bahan plastik sehingga terlihat lebih elegan. Nah, Samsung memberikan kesempatan kepada beberapa media untuk merasakan langsung sensasi dan performa tablet yang sebelumnya pernah kami ulas secara singkat di artikel ini. Penasaran?

tab 7.7 1 tab 7.7 2

Pertama kali yang kami telaah tentu dari sisi desain. GALAXY Tab 7.7 terasa lebih ringan dan tipis dibanding GALAXY S-II sekalipun. Rasa kesat di bagian belakang berkat penggunaan logam, juga membedakan dari pendahulunya yang terasa agak licin karena penggunaan bahan plastik. Sedangkan secara dimensi, GALAXY Tab 7.7 ini terasa agak “kekecilan” jika dibandingkan dengan GALAXY Tab 8.9 yang biasa kami gunakan. Pelebaran sekitar 0.7 inci dari GALAXY Tab pertama maupun 7.0 Plus memang hampir tak terasa, dan Anda akan tetap mendapatkan orientasi potrait secara default. Sebagai perbandingan, kami menumpuk GALAXY Tab 7.7 yang dibalut case orisinil Samsung di atas iPad 2.

tab 7.7 vs iPad

Nah, masuk ke menu, beberapa perbedaan mulai terlihat meski tidak terlalu mencolok. Pertama adalah pada layar kunci layar yang menerapkan animasi berbeda dengan versi sebelumnya untuk membuka kunci. Selain itu, meski masih mengadopsi TouchWiz UX, Live Panel dan Mini Apps mendapat personalisasi lebih, plus tambahan fitur Clipboard seperti yang biasa Anda temukan pada PC. Masalah launcher yang acap kali kami temukan pada GALAXY Tab 8.9 juga sudah diperbaiki pada tablet Honeycomb versi 3.2 ini. Kami mencoba berkali-kali untuk masuk menu dan kembali ke halaman Beranda hanya untuk melihat apakah terjadi lag atau tidak dalam menampilkan ikon menu maupun widget. Sedangkan jika bicara soal kualitas layar, jangan ditanya. Tajam namun tetap nyaman di mata alias tidak cepat membuat lelah meski kecerahan diset paling tinggi sekalipun. Ini berkat teknologi Super AMOLED Plus dan resolusi yang memiliki kerapatan pixel mencapai 197ppi (pixel per inch).

tab 7.7 case

Samsung GALAXY Tab 7.7 nantinya akan dilepas dengan versi 32GB. Tak perlu khawatir mengenai masalah memori eksternal, karena Anda tak memerlukan perangkat tambahan lagi untuk menambah kapasitas ruang simpan. Pada GALAXY Tab 7.7, slot microSD sudah tersedia menemani slot kartu SIM di mana keduanya bersifat hot swap. Oh ya ngomong-ngomong soal kartu SIM, GALAXY Tab 7.7 masih mempertahankan fungsi telepon dengan tambahan kelebihan, yakni Anda tidak lagi wajib menghubungkannya dengan handsfree maupun Bluetooth headset untuk pembicaraan lebih personal. Samsung telah menambahkan mikrofon sehingga Anda bisa menempelkan tablet ke wajah untuk berbicara seperti GALAXY Tab 7 dan Tab 7+ – mungkin gaya menelepon seperti ini bisa menjadi tren di masa mendatang.

tab 7.7 package

Jika Anda mulai tertarik, kabarnya Samsung akan membanderol tablet canggih ini dengan kisaran harga Rp 7 juta. Mahal? Anda harus melihat dulu berbagai kelengkapan yang dibawanya. Selain leather case orisinil Samsung, masih ada konektor adapter untuk microSD dan USB serta desktop dock. Samsung juga memberikan layanan Internet unlimited XL untuk menemani GALAXY Tab 7.7 yang akan dibungkus dalam “premium pack” tersebut.

2 komentar

  1. terima kasih atas infonya yang sangat berguna , saya mau tanya apakah pada saat launching ada di kota MEDAN selain jakarta , kalau ga ada , bisa usulkan agar promo dan launching juga di medan seperti tab 7+ , kemudian kalau setelah launching nanti apakah masih ada premium pack nya

Back to top button