Nintendo Wii U: Konsol Game Terbaru dengan Controller Inovatif

svg%3E

Nintento meluncurkan konsol game terbarunya bernama Wii U pada gelaran Electronic Entertainment Expo (E3) di Los Angeles, Amerika Serikat. Dengan konsol ini, para gamer dapat memainkan game favoritnya dengan cara pandang yang baru, berkat konsep controller yang inovatif. Melalui nama Wii U, Nintendo memang berencana untuk memberikan pengalaman yang baru pada permainan konsol rumahan terbarunya bagi para gamer, dan sekaligus memberikan sesuatu yang berarti bagi semua kategori pelanggannya.

Yang paling menarik dan membedakannya dibanding perangkat game konsol lain adalah konsep controller yang lebih mirip tablet mini. Bahkan sekilas Wii U ini memadukan antara konsol game konvensional dengan konsol game portable, karena controller Wii U memiliki layar sentuh 6,2 inci. Meskipun begitu, Wii U tidak dirancang sebagai konsol game portable. Walaupun Anda bisa memainkan game di layar controllernya, konsep yang ingin dihadirkan adalah menyajikan sudut pandang yang berbeda dibanding konsol game lain. Kegunaan praktis lain, jika Anda hanya memiliki satu set TV di rumah dan ada yang ingin menonton siaran lain, Anda tetap dapat bermain game di controller. Jadi bisa dibilang Wii U Controller akan menyelamatkan para gamer dari amukan anggota keluarga lainnya.

 

Konsol ini memiliki dukungan fitur backwards compatibility untuk game-game terdahulu. Selain itu, para gamer pun dapat menggunakan hingga empat Wii Remote atau Wii Remote Plus pada konsol ini. Satu hal yang layak dicermati, kini Wii U telah mendukung konten game HD dengan grafis yang setara dengan Xbox 360. Ini penting mengingat grafis Wii yang terdahulu jauh di bawah kedua konsol keluaran Microsoft dan Sony.

Controller dari Wii U ini memiliki dua thumb stick, tombol-tombol muka, d-pad, kamera built-in, dua tombol trigger di bagian shoulder, accelerometer, fitur getar, mikrofon dan speaker. Mendukung video chat, controller-nya pun dapat digunakan bersama dengan Wii Remote, Balance Board dan Nunchuk.

Konsol terbaru dari Nintendo ini juga mampu memberikan efek gemuruh. Wii U ini juga telah dilengkapi mikrofon, speaker kecil, giroskop dan sebuah kamera yang dapat meng-capture wajah pemainnya dan akan digunakan dalam game yang sedang dimainkannya. Game-game yang ada ternyata dapat dipindahkan dari layar lebar ke layar kecil. Dan hebatnya lagi, controller terbaru ini juga memungkinkan para penggunanya dapat melakukan browsing Internet dan membuat panggilan telepon.

“Dengan Wii U, pengalaman bermain game akan lebih puas dan banyak pilihan. Anda akan melihat cara bermain game yang berbeda,” ujar Presiden Nintendo Satoru Iwata di sela-sela acara peluncuran konsol game tersebut.

Meskipun memiliki sejumlah karakteristik, Iwata menyatakan bahwa controller ini sama sekali tidak didesain untuk menjadi sebuah sistem portable gaming. Menurut Iwata, sebelumnya video game yang dimainkan pada konsol rumahan telah dibatasi pada TV dan menawarkan sudut pandang yang identik bagi tiap pemain yang ada di environment multiplayer. Lebih lanjut lagi, menyaksikan TV dan bermain game konsol sebelum ini merupakan pengalaman yang sepenuhnya terpisah. Controller baru ini menghapuskan batasan tersebut, dengan menciptakan pengalaman gaming yang lebih dinamis dan fleksibel.

Sementara ini, belum ada kabar lanjutan tentang kapan Wii U akan diluncurkan ke pasaran. Mengenai harganya pun, pihak Nintendo belum mau mengungkapnya. Jadi bagi Anda para pecinta game, harap bersabar untuk menunggu kehadiran konsol game ini.

 

Verified by MonsterInsights