Tips: Kirim dan Terima SMS saat Ponsel Android Dimatikan

Untuk para pengguna smartphone ber-OS Android ada trik niih untuk bisa tetap mengakses pesan singkat (SMS) yang masuk sekaligus mengirimkan balasannya ketika ponsel Android sedang off dari browser komputer. Trik mengirim dan menerima SMS di kartu sim yang tertancap pada ponsel Android dari browser komputer bisa dilakukan dengan bantuan beberapa aplikasi gratis yang tersedia dalam Android Market seperti BrowserTexting, MightyText dan DeskSMS. Prinsip kerja ketiga aplikasi penyedia sinkronisasi SMS terbaru di Android Market ini terbilang sederhana, yaitu sinkronisasi ponsel Android dan desktop browser.

Walaupun ketiga aplikasi gratis ini menganut prinsip yang sama, hanya saja fitur yang disuguhkan sedikit berbeda. Dengan aplikasi BrowserTexting Anda bisa mengirim dan menerima SMS dengan membuka website BrowserTexting.com dari browser komputer. Asyiknya, aplikasi ini kompatibel untuk semua desktop browser, tidak hanya Chrome saja, tetapi juga untuk Internet Explorer, Firefox, Safari, and Opera.

Sementara itu aplikasi MightyText hanya kompatibel dengan browser dektop Chrome dan meminta Anda untuk menginstall ekstension pada Chrome. Jika kedua aplikasi lainnya hanya mengandalkan browser, aplikasi DeskSMS mampu memfasilitasi kebutuhan mengirim dan menerima SS tidak hanya dari browser, tetapi dari account Gmail dan Gtalk. Sayangnya aplikasi ini hanya memberikan gratis untuk masa percobaan 14 hari sampai Anda diminta membayar $4.99 untuk berlangganan layanan selama 1 tahun.

Berikut adalah langkah mengaktifkan layanan mengirim dan menerima SMS di kartu sim yang tertanam pada ponsel Android dari browser desktop dengan bantuan salah satu aplikasi layanan SMS di desktop browser yaitu BrowserTexting.

1. Download dan install aplikasi BrowserTexting secara cuma cuma dari Android Market.

2. Pada browser komputer, buka website BrowserTexting.com, lalu klik Start Texting untuk menampilkan QR code.

svg%3E

svg%3E

3. Jalankan aplikasi BrowserTexting yang telah terinstall pada ponsel Android, lalu klik ‘Connect’ untuk scan QR Code yang tampil dalam web BrowserTexting.com di browser komputer.

svg%3E

4. Setelah scan QR code, ponsel Android Anda akan secara otomatis sync dengan browser komputer. Daftar kontak yang tersimpan dalam ponsel Android akan pop up di layar komputer karena secara otomatis tersinkronisasi dengan browser komputer. Cukup dengan klik nama kontak untuk mulai membuat pesan SMS.

svg%3E

Selamat mencoba.

Verified by MonsterInsights