Quantcast
News

Menyongsong Era Baru Internet di Tahun 2012 Dengan gTLD Terbaru

ICANN 1

Pernahkah Anda membayangkan nama domain internet yang ada sekarang seperti .com, .co.id, .org, .gov dan masih banyak lagi berubah menjadi sebuah nama yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda? Memang wacana tersebut bukanlah hal mustahil, apalagi pada hari ini (14/12/2011) ICANN (The Internet Corporation for Assignned Names and Numbers) mengumumkan adanya program gTLD (generic Top Level Domain) terbaru.

gTLD itu sendiri merupakan perpanjangan internet yang umum digunakan sekarang seperti .com, .net, atau .org, saat ini memang baru ada sekitar dua lusin gTLD namun diharapkan dengan diterapkannya sistem gTLD terbaru ini tidak lama lagi ekstensi internet akan semankin bertambah banyak. Yang membedakan gTLD terbaru ini adalah, setiap orang, perusahaan, komunitas hingga pemerintah di seluruh dunia nantinya akan dapat memperkenalkan dan mengoperasikan Domain Top-Level generik sesuai dengan pilihan mereka. Jadi bisa saja nantinya akan ada ekstensi domain baru seperti .phone, .car, .eat dll.

“Jika Anda memilih untuk tidak ingin mengajukan permohonan satu domain tertentu, Anda sebaiknya tetap memperhatikan berbagai permohonan yang sedang masuk dan mengenal sistem proteksi yang telah disiapkan dalam program ini guna mengamankan merek dagang atau organisasi Anda.” ujar Chris Disspain, salah satu Anggota dewan ICANN.

Sebagai informasi tambahan, ICANN adalah sebuah organinasi yang dibentuk pada tahun 1998 dan berfungsi untuk memastikan internet global yang stabil, aman dan satu. Organisasi ini tidak mencari laba dan didirikan untuk kepentingan umum dengan anggota dari seluruh dunia. Melalui peran dan koordinasi ICANN dalam sistem penamaan internet, organisasi ini memiliki dampak penting pada pegembangan dan evolusi internet.

Pada kesempatan ini, Chris Disspain juga mengajak berbagai perusahaan dan perwakilan organisasi di Indonesia untuk turut melakukan persiapan menyongsong diterapkannya gTLD yang baru, menjelang dibukanya masa pendaftaran yang hanya tinggal satu bulan lagi. Jika Anda berminat, pendaftaran permohonan akan dibuka mulai tanggal 12 Januari 2012 hingga 12 April 2012. Untuk lebih lengkapnya Anda dapat mengunjugi situs ICANN dan melihat buku panduan bagi pemohon yang dapat dilihat disini: http://newgtlds.icann.org/.

Back to top button