Quantcast
Aksesoris Komputer

Menyulap TV menjadi PC yang bisa Internet

Anda bosan dengan program TV yang itu-itu saja, sinetron yang kurang mendidik, atau film-film hollywood yang diputar berulang kali? Segera ubah TV Anda menjadi web-surfing PC.

Aluratek, salah satu produsen digital gadget, telah memperkenalkan suatu alat yang dapat mengubah TV Anda menjadi web-surfing PC. Alat ini telah didemonstrasikan di gelaran CES 2011 yang sedang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat. Saking barunya, alat ini bahkan belum diberi nama, hanya dikenal dengan kode Plug PC.

Bagaimana cara kerjanya? Plug PC ini berisikan sistem operasi Linux Ubuntu. Cukup colokkan jack Plug PC ini ke TV melalui kabel HDMI maka sistem operasinya pun akan otomatis menyala. Kemudian Anda pun bisa melakukan hosting program-program lokal yang ada di harddisk internal, mulai dari membuka email, membuka slideshow gambar, memutar musik dan juga video, Anda pun dapat mendownload program-program pilihan melalui App Store. Tapi yang paling menarik adalah Anda dapat melakukan surfing internet ke semua website dengan Plug PC ini.

Tampilan desktop Linux sudah menyediakan shortcut ikon ke berbagai website populer, seperti Facebook, Twitter, dan Hulu. Plug PC ini bahkan bisa digunakan untuk mengakses Netflix. Dan melalui remote TV, Anda bisa bergonta-ganti saluran dari saluran TV biasa ke saluran Plug PC ini kapan pun Anda mau. Alat dari Aluratek ini juga rendah konsumsi listriknya, menurut info, alat ini hanya menyedot biaya $13 per tahun untuk konsumsi listriknya, sehingga Anda bisa meninggalkannya menyala tanpa harus takut dengan biaya listrik yang mahal, tidak seperti PC atau laptop lainnya.

Alat ini dijalankan oleh prosesor 1GHz, 1 GB RAM, sebuah Ethernet port, built-in Wi-Fi, dan built-in Bluetooth. Untuk menyimpan program-program yang di-download serta untuk menyimpan Ubuntu, tersedia internal harddrive sebesar 4 GB. Tersedia juga 3 USB ports, sebuah slot untuk SD card, dan sebuah slot built-in eSATA. Paket dari alat ini juga sudah disertai dengan mini keyboard dengan built-in trackball sebagai pengganti mouse, sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan eksplorasi dan browsing Internet.

Rencananya Aluratek Plug PC ini akan mulai dipasarkan pada bulan Maret 2011, dengan harga di kisaran $199.99. Bidik dan kustomisasi TV Anda.

Back to top button