Quantcast
Aksesoris KomputerKomputerReview

Review WD My Book Studio 3TB

Saat ini kehadiran sebuah hardisk eksternal memang menjadi kebutuhan tersendiri bagi Anda yang ingin menambah kapasitas ruang penyimpanan PC atau Mac. Untuk mencari sebuah hardisk eksternal juga sekarang sangat mudah karena memang di toko-toko telah banyak hardisk eksternal yang beredar. Tapi vendor yang menyediakan hardisk eksternal dengan kapasitas sangat besar mungkin baru beberapa saja. Dan salah satunya adalah Western Digital.

Kali ini, yangcanggih.com berkesempatan untuk mencoba hardisk eksternal besutan dari Western Digital yaitu seri Western Digital My Book Studio dengan kapasitas hardisk sebesar 3TB yang memiliki kompatibilitas dengan OS Windows dan Mac OS.

Konsep & Desain

 

WD My Book Studio Package

Dalam paket pembeliannya, Anda akan mendapatkan satu unit WD My Book Studio 3TB, 3 buah kabel koneksi yaitu firewire 400, firewire 800 dan koneksi mini USB serta sebuah adaptor untuk menyuplai listrik ke perangkat ini.

Dari segi desain, bagi Anda seorang penggila Mac tentu akan sangat senang dengan kemasan WD My Book Studio. Dalam balutan casing alumunium silver, My Book Studio akan sangat sesuai dipasangkan dengan iMac, Macbook pro atau Macbook Air.

Western Digital My Book Studio 3TB

Tampilan WD My Book Studio sangat sederhana. Pada bagian depan hanya terdapat sebuah lampu LED yang menandakan perangkat ini dalam keadaan menyala.

WD My Book Studio TOP

Pada bagian atas dan bawah terdapat lubang-lubang yang berfungsi untuk membuang hawa panas.

WD My Book Studio Back

Pada bagian belakang terdapat berbagai port untuk media konektivitasnya yang terdiri dari port firewire, port mini USB dan port DC IN untuk memberinya arus listrik.

Performa

Sebelum melakukan pengujian kecepatan benchmark read/write, terlebih dahulu dilakukan pengecekan kondisi kesehatan hardisk ini dengan data yang dapat Anda lihat dibawah ini.

Dukungannya terhadap dua sistem operasi membuat pengujian performa WD My Book Studio dilakukan di PC dan Mac. Uji coba pada PC menggunakan software CrystalDiskmark dengan koneksi kabel mini USB. Benchmark dilakukan dengan simulasi pemindahan file berkuran 1GB. Untuk hasilnya dapat dilihat sebagai berikut

hasil benchmark1

Sedangkan untuk pengujian pada Mac dilakukan dengan Macbook. Uji benchmark dilakukan menggunakan software AJA Test dengan simulasi pemindahalan file video berukuran 1920x1080p dengan ukuran file sebesar 1GB. Berikut hasil pengujiannya menggunakan koneksi kabel mini USB.

aja test 1920x1080 USB

Dan dibawah ini dapat Anda lihat pengujian benchmark menggunakan Ajatest menggunakan koneksi Firewire 400.

aja test benchmark 1920x1080 firewire 400

Terlihat bawah menggunakan koneksi Firewire 400 pada Mac kecepatan read/write menjadi meningkat walau tidak terlalu signifikan dibandingkan dengan menggunakan koneksi USB. Namun bila Mac Anda telah memiliki port firewire 800, menggunakan koneksi ini sangat saya sarankan karena akan menghasilkan kecepatan read/write yang lebih cepat.

Setelah ujicoba benchmark, berikut dapat Anda lihat performa WD My Book Studio melakukan pemindahan data file film FullHD berukuran 4GB.

Dapat dilihat, untuk melakukan pemindahan data dari hardisk ke WD My Studio membutuhkan waktu hanya sekitar 4 Menit.

Kesimpulan

Dengan desain yang sederhana dan kapasitas yang besar serta mendukung dua sistem operasi sekaligus merupakan keunggulan dari hardisk eksternal ini. Sistem pembuangan udara yang efektif juga membuat My Book Studio tidak cepat terasa panas walau digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dan yang terpenting, masalah bising yang umum ditemukan pada hardisk eksternal akibat bunyi putaran hardisk tidak akan Anda temukan pada My Book Studio ini.

Dari hasil pengujian yang dilakukan, WD My Studio memang mempunyai hasil benchmark yang berbeda menggunakan dua sistem operasi tersebut. Dengan hasil yang terpaut tidak terlalu jauh, performa hardisk ini terhitung handal untuk melakukan pemindahan data berukuran besar. Disamping itu tersedianya dukungan kabel port firewire 800 untuk mendapatkan kecepatan pemindahan data yang lebih cepat juga dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan jika Anda memang sedang mencari sebuah hardisk eksternal dengan kapasitas besar dan dukungan koneksi yang lengkap.

Spesifikasi

Kapasitas: 3TB
Koneksi: MiniUSB, Firewire 400, Firewire 800
Dimensi: 165mm X 135mm X 48mm
Berat: 1.18 kg

Satu komentar

Back to top button