Apple Patenkan Fitur Keamanan Baru ala James Bond di iPhone

Para pengguna iPhone kini bisa sedikit berlega hati jika iPhone pegangan yang menyimpan beragam data, kontak, notes, file dll hilang atau dicuri orang. Walaupun pencurian sekuat tenaga telah diantisipasi dengan menyimpan iPhone di tempat terdalam dalam tas agar tidak mudah terjangkau, tetapi ‘si tangan jahil’ seringkali lebih pintar dan iPhone tetap berpindah tangan. Jika pencurian telah terjadi, saya yakin Anda selalu berdoa dalam hati agar sang pencuri tidak mengobrak abrik data pribadi yang tersimpan di dalamnya.

Dengan kekhawatiran tersebut, maka Apple mematenkan fitur keamanan untuk iPhone yang mengantisipasi dan memungkinkan kontrol dari perangkat iOS lain bagaimana perangkat iPhone digunakan ketika hilang atau dicuri dan tindakan apa yang dilakukan oleh orang yang bukan pemilik tersebut.

Paten fitur terbaru ini disebut sebut sebagai fitur keamanan ala James Bond yang seakan meng-hack kegiatan pengguna yang bukan pemilik iPhone tersebut. Poin penting sistem keamanan ini tampaknya akan berpusat untuk perlindungan dari akses tidak sah ke data Anda. Pemantauan otomatis dan sistem kuncian dapat diaktifkan ketika pengguna yang bukan pemilik tersebut berulang kali memasukkan kode akses yang salah.

Sistem keamanan ini juga memungkinkan kontrol untuk mengacak data, sehingga ketika iPhone kembali ke tangan pemilik akan mudah memulihkan semua data. Fitur keamanan ini juga memiliki kemampuan untuk selektif menonaktifkan beberapa fitur seperti akses VPN, panggilan telepon atau pengiriman teks (SMS atau Email).

Dalam tampilan interface yang dikeluarkan, terlihat bahwa paten keamanan ini akan melacak lokasi iPhone jika menginput kode salah beberapa kali. Sistem akan menyuguhkan pilihan ‘ampunan’ untuk mengembalikan iPhone ke pemilik dengan menghubungi nomor lain pemilik atau kerabat dekat pemilik.

Dengan sistem keamanan paten ini, apakah masih ada yang berani mencuri iPhone ?

Sumber : Thenextweb

Verified by MonsterInsights