[CES 2011] Microsoft Perkenalkan Mouse Generasi Baru

Optical ataupun wireless mouse tampaknya akan menjadi barang kuno jika mouse yang satu ini sudah mulai dipasarkan. Akhirnya Microsoft benar-benar meluncurkan multitouch mouse dalam jajaran produk berteknologi tinggi yang mereka miliki.
Sesungguhnya multitouch mouse ini sudah mereka perkenalkan sejak bulan Oktober tahun 2009, tetapi waktu itu masih terbatas barang prototype, atau barang yang masih dalam tahap pengembangan. Sepertinya waktu 1 tahun dirasa cukup bagi Microsoft untuk akhirnya memperkenalkan mouse generasi baru mereka, hingga akhirnya pada gelaran CES 2011 di Las Vegas mereka benar-benar memperkenalkan multitouch mouse yang diberi nama Arch Touch Mouse ini.

“Multitouch Mouse baru ini merupakan cara baru bagi pelanggan untuk berinteraksi dengan PC Windows 7-based mereka,” kata Mark Relph, Senior Director dari Windows Developer and Ecosystem Team di Microsoft. “Kami bekerja sama dengan tim dari Hardware Microsoft untuk membantu mengembangkan gerak tubuh yang dapat dipergunakan di multitouch mouse ini yang akan membuat Anda lebih mudah dalam menggunakan Windows 7, serta lebih sederhana dan lebih menyenangkan untuk digunakan. Selang hanya beberapa menit setelah menggunakan mouse ini Anda akan tahu sebabnya.”

Mouse baru ini terlihat cantik dengan balutan warna hitam solid, sangat berbeda dari kelima prototype-nya yang bernuansa abu-abu dan abu-abu gelap. Seperti namanya, mouse ini tidak lagi menggunakan sistem button, tetapi menggunakan sentuhan jari untuk berinteraksi. Tim pengembang Microsoft menempatkan chip ke dalam Arch Touch mouse ini untuk mengenali 9 tipe gerakan-gerakan jari dari si pemakainya.

Microsoft telah mengelompokkan gerakan-gerakan tersebut berdasarkan jumlah jari yang digunakan:
1 jari : Membantu Anda mengelola dokumen atau halaman jendela Windows dengan aktifitas scrolling, atau pan dan tilt. Dengan ibu jari, Anda dapat melakukan perintah-perintah tersebut terhadap web browser yang sedang Anda buka.
2 jari : Membantu Anda untuk mengelola jendela Windows dengan melakukan perintah seperti memperlebar, meminimalisasi, menampilkan kembali, atau menampilkan mereka secara berdampingan.
3 jari : Membantu Anda untuk melakukan navigasi terhadap tampilan desktop, seperti untuk menampilkan semua jendela yang terbuka, beralih task yang sedang Anda kerjakan, atau jika Anda menggerakkan tiga jari ke bawah artinya untuk membersihkan tampilan desktop.
Sepertinya Microsoft meluncurkan Arch Touch ini untuk menyaingi mouse keluaran Apple, Magic Mouse, yang telah lebih dahulu keluar pada tahun 2009 lalu. Tetapi sayangnya Arch touch mouse ini hanya dapat digunakan bagi komputer dengan sistem operasi Windows 7. Arch Touch akan mulai dipasarkan mulai bulan Mei 2011 dengan harga sekitar $79. Tetapi bagi Anda yang berdomisili di Amerika Serikat sudah bisa melakukan penawaran pre-sale melalui website Amazon.com mulai dari sekarang.

Verified by MonsterInsights