Review: HSPA Modem Nexian NX-U3600

Banyaknya provider yang menawarkan paket data internet dengan harga murah, membuat banyak orang beralih menggunakan internet berbasis paket data memanfaatkan USB modem mobile broadband.

Kantor redaksi yangcanggih.com kali ini mendapat kesempatan untuk menguji coba sebuah USB modem mobile broadband dari Nexian yaitu Nexian NX-U3600 sebuah modem USB yang dapat berjalan dalam jaringan HSPA.

Konsep dan Desain

svg%3E

USB modem Nexian NX-U3600 yang saya terima memang tampil menarik. Tidak seperti modem usb pada umumnya yang hanya menampilkan logo provider masing-masing atau logo merk USB tersebut, tapi NX-U3600 diberi tampilan grafis bergambar Batman yang mendapatkan lisensi resmi dari DC Comics di bagian body hingga tutupnya.

svg%3E

Dari segi ukuran NX-U3600 hadir dengan ukuran yang tergolong cukup kecil dibandingkan dengan ukuran USB modem pada umumnya.

svg%3E

Dibagian dalamnya terdapat slot SIM Card dan microSD. Berkat adanya Slot microSD tersebut membuat USB modem ini tidak hanya dapat dijadikan sebagai modem saja tapi juga dapat dijadikan sebagai flash disk.

Fitur dan Performa

Biasanya USB modem yang banyak dipasaran hadir dengan fitur-fitur yang tergolong standard seperti misalnya fitur SMS, Pengaturan dan Statistik. Namun, pada NX-U3600 disamping fitur-fitur standard tersebut Nexian juga melengkapi USB modem ini dengan beberapa fitur menarik.

svg%3E

Yang pertama dari segi kompabilitas, sebagai pengguna Macintosh saya cukup terkesan karena biasanya pengguna Mac akan cukup kerepotan mencari driver modem ketika ingin menggunakan USB Modem. Tapi, dengan NX-U3600 Nexian telah menyiapkannya semua dan Anda cukup menginstallnya ketika modem ditancapkan ke Mac.

Kedua, tampilan menu utama yang interaktif. Disini jelas sekali Nexian memberi sentuhan yang berbeda. Pada tampilan menu utama terdapat shortcut icon seperti koneksi, statistik, phonebook, sms, pengaturan, dan USSD.

Nah yang membuatnya menarik adalah hadirnya Dynamic icon pada tampilan menu utama ini. Dynamic Icon ini terdiri dari icon shortcut atau lebih singkatnya sebagai launcher yang akan langsung menghubungkan Anda ke website yang dituju. Dynamic icon ini terdiri dari Nexian, Twitter, Facebook, Google, Yahoo, Facebook dan Foursquare.

Selain itu dibagian atas terdapat juga toolbar search yang apabila Anda ketik langsung akan terhubung ke halaman pencarian Google.

Dan yang ketiga adalah Nexian telah mengatur semua profile provider sehingga membuat Anda akan lebih mudah terhubung sesuai dengan paket internet dari provider yang disediakan. Tercatat pada list provider yang telah disiapkan oleh nexian yaitu: Telkomsel, Indosat, XL, Speedy Flash, Axis dan 3.

Dari segi performa, sebagai modem HSPA modem ini memang menjanjikan kecepatan akses data download hingga 3.6 Mbps dan upload hingga 384 Kbps. Namun, semua itu tetap bergantung pada provider apa yang Anda gunakan, paket data apa yang Anda pilih dan faktor utama yang paling menentukan kinerja dari sebuah USB modem adalah lokasi. Harap dicatat bahwa sebagus apapun provider yang Anda pilih dan secepat apa koneksi yang dijanjikan, namun apabila Anda berada di wilayah tidak terjangkau oleh signal dari provider tersebut maka semua akan percuma dan sia-sia.

svg%3E

Untuk uji coba kali ini, yang saya gunakan adalah paket data internet dari Telkomsel yaitu Telkomsel Flash Unlimited yang masih dalam masa kuota jadi belum mendapat penurunan kecepatan akses. Kecepatan Akses data di set pada mode HSPA Only. Dari segi Wilayah dapat dilihat dari screenshot saya berada di area yang mendapatkan signal Telkomsel dengan sangat baik sehingga posisi signal dalam keadaan support HSPA.

Pengujian saya lakukan dengan melakukan browsing dan mengunduh file. Pemakaian selama browsing kurang lebih 4 jam, modem ini masih berjalan dengan baik tanpa terputusnya koneksi. Kemudian uji Coba donlod saya lakukan dengan mengunduh sebuah file lagu dari situs berbagi file yang cukup terkenal di dunia maya. Proses unduh dilakukan dengan bantuan aplikasi download manager pada Mac untuk melihat berapa kecepatan rata-rata yang digunakan untuk mengunduh. Hasil akhirnya, tercatat sebuah file .mp3 sebesar 4MB yang berasal dari server internasional dapat diunduh dengan kecepatan rata-rata 41.2 KB/s yang memakan waktu 1 menit 38 detik. Hal ini jelas cukup baik mengingat masih banyak beberapa modem HSPA di pasaran yang menjanjikan kecepatan akses data tinggi namun pada saat digunakan tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan.

Kesimpulan

Sebagai sebuah USB Modem HSPA, Nexian NX-U3600 layak untuk dimiliki sebagai partner mobilitas Anda. Kompatibilitas dengan Mac dan Windows serta tersedia driver yang lengkap untuk kedua platform tersebut membuat Anda tidak perlu lagi repot mencari driver. Ukurannya yang tergolong kecil dengan sebuah slot MicroSD dapat menjadikannya sebagai penggati flashdisk. Performanya secara keseluruhan cukup baik dan stabil, namun tetap saja kecepatan koneksi internet secara mobile perlu Anda ketahui selalu bersifat relatif dan bergantung pada berbagai faktor. Namun agar lebih memaksimalkan sebuah modem HSPA ada baiknya yang terpenting adalah melihat lokasi tempat yang digunakan telah terjangkau dengan baik signal HSPA atau belum.

Spesifikasi:
HSPA up to 3.6Mbps DL & 384 Kbps UL
OS yang Kompatibel: Windows XP (SP2 and above)/Vista/7/Mac OS X 10.5 above (only Intel Platform)
Dukungan microSD dengan kapasitas hingga 16 GB

Verified by MonsterInsights