Review Sony Walkman NWZ-W252

Banyak orang yang mendengarkan musik untuk mereka bekerja dan berolahraga. Jadi meskipun ponsel sudah dapat memutar lagu, kehadiran MP3 player yang memiliki konsep berbeda masih mendapat sambutan hangat.

Bagi Anda yang ingin memiliki sebuah MP3 player untuk menikmati musik kesayangan, kantor redaksi yangcanggih.com kehadiran sebuah perangkat musik portabel dari Sony yaitu Sony NWZ-W252 sebuah MP3 player berkapasitas 2GB dengan desain yang unik. Dan untuk lebih jelas mengenai produk ini, simak ulasan saya berikut..

 Konsep & Desain

Sony NWZ-W252 hadir dengan desain yang unik dan inovatif. Perangkat ini hadir dengan berbagai pilihan warna yang menarik seperti hitam, putih, pink dan lime green. Namun kali ini Sony NWZ-W252 yang saya terima merupakan edisi khusus dengan corak Army di seluruh bagian bodinya yang terinspirasi dari game Metal Gear Solid: Peace Walker.

svg%3E

Tidak seperti MP3 player lain yang membutuhkan earphone dengan ukuran jack 3.5mm, NWZ-W252 tidak memerlukan hal tersebut sebab telah tertanam earphone in-ear di dalam bodinya.

svg%3E

Kedua bagian body tersebut dapat dipisahkan dan disatukan dengan mudah karena menggunakan media magnet sebagai perekatnya. Ketika Anda merekatkan kedua bodynya tersebut maka otomatis perangkat ini akan mati dengan sendirinya.

Sony NWZ-W252 juga hadir dengan kabel yang bersifat fleksibel, yang jika dalam keadaan tidak dipakai (kedua body menempel) kabel ini akan membentuk sebuah pola yang sekilas menyerupai bentuk hati.

svg%3E

Pada setiap bagian body tersebut terdapat berbagai tombol fungsi dan pengaturan. Bagian body kiri hanya terdapat sebuah tombol yang dapat berfungsi untuk mengaktifkan fitur shuffle dan all/playlist.

svg%3Esvg%3E

Di bagian body kanan terdapat tombol volume (-) dan (+), sebuah tombol pengaturan yang berfungsi untuk play, pause, memajukan lagu dan memundurkan lagu serta port mini USB yang dilindungi sebuah penutup karet. Dalam paket pembeliannya Anda juga akan mendapatkan sebuah dudukan yang dapat ditancapkan melalui port mini USB tersebut sebagai media untuk menghubungkannya ke perangkat komputer atau laptop Anda.

svg%3E

Sony NWZ-W252 tidak dilengkapi dengan layar, walau mungkin ada beberapa orang yang akan berpikir jika dilengkapi dengan sebuah layar akan lebih memudahkan navigasinya. Hal itu tidak sepenuhnya benar, pasalnya Sony telah melengkapi MP3 Player ini dengan berbagai fitur yang akan memudahkan Anda untuk bernavigasi seperti misalnya fitur ZAPPIN. Saya cukup yakin jika Anda telah menggunakan NWZ-W252 dan telah mengerti bagaimana mengaktifkan dan memanfaatkan fitur mp3 player ini melalui tombol-tombol yang tersedia, Anda akan menyadari bahwa melepas Sony NWZ-W252 dari telinga untuk melakukan pengaturan akan terasa sedikit tidak efisien.

svg%3E

Saran saya, sebaiknya baca buku manual NWZ-W252 agar Anda lebih memahami dan dapat menggunakan berbagai fungsinya dengan lebih optimal.

Fitur dan Performa

Sebagai sebuah perangkat musik portabel lengkap dengan berbagai fitur menarik Sony NWZ-W252 memang layak untuk disimak. Fitur utama yang menjadi keunggulan dari perangkat ini adalah fitur ZAPPIN. Fitur ini dengan sendirinya akan memutar bagian chorus dari setiap lagu yang dilewatinya. Apabila Anda telah menemukan lagu yang diinginkan, cukup dengan menekan tombol play sekali maka perangkat ini akan memutar langsung lagu yang Anda pilih tersebut. Dengan adanya fitur ZAPPIN, mencari lagu favorit dari banyaknya lagu di playlist tidak akan menjadi masalah, namun tentu diperlukan kesabaran jika koleksi lagu Anda cukup banyak.

Fitur lain yang menjadi keunggulannya yaitu fitur quick charge. Karena dengan waktu mengisi ulang baterai selama 3 menit saja, Anda dapat menikmati koleksi lagu pada perangkat ini selama kurang lebih 90 menit. Selain itu NWZ-W252 juga dilengkapi dengan baterai yang cukup tahan lama dengan daya tahan baterai yang diklaim Sony dapat digunakan hingga 11 jam.

NWZ-W252 juga dilengkapi dengan fitur water resistance atau tahan air. Walaupun tahan air, bukan berarti Anda dapat mengajaknya menyelam atau berenang. Fitur ini hanya melindungi NWZ-W252 dari keadaan basah dalam batas yang wajar misalnya seperti terkena air hujan, cipratan air, atau keringat ketika sedang berolahraga.

Sebagai sebuah perangkat audio portabel, deretan fitur tersebut sudah cukup memadai untuk menemani hobi Anda berolahraga sambil mendengarkan musik. Namun sayangnya, NWZ-W252 tidak dilengkapi dengan fitur FM radio dan preset equalizer. Kami juga menyayangkan hilangnya fitur preset equalizer yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan suara berdasarkan jenis musik yang diputar.

 

svg%3E

Keseluruhan performa suara dari NWZ-W252 ini secara kualitas semua tergantung dari file audio yang digunakan dan jangan lupa faktor ukuran earbud juga turut menjadi faktor penentu. Ketika menggunakan perangkat ini, saya menggunakan earbud berukuran sedang dan memasukkan seluruh lagu koleksi saya yang berformat MP3 dengan kualitas audio 320kbps dari segala genre meliputi pop, pop-rock, hardcore rock, jazz, akustik, R n B hingga musik disco dan trance.

Pada lagu-lagu bernuansa R n B yang identik dengan dentuman bass seperti pada lagu Gone-Nelly ft. Kelly Rowland, NWZ-W252 masih dapat menyajikan suara dengan dentuman bass yang cukup terasa tanpa menutupi suara vokal penyanyinya. Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan efek suara bass yang lebih terasa, Anda dapat menggunakan earbud berukuran yang lebih kecil sehingga dapat lebih masuk kedalam lubang telinga Anda. Pada lagu Psychosocial dari Slipknot yang bernuansa hardcore rock penuh dengan suara distorsi gitar dan gebukan drum, suara teriakan-teriakan dari sang vokalis juga masih terdengar sangat baik tanpa terasa adanya nada-nada tinggi yang terkadang menyakitkan telinga. Dan Pada jenis lagu pop, jazz serta akustik seperti pada lagu-lagu Boyce Avenue yang lebih mengutamakan vokal dengan komposisi instrumen alat musik yang lebih sederhana, kualitas vokal yang dihasilkan terasa cukup tebal dan jelas dengan komposisi vokal didepan dan suara alunan instrumen pengiringnya seperti petikan gitar atau dentingan suara piano masih terdengar relatif jelas walaupun letaknya terasa di belakang vokal.

Kesimpulan

svg%3E
Dengan bobot yang ringan serta desain yang sangat ergonomis membuat perangkat ini sangat cocok untuk dijadikan teman saat berolahraga di GYM, diajak jogging di taman atau bersepeda diwaktu senggang karena ketika dipakai dan diajak untuk bergerak, terbukti Sony NWZ-W252 dapat terpasang dengan sempurna tanpa harus khawatir perangkat ini akan terlepas dari telinga.

Walau hadir tanpa fitur FM radio dan layar LCD, Fitur-fitur seperti ZAPPIN yang memudahkan Anda mencari lagu, fitur water resistance dan daya tahan baterainya yang cukup lama menjadi keunggulan tersendiri bagi mp3 player unik ini. Kapasitas ruang penyimpanan yang hanya sebesar 2GB juga terasa cukup untuk menyimpan koleksi lagu favorit. Performa suara yang dihasilkan secara keseluruhan kualitasnya cukup baik dengan komposisi bass dan treble yang seimbang.

Meski tidak didukung dengan fitur preset equalizer, Anda tetap dapat merasakan suara vokal dengan sangat baik serta detail yang cukup baik dari berbagai alat musik yang ada dari setiap lagu. Suara bernada tinggi seperti pada teriakan-teriakan vokal dan suara symbal drum, juga akan tetap nyaman didengar karena suara tersebut tidak akan terasa menusuk telinga. Kemampuan earbudnya dalam menangkal suara dari lingkungan sekitar juga baik, sehingga bagi Anda yang hendak menggunakan MP3 player ini untuk jogging atau sambil bersepeda di sore hari, saya sarankan untuk berhati-hati demi keselamatan Anda.

 

Spesifikasi Sony Walkman NWZ-252:

Kapasitas: 2GB
Input / Output Terminals: USB miniB connector / Hi-Speed USB (2.0)
Power Outpu Maksimalt: (16 ohms/mW) 5+5mW
Baterai: Built-in Li-ion Rechargeable Battery / USB power ( dari komputer via koneksi USB)
Metode pengisian baterai: USB-based charging
Waktu pengisian baterai: 1.5 jam untuk pengisian penuh, Quick Charge – 3 menit untuk waktu pemakaian selama 90 menit
berat: sekitar 43g
Aksesoris dalam pake pembelian: Ear Buds (S/L), Stand (With USB cable), Holder, Operation Guide, “Content Transfer” software in Walkman? MP3 Player
Headphone: Clear Audio 13.5mm EX Headphones
Searching Methods: ZAPPIN™ (Short / Long) / Folder Skip
Play Mode: Repeat / Shuffle & Repeat
File Formats Supported:
MP3 Audio Bit rate: 32 to 320kbps (Supports variable bit rate (VBR)), Sampling frequencies: 32, 44.1, 48kHz
WMA Audio Bit rate: 32 to 192kbps (Supports variable bit rate (VBR)), Sampling frequencies: 44.1kHz
AAC-LC Audio Bit rate: 16 to 320kbps (Supports variable bit rate (VBR)), Sampling frequencies: 8, 11.025, 12, 16, 22.05, 24, 32, 44.1, 48kHz
Linear-PCM Audio Bit rate: 1, 411kbps, Sampling frequency: 44.1kHz

 

Verified by MonsterInsights