7 Software Pengolah Foto: Harga Gratis Kualitas Fantastis

Aktifitas edit foto memang menyenangkan, karena kita bisa mengatur hasil jepretan kamera kita sesuka hati. seperti mengatur contrast, brightness, colour, menambah frame, crop, cut, menambah teks dalam foto, dan lain sebagainya. Sekarang ini banyak tersedia aplikasi grafis untuk edit foto, dari yang berbayar seperti yang paling terkenal yaitu Adobe Photoshop, sampai software gratis atau sering disebut freeware. Nah, tentunya tidak semua orang membutuhkan software pengolah foto yang canggih, apalagi mengingat harga software sekelas Adobe Photoshop yang cukup mahal. Untuk itulah kami hadirkan tujuh software pengolah foto gratis

Berikut ini ada 7 perangkat lunak (software) editing foto freeware (gratis) yang paling sering digunakan menurut www.techtip.org:

1. GIMP (GNU Image Manipulation Program)
Perangkat lunak ini menjadi editor gambar open source dengan performa penuh yang pernah ada. Bahkan lebih kuat dari Adobe Photoshop. Hanya memakan tempat penyimpanan sebesar 20 MB, perangkat lunak ini mampu menciptakan gambar menakjubkan dan kemampuan memanipulasi.

Download

svg%3E
svg%3E

2. Paint.NET
Fiturnya memiliki GUI (Graphical User Interface), yaitu metoda interaksi grafis antara pengguna dan komputer yang cukup rapih. Pengguna tidak perlu membaca tutorial atau buku-buku untuk menjalankannya.

Download

svg%3E
svg%3E

3. Picnik
Layanan ini bukan perangkat lunak berbasis sistem operasi. Tetapi merupakan aplikasi berbasis web. Pengguna bisa memperbaiki foto dalam satu klik. Gunakan kontrol advanced untuk menyempurnakan hasil crop, resize dan rotate secara real-time. Ada efek khusus seperti font yang tersedia di browser. Aplikasi ini bekerja pada Mac, Windows, Linux serta tidak perlu menginstal untuk dijalankan. Selain itu pengguna bisa mengimpor gambar dari Picasa, Flickr, Facebook, Photobucket atau MySpace. Untuk mengakses fitur tambahan dikenakan biaya langganan untuk mengakses situsnya sebesar USD 24,95 per tahun.

Download

svg%3E
svg%3E

4. Photoscape
Fitur-fitur di dalamnya sebagian besar sama dengan Photoshop seperti fitur uniknya Face Search. Sementara fitur-fitur utamanya meliputi:
• Viewer: Lihat foto di folder dan membuat slideshow
• Editor: Mengubah ukuran, kecerahan dan penyesuaian warna, white balance, koreksi lampu latar, frame, balon, modus mosaic, menambahkan teks, cropping, filter, penghapusan mata merah.
• Page: Merge beberapa foto pada halaman bingkai untuk membuat final foto.
• Animated GIF: Membuat animasi akhir pada foto.
• Print: Bisa print foto ukuran paspor.
• Splitter: Bisa slice foto menjadi beberapa bagian.
• Color Picker: Zoom in pada gambar, cari dan pilih warna.
• Raw Converter: Convert RAW ke JPG.
• Paper Print: Cetak berjajar yang dilengkapi grafik, musik dan kertas kalender.
• Face Search: Cari wajah yang sama di internet.

Download

svg%3E
svg%3E

5. Photoshop Express Editor
Apakah ingin membutuhkan perbaikan foto dengan cepat? And dapat menggunakan Photoshop Express Editor untuk meng-crop, meluruskan, mengatur warna dan ketidaksempurnaan foto. Untuk kreativitas gunakan Soft Focus atau filter Sketch untuk distorsi efek.

Download

svg%3E
svg%3E

6. Pixlr
Software ini merupakan image editor online berbasis web yang sederhana, gratis dan mudah digunakan baik untuk pemula maupun pengguna advance. Berbagai kemampuan yang dimiliki oleh Photoshop, Corel Draw dan image editor lainnya juga dipunyai oleh Pixlr. Pilihan menu yang tersedia di antaranya adalah memperkecil/ memperbesar image, merotasi, meng-adjust warna seperti membuat hasil editing terang/ gelap , memanipulasi warna pada gambar, fungsi filtering dan masih banyak lagi yang lainnya. File yang dibuat menggunakan Pixlr dapat disimpan baik dalam format JPEG atau PNG.

Download

svg%3E
svg%3E

7. FlauntR
Perangkat lunak ini juga merupakan image editor online. Ada beberapa tool yang sarat dengan fitur seperti FotoFlexer. FlauntR membagi image editing menjadi 6 segment primer, stylR, textR, editR, mobilR, profilR dan picasR. FlauntR juga dapat diintegrasikan dengan berbagai jaringan sosial seperti Facebook, MySpace dan platform blogging seperti WordPress dan Blogger. FlauntR juga memungkinkan Anda menerapkan berbagai efek ke foto Anda. Terdapat juga ribuan efek yang dapat Anda terapkan pada gambar Anda.

Download

Verified by MonsterInsights