Review: Acer Aspire S3

svg%3E

Di tanah air, Acer masih menjadi produsen laptop nomor satu. Untuk mempertahankan posisinya, Acer selalu berusaha menjadi yang pertama , Acer melakukan langkah yang cukup inovatif dengan menghadirkan Ultrabook pertama di Indonesia yaitu Acer Aspire S3.

Konsep & Desain

svg%3E

svg%3E
 Perbandingan ketipisan: Macbook Air diatas dan Acer Aspire S dibawah

Acer Aspire S3 dikemas dalam body perpaduan magnesium dan alumunium yang solid berwarna silver. Bodi yang tipis dan ringan ini mengingatkan siapa saja yang melihatnya akan Macbook Air keluaran Apple.

svg%3E

svg%3E

Acer Aspire S3 hadir dengan ukuran layar 13.3-inci beresolusi 1366×768 pixels. Layarnya tersebut cukup lapang digunakan untuk mengetik atau menonton koleksi film saat berkerja atau sedang bersantai diluar ruangan. Pada bagian atas layarnya juga dilengkapi dengan sebuah webcam HD 1.3 megapixel berteknologi Crystal Eye yang cukup digunakan untuk video chat dengan teman. Sayangnya, Anda perlu berhati-hati saat membukanya. Jika terlalu cepat membuka laptop, maka layar akan bergoyang-goyang.

svg%3E

Acer Aspire S3 menggunakan keyboard bergaya chicklet yang sedang populer pada laptop keluaran terbaru saat ini. Tombol-tombol keyboardnya yang terbuat dari bahan karet cukup enak diajak untuk mengetik, hanya saja jarak antar tombol-tombol keyboard yang cukup berdekatan satu sama lain membuatnya kurang nyaman jika digunakan oleh mereka yang terbiasa dengan layout keyboard yang lebih luas. Trackpad yang tersedia sebagai media navigasinya juga cukup responsif dalam tampilannya yang sangat minimalis tanpa kehadiran tombol apapun.

svg%3E

Ada yang sedikit berbeda pada Acer Aspire S ini, jika biasanya tombol power berada di posisi atas tombol keyboard, pada Acer Aspire S tombol power berada di engsel dibawah layar.

svg%3E

Seperti laptop dengan bodi tipis lainnya, Anda tidak akan menemukan drive optikal yang tertanam di S3. Pada bagian kanan hanya terdapat sebuah slot untuk micro SD.

svg%3E

Bagian kiri terdapat port jack 3.5mm

svg%3E

Jika pada laptop umumnya port konektivitas berada di kiri dan kanan badan laptop, pada Acer Aspire S3 port konektivitas terletak di belakang. Tersedia 3 buah port pada bagian ini, yaitu 2 buah port USB 2.0, port HDMI dan sebuah port AC untuk memberinya arus listrik.

svg%3E

Pada bagian bawahnya Anda tidak akan menemukan slot baterai, karena memang sebagai perpaduan antara Tablet PC dan laptop, Acer Aspire S3 telah mengusung konsep baterai yang sudah terintegrasi layaknya sebuah Tablet PC. Anda juga tidak perlu khawatir dengan masalah usia baterai yang sering menjadi kendala para pengguna laptop, karena Acer menjamin baterai pada Acer Aspire S3 memiliki umur pemakaian yang lebih lama dari baterai laptop pada umumnya.

svg%3E

Sistem pembuangan panas dari Acer Aspire bisa dibilang sangat inovatif. Pembuangan hawa panas di buang melalui bagian belakang sehingga membuatnya dapat digunakan dalam jangkat waktu yang lama dalam keadaan suhu yang tetap dingin. Hal ini tentu sangat baik mengingat banyaknya para pengguna laptop saat ini yang seringkali memangku laptopnya dalam posisi duduk ketika sedang digunakan.

[tab: Fitur dan Performa]

Dalam hal portabilitas memang Acer Aspire S3 sangat layak diajak untuk bermobilitas. Untuk itu Acer menyertai Acer Aspire S3 dengan berbagai fitur unggulan yang sangat inovatif. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah:

svg%3E
Lampu indikator yang akan menyala menandakan Acer Aspire S dalam kondisi Sleep

Acer Green Instant On
Dengan adanya fitur ini, Acer Aspire S3 dapat hidup kembali dari posisi tertidur ke posisi on hanya dalam waktu sekitar 2 detik. Pada saat uji coba, fitur ini terbukti bekerja sesuai klaim, dan akan membantu menghemat baterai. Acer juga mengklaim dalam kondisi deep sleep, laptop ini dapat bertahan hingga sekitar 50 hari. Kami tidak sempat membuktikannya mengingat waktu yang terbatas.

Acer Instant Connect
Bagi Anda yang sering terhubung dengan koneksi Wi-Fi, bisa dibilang fitur ini akan sangat bermanfaat untuk Anda. Instant Connect membantu Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi dalam waktu yang sangat cepat. Jadi akan sangat menghemat waktu Anda dengan tidak perlu lagi repot melakukan pencarian koneksi Wi-Fi dan melakukan berbagai pengaturan ketika ingin berselancar di dunia maya.

svg%3E

Di samping dua fitur unggulan tersebut, Anda juga akan menemukan fitur Acer Clear-Fi yang menjadi andalan di tiap produk besutan Acer. Acer Clear-Fi ini dapat diandalkan untuk berbagi file atau konten multimedia lain ke perangkat Acer lainnya hanya dengan memanfaatkan koneksi wireless.

Performa
Acer Aspire S3 merupakan hasil penggabungan ide portabilitas Tablet PC dengan kemampuan kinerja setara laptop umumnya. Oleh karena itu dalam kemasannya yang sangat langsing, Acer Aspire S3 dibekali dengan prosesor Intel Sandy Bridge Intel Core i5-2467M yang terkenal irit konsumsi listrik. Prosesornya tersebut didukung dengan Memori RAM sebesar 4GB dengan ruang penyimpanan bermodel SSD berkapasitas 320GB. Untuk mengukur performa prosesor dan kartu grafis onboard Intel HD Graphics yang digunakannya, berikut hasil benchmark Acer Aspire S3 menggunakan software Cinebench:

svg%3E

Performa Baterai
Acer Aspire S3 dibekali dengan baterai yang cukup tahan lama. Baterainya tersebut tergolong tangguh dan ketika digunakan untuk mengetik sambil ber-Internet ria melalui koneksi Wi-Fi, Acer Aspire S dapat digunakan sekitar 4 jam.

Kesimpulan

Performa yang mumpuni dalam kemasan desain yang tipis dan menawan memang membuat Ultrabook Acer Aspire S3 sangat layak untuk dimiliki. Konsumsi baterai yang irit, serta fitur dan performa yang ditawarkan juga sudah cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan komputasi sehari-hari seperti mengetik dan berselancar internet. Dengan banderol harga yang relatif murah yaitu sekitar Rp 7 jutaan, Acer Aspire boleh dijadikan alternatif bagi Anda yang menginginkan sebuah laptop dengan portabilitas Tablet PC namun dengan kemampuan setara laptop pada umumnya.

Verified by MonsterInsights