Quantcast
KomputerNewsTablet PC

Asus Eee Pad Transformer TF101: Bisa Tablet Bisa Notebook

ASUS EeePad Transformer

Di tahun 2010 kemarin, Apple memicu demam tablet dunia saat merilis iPad. Maka tak heran saat ajang CES di Las Vegas yang digelar bulan Januari 2011 lalu, hampir semua vendor komputer dan smartphone memamerkan prototipe produk komputer tabletnya. Sayangnya hanya sedikit produk yang memiliki keaslian konsep sebuah komputer tablet. Untungnya ASUS termasuk salah satu dari segelintir perusahaan tersebut dengan inovasi yang unik dalam bentuk Eee Pad Transformer. Sebenarnya kami pernah mengulasnya, tapi kini ada pengumuman resmi dari ASUS Indonesia bahwa Transformer telah mendekat.

Berbekal prosessor dual core NVIDIA® Tegra™ 2, memory DDR2 sebesar 1GB , layar LED backlit berukuran 10.1 inci, dan menggunakan OS Android 3.0 Honeycomb yang dikombinasikan dengan user interface Waveshare dari Asus, di atas kertas Eee Pad Transformer sepertinya memiliki performa yang cukup menjanjikan. Sebagai perangkat mobile entertaiment, Eee Pad Transformer dapat memutar musik dan video dalam kualitas HD 720p, serta dilengkapi kamera digital 5 megapixel di bagian belakang dan 1,2 megapixel di bagian depan. Dalam hal konektivitas, Anda tidak perlu khawatir sebab Asus telah menyertakan fitur Bluetooth, Wi-Fi, port mini HDMI, port USB, 3.5mm audio jack dan SD Card reader.

Untuk urusan kerjaan kantoran, Eee Pad Transformer dilengkapi Polaris® Office® 3.0, Mobile Office Solution Professional yang memungkinkan pengguna untuk mengedit berbagai jenis dokumen office, termasuk file dokumen (.doc), spreadsheet (.xls), dan presentasi (.ppt). Yang menjadi keistimewaan Eee Pad Transformer dan membedakannya dengan tablet kebanyakan yaitu pada tersedianya docking station tambahan. Dengan docking station ini, Anda bisa menyulap Transformer menjadi robot notebook. Docking Station ini hadir dalam bentuk keyboard QWERTY yang dilengkapi tombol fungsi Android yang unik. Selain itu penggunaan Docking Station juga memperpanjang daya tahan baterai menjadi lebih lama.

Asus EeePad Transformer akan tersedia dalam 2 pilihan kapasitas yaitu sebesar 16GB dan 32GB, serta pilihan paket penjualan dengan dan tanpa docking. Belum ada informasi harga resmi untuk pasar Indonesia.

Spesifikasi

Layar Layar 10.1″ LED Backlit dengan IPS (1280 x 800) 10 finger multi-touch support, scratch resistant-glass
Sistem Operasi Android 3.0 Honeycomb
Platform NVIDIA® Tegra™ 2
Memory LP DDR2 1 GB
Penyimpanan 16GB /32GB EMMC + Unlimited ASUS WebStorage
Wireless 802.11 b/g/n, Bluetooth 2.1 + EDR
Kamera 1.2MP (front), 5MP Auto focus (rear)
Interface 2-in-1 Audio Jack (Head Phone / Mic-in); 1x mini HDMI 1.3a port
1x Micro SD Card Reader; 1x Internal Microphone; 1x Stereo Speaker
Interface di dock mobile(note) 2x USB 2.0; 1x SD Card Reader
Sensor G-Sensor, Light Sensor, Gyroscope, E-compass, GPS
3G Module Opsional
Dukungan Flash Ya
Multi-tasking Ya
Aplikasi Khusus ASUS Launcher, MyLibrary, MyNet, MyCloud, File manager, PC sync
Baterai 9.5 jam,  24.4Wh Li-polymer Battery, 16 jam dengan dock
Ukuran / Berat 271x177x12.98mm / 680g (dengan baterai)

 

Press Release

ASUS Luncurkan Eee Pad Transformer

Sebuah tablet inovatif yang dilengkapi dengan keyboard dock tambahan

Taipei, Taiwan 25 Maret 2011 – ASUS hari ini mengumumkan ketersediaan Eee Pad Transformer pertama di pasar, sebagai sebuah pilihan tablet terbaik bagi pengguna yang menginginkan sebuah tablet untuk konsumsi multimedia dan produktivitas selama bepergian. Didukung dengan keyboard docking tambahan, dan baterai tambahan sehingga jika digabungkan dapat memiliki daya tahan hingga 16 jam*, Eee Pad Transformer menggunakan sistem operasi Android 3.0, Honeycomb. Kombinasi Honeycomb dengan user interface Waveshare dari ASUS yang intuitif dan hardware paling bertenaga, membuat Eee Pad Transformer menjadi sebuah perangkat portable yang menyenangkan saat digunkan untuk mengerjakan tugas kantor dan komunikasi di jejaring sosial.

Hiburan mini-cinema yang bertenaga selama bepergian

Dengan prosesor dual core NVIDIA® Tegra™ 2, Eee Pad Transformer dapat menjelajah website dalam sekejab, menjalankan fungsi multitasking dengan respon yang lebih cepat dan kinerja yang lebih baik. Teknologi panel IPS yang tangguh dan anti gores dapat dilihat dengan sudut pandang hingga 178°, dan menampilkan warna yang lebih tajam dan akurat hingga 50% jika dibandingkan tablet kebanyakan. Terintegrasi teknologi SRS Sound yang menyediakan sebuah pengalaman audio 3D yang dinamis, dengan bass yang maksimal dan jangkauan suara yang lebar dari speaker terpasang dalam bentuknya yang tipis, hanya setebal 12,98mm dengan berat hanya 680gr. Sebuah kamera 5MP di bagian belakang dan 1,2MP di bagian depan, untuk merekam video untuk kemudian dapat diputar kembali di HDTV melalui port output mini HDMI, membuat Eee Pad Transformer menjadi sebuah perangkat mobile entertainment sejati.

Transformasi dari tablet ke notebook dengan keyboard docking station

Perbedaan Eee Pad Transformer dengan tablet kebanyakan pada tersedianya pilihan opsional docking station, yang menyediakan keyboard QWERTY sekaligus dengan function key Android yang unik, menjadikan Transformer dari sebuah tablet menjadi seperti notebook pada umumnya. Eee Pad Transformer sudah dilengkapi dengan Polaris® Office® 3.0, sebuah Mobile Office Solution profesional yang memungkinkan pengguna untuk mengedit berbagai jenis dokumen office, termasuk file dokumen (.doc), spreadsheet (.xls), dan presentasi (.ppt), membuat Transformer juga menarik bagi kalangan pengguna profesional. Dengan touchpad, 3,5mm audio jack, dua port USB, dan SD Card reader dibenamkan untuk memudahkan menyimpan dan berbagi file, menjadikan Transformer sebuah pusat media hiburan. Selain itu, ASUS WebStorage menyediakan media penyimpanan online yang tidak terbatas selama satu tahun untuk cloud computing. Docking station juga memperpanjang daya tahan baterai Transformer dari 9,5 jam* menjadi 16 jam*, sehingga pengguna dapat menggunakannya sepanjang hari, baik untuk bekerja maupun bermain.

 

OS Android 3.0 Honeycomb dengan UI ASUS Waveshare

Sistem operasi Android Honeycomb dari Google yang revolusioner dirancang khusus dan dioptimalkan untuk tablet, memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman terbaik saat menjelajahi web, berkomunikasi, dan melakukan komputasi selama perjalanan. Dengan dukungan Adobe® Flash® 10.2**, dan Android Market yang terus berkembang, menikmati hiburan kini sangat mudah, hanya dengan melakukan gerakan sapuan jari. ASUS Launcher juga memudahkan pengguna untuk menjalankan software, mengatur konten, dan mengakses koneksi dan layanan online secara mudah cukup dengan sentuhan di layar, sedangkan Waveshare Interface dari ASUS dilengkapi sejumlah aplikasi yang unik seperti MyNet, MyLibrary, MyCloud dan banyak lainnya. MyNet memudahkan streaming media digital secara nirkabel dalam jaringan perangkat di rumah sehingga video atau musik HD dapat diputar di perangkat lain, seperti HDTV atau PC desktop untuk dapat memberikan yang terbaik dengan Transformer. MyLibrary menggabungkan buku-buku, majalah, dan koran yang telah diunduh ke profil khusus untuk kemudahan, sedangkan MyCloud adalah sejumlah solusi cloud yang menyediakan akses ke konten digital seperti musik, video, dan file dari cloud, kapanpun dan di manapun. Pengguna bahkan dapat menggunakan MyCloud untuk mengakses dan mengontrol PC atau Mac secara remote, dan mengakses aplikasi atau file sehingga melengkapi sebagai kehebatan Eee Pad Transformer.

 

*Estimasi daya tahan baterai hingga 9,5 dan 16 jam berlaku pada kondisi tertentu.

**Dukungan Adobe® Flash® 10.2 memerlukan upgrade yang tersedia secara online

Artikel terkait

Back to top button