Review: Samsung P1000 Galaxy Tab

samsung galaxy tab ofic 1

Belum lama ini, Samsung mengeluarkan satu lagi perangkat canggih terbaru mereka setelah sebelumnya meluncurkan Galaxy S yang merupakan smartphone Android tercanggih dari Samsung. Tentu saja Anda pasti penasaran sebagus apa sih Galaxy Tab, dan butuh pertimbangan pasti untuk membeli Galaxy Tab, mengingat harganya yang tergolong cukup mahal. Simak ulasan kami, untuk menilai apakah perangkat ini tepat untuk dijadikansebagai ‘partner’ Anda dalam dunia digital dan tentunya untuk memudahkan kegiatan Anda sehari-hari.

[tab: Konsep & Desain]

Awalnya saya sempat bertanya-tanya setelah mengetahui bahwa Tab bisa digunakan untuk menelepon dan melihat ukurannya, “ini ponsel gede amat buat nelpon?!” Namun ternyata Anda tidak mengangkatnya ke telinga Anda untuk menelepon seperti layaknya Anda menggenggam ponsel Anda. Tapi Anda menggunakan speaker phone untuk melakukan percakapan telepon atau perangkat headset bluetooth yang lebih praktis dan tentunya lebih menjaga privasi Anda apabila anda di tempat umum.

Layar Galaxy Tab memang tidak sebesar layar iPad, dengan ukuran sebesar 7 inci dan resolusi 600 x 1024, layar Galaxy Tab terbilang cukup nyaman untuk digunakan. Saya mencoba memainkan Angry Birds pada Galaxy Tab dan hasilnya sangat memuaskan dan menyenangkan. Jika Anda pernah melihat atau menggunakan Galaxy S, layar yang digunakan pada Galaxy S adalah SAMOLED atau Super AMOLED yang memiliki layar dengan tingkat kontras yang sangat baik dan tajam. Anda akan merasa kecewa jika Anda berekspektasi bahwa layar Galaxy Tab akan lebih bagus dari Galaxy S, karena layar yang digunakan pada Galaxy Tab adalah TFT LCD. Lebih besar dari Galaxy S memang, namun kualitasnya tidak sebaik layar Super AMOLED pada Galaxy S.

[tab: Performa & Kesimpulan]

Pas di tangan

Android 2.2 atau disebut juga Frozen Yogurt (Froyo) merupakan sistem operasi standar bawaan untuk Samsung Galaxy Tab, sudah tentu lebih banyak perbaikan-perbaikan dan pengembangan dari versi sistem operasi terdahulunya yakni Eclairs (Android 2.1) yang akan membuat Galaxy Tab lebih responsif dan mulus. Sementara Samsung Galaxy S menunggu-nunggu, kemana gerangan update Froyo resmi dari pihak samsung, Galaxy Tab sudah mengusung Froyo. Perlu Anda catat, bahwa pengalaman saya tentang dukungan Samsung untuk pengembangan update firmware resminya terbilang cukup lamban, terutama untuk di kawasan Asia. Namun saya rasa soal firmware bukanlah sebuah hambatan yang signifikan apabila Anda merupakan pengguna sehari-hari yang mengutamakan fungsionalitas bukan performa. “Yang penting kalo mau ngapa-ngapain mulus dan ngga nge-hang deh”, kurang lebih begitu argumennya.

Untuk menghadirkan performa kelas atas, Galaxy Tab mengandalkan prosesor ARM Cortex A8 dengan kecepatan 1 GHz, grafik PowerVR SGX540, dan RaM 512 MB. Untuk urusan performa dan tenaga komputasi, Galaxy Tab tidak perlu diragukan. Spesifikasi tersebut telah membuat Galaxy Tab menjadi sangat mumpuni untuk menangani hampir semua aktivitas Anda dengan Galaxy Tab seperti: browsing internet, membaca ebook, menonton video high-definition, mendengar lagu, semuanya dengan kemampuan multi-tasking dari sistem operasi Android, sehingga Anda bisa berpindah-pindah aplikasi ketika membutuhkannya. Selain itu, tentu saja, Anda dapat memainkan game-game 3D yang bisa dibilang ‘kelas berat’ yang tersedia untuk Android dengan sangat mulus dan responsif seperti Asphalt. Disajikan dalam layar yang berukuran lebih besar dibanding kebanyakan perangkat Android yang beredar, pengalaman Anda bermain game pada perangkat Android yang satu ini menjadi lebih menyenangkan.

Galaxy Tab dilengkapi dengan kamera 3 MP. Hasil potretan kamera Galaxy Tab kurang mengesankan karena resolusi gambar resolusi 2048×1536 pixel, dan terasa kurang praktis pada saat mengambil foto karena ukurannya yang cukup besar. namun sudah dilengkapi dengan LED flash sehingga akan meningkatkan kualitas saat Anda ingin mengambil gambar pada tempat yang minim cahaya atau low-light.

Anda bisa mendapatkan semua aplikasi yang berada di Google Market sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun ada yang perlu diperhatikan, saat ini kebanyakan aplikasi yang terdapat di Google Market, didesain untuk aplikasi Android dengan layar dan resolusi yang lebih kecil dari Galaxy Tab. Akibatnya? User interface dari aplikasi tersebut terlihat pixelated atau pecah-pecah. Tentu saja hal tersebut terjadi bukan karena hardware Galaxy Tab, melainkan aplikasi tersebut belum memiliki dukungan layar dengan resolusi yang lebih besar dari para pengembangnya. Karena perangkat Android beraneka ragam secara ukuran layar dan resolusi, ini membuat para pengembang harus menyesuaikan aplikasinya untuk perangkat-perangkat Android yang berbeda tersebut. Berbeda dengan aplikasi iPad yang memang dirancang khusus untuk resolusi dan layar iPad, ditambah tidak adanya perangkat tablet lain berbasis platform yang sama dengan resolusi dan ukuran layar yang berbeda sehingga pengembang tidak perlu melakukan testing secara menyeluruh. Namun jangan khawatir, perkembangan Android cukup pesat. Seiring berjalannya waktu, masing-masing aplikasi tersebut – terutama yang populer dan banyak digunakan orang-orang – akan meng-update aplikasi mereka untuk mendukung perangkat dengan resolusi yang lebih tinggi. Jadi Anda tidak perlu khawatir apabila anda melihat beberapa user interface-nya terlihat kurang bagus.

Dilihat dari sistem operasi, Samsung Galaxy Tab sulit diklasifikasikan sebagai perangkat tablet sejati, apalagi mengingat Android Froyo memang tidak dirancang untuk layar besar. Kekurangan ini tentunya di luar kendali Samsung, dan lebih di tangan Google. Tentunya di tahun 2011, Google Android pasti akan berbenah dan diharapkan akan banyak aplikasi Android khusus untuk komputer tablet berbasis Android, yang sayangnya masih sangat sedikit. Selain itu, ketahanan baterai hanya sekitar 4-5 jam, di bawah iPad yang mampu bertahan sampai 10 jam. Inilah dua faktor yang membuat pengalaman menggunakan Galaxy Tab setingkat di bawah Apple iPad.

Namun dari segi hardware, Samsung Galaxy Tab merupakan komputer tablet yang handal dan menarik. Seperti Galaxy S, Samsung berhasil menghadirkan ramuan yang tepat dengan layar yang baik (meskipun belum AMOLED) serta desain yang cantik dan ergonomis, ditunjang performa yang amat baik. Bagi Anda yang menginginkan komputer tablet yang sekaligus bisa digunakan untuk menelpon, Galaxy Tab merupakan pilihan yang tepat.

[tab: Spesifikasi]

Samsung GALAXY Tab (GT-P1000) Product Specifications

Jaringan 2.5G (GSM/ GPRS/ EDGE) : 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz
3G (HSUPA 5.76Mbps, HSDPA7.2 Mbps) : 900 / 1900 / 2100 MHz
Sistem operasi
Android 2.2 (Froyo)
Layar 7.0 inch TFT-LCD, WSVGA (1024 x 600)
Prosesor Cortex A8 1.0GHz Application Processor with PowerVR SGX540
Kamera 3 MP Camera with Auto Focus and LED Flash
1.3MP front camera for Video Telephony
Fitur Android Market™ and Samsung Apps for more applications and contents
Readers Hub, Media Hub* , Music Hub*, Social Hub*
*Availability will be decided by market preference.
Adobe Flash 10.1 player support
Full HD video playback, Thinkfree Office, Swype, Hybrid Widget
Konektivitas 30 pin connector / micro SD
WiFi 802.11n / Bluetooth 3.0
Memori 16GB / 32GB memori internal, slot memori eksternal hingga 32GB
RAM: 512MB
Ukuran 190.09 x 120.45 x 11.98mm, 380g
Baterai 4,000mAh  (7 jam pemutaran video)
Samsung GALAXY Tab (GT-P1000) Product Specifications
Network 2.5G (GSM/ GPRS/ EDGE) : 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz
3G (HSUPA 5.76Mbps, HSDPA7.2 Mbps) : 900 / 1900 / 2100 MHz
OS Android 2.2 (Froyo)
Display 7.0 inch TFT-LCD, WSVGA (1024 x 600)
Processor Cortex A8 1.0GHz Application Processor with PowerVR SGX540
Camera 3 MP Camera with Auto Focus and LED Flash
1.3MP front camera for Video Telephony
Value-added Android Market™ and Samsung Apps for more applications and contents
Features Readers Hub, Media Hub* , Music Hub*, Social Hub*
*Availability will be decided by market preference.
Adobe Flash 10.1 player support
Full HD video playback, Thinkfree Office, Swype, Hybrid Widget
Connectivity 30 pin connector / micro SD
WiFi 802.11n / Bluetooth 3.0
Memory 16GB / 32GB internal memory, upto 32GB external memory slot
RAM: 512MB
Size 190.09 x 120.45 x 11.98mm, 380g
Battery 4,000mAh  (7 hour movie play)

Comments are closed.