Sony PSVita: Generasi Terbaru PSP, Kini dengan Layar Sentuh

svg%3E

Sony memperkenalkan generasi terbaru dari PlayStation Portable (PSP) yang diberi label PlayStation Vita (PSVita) di ajang Electronic Entertainment Expo (E3) di Los Angeles, Amerika Serikat. Secara desain, PSVita tampaknya kembali mengusung tampilan seperti PSP model pertama dan bukan versi sliding seperti yang pernah diadopsi di PSP GO. Kata Vita sendiri diambil dari bahasa Latin, yang berarti “Kehidupan”.

PSVita memiliki spesifikasi hardware dengan prosesor quad core ARM? Cortex™- A9 core (4 core) dan GPU SGX543MP4. Spesifikasi ini diklaim mampu membuat Vita menyajikan kualitas grafis yang hampir setara dengan Sony PS3. Untuk layar, PSVita menggunakan layar sentuh kapasitif OLED multitouch berukuran 5 inci yang mendukung resolusi 960 x 544 pixel. PSVita juga dilengkapi touchpad di bagian depan dan belakang, serta ada kamera depan dan belakang juga.

Dengan PSVita, para pemain dapat terhubung satu sama lain melalui jaringan seluler dan Wi-Fi. Anda juga bisa bermain game bersama dengan pengguna PlayStation 3 melalui jaringan PlayStation Network. Selain itu, PSVita ini juga memiliki teknologi pelacak lokasi dengan GPS. Di Amerika Serikat, Sony menggandeng operator seluler AT&T untuk pemasarannya.

 

Rencananya konsol game terbaru dari Sony ini akan dijual seharga USD 249 untuk versi Wi-Fi dan USD 299 untuk versi mobile 3G. Eksekutif Sony, Kazuo Hirai mengatakan akan menjual produk ini pada awal musim liburan tahun ini. Konektivitas akan menjadi andalan utama yang dijanjikan oleh PSVita. Hirai pun sangat optimistis bahwa penjualan PSVita ini akan berhasil.

Sementara itu, CEO of Sony Computer Entertainment America Jack Tretton, mengatakan aktivitas jaringan Sony sudah kembali hingga 90 persen setelah dibajak. Bahkan, pekan lalu penjualan PlayStation Sony sudah naik 27 persen dari tahun lalu. Menurut Tretton di sela-sela peluncuran PSVita di ajang E3, pasar game global diperkirakan akan tumbuh hingga USD 65 miliar tahun ini, naik dari USD 62,7 miliar pada 2010 lalu.

Kami sendiri amat senang menyambut PSVita, mengingat beberapa generasi PSP terakhir praktis tidak mengemas inovasi yang mengagumkan. Paduan layar sentuh dengan spesifikasi hardware yang handal, dan (semoga saja) dukungan game yang baik, tampaknya akan menjadi resep kesuksesan Sony menggaet hati para gamer dengan PSVita.

 

Verified by MonsterInsights