Quantcast

100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk 2017

Persaingan smartphone di sepanjang tahun 2017 terasa cukup panas. Masing-masing brand sudah meluncurkan berbagai produk andalan mereka mulai dari kelas entry-level hingga premium.

Soal tren yang populer, tahun ini diramaikan dengan deretan smartphone yang memiliki kamera ganda serta layar dengan aspect ratio 18:9. Menariknya, kedua tren tersebut tak sebatas hanya tersedia di smartphone kelas atas. Di kelas menengah ke bawah pun ada.

Nah, dari sekian banyak smartphone canggih yang beredar resmi di Indonesia, seperti tahun-tahun sebelumnya, kami telah memilih smartphone terbaik dari setiap kelas yang layak mendapat apresiasi lebih dibanding pesaingnya. Simak daftar lengkapnya:

Smartphone Terbaik di bawah 1,5 juta rupiah: Xiaomi Redmi 5A

 

Xiaomi Redmi 5A memang hadir belakangan di penghujung tahun 2017. Namun peluncurannya bisa dibilang berhasil menggebrak pasar Indonesia, karena harganya yang sangat menggiurkan. Dengan harga hanya Rp999.000 saja, Redmi 5A masih dibekali spesifikasi yang mumpuni.

Anda disuguhkan layar 5 inci dengan resolusi HD, serta performa yang didukung SoC Qualcomm Snapdragon 425 bersama RAM 2 GB. Yang tak kalah menarik, baterai Redmi 5A berkapasitas 3060 mAh.

Smartphone Terbaik di kelas 1,5 – 2,5 Juta Rupiah : Moto E4 Plus

Moto E4 Plus hadir sebagai opsi bagi Anda yang mencari smartphone terjangkau dengan baterai besar. Smartphone yang dibanderol Rp2.333.000 ini hadir dengan baterai 5000 mAh yang tahan lama.

Untuk fitur lainnya, Moto E4 Plus menawarkan layar 5,5 inci, RAM 3 GB, dan memori internal 32 GB. Kameranya pun cukup baik di kelasnya dengan berbekal sensor 13 megapixel di belakang dan 5 megapixel di depan.

Dengan kelebihannya tersebut, Moto E4 Plus merupakan pilihan terbaik di kelas harga 2 jutaan sepanjang 2017.

Smartphone Terbaik di kelas 2,5 – 3,5 Juta Rupiah: Xiaomi Mi A1

Satu lagi smartphone resmi Xiaomi di Indonesia yang mendapat sambutan positif dari para pengguna. Ya, Mi A1. Perangkat Android One yang update OS-nya langsung dari Google ini menawarkan kamera belakang ganda 12 megapixel f/2.2 + 12 megapixel f/2.6 optical zoom 2x, yang bisa menciptakan efek bokeh.

Selain itu, performanya juga bagus di kelasnya karena Mi A1 dipersenjatai Snapdragon 625 octa-core serta RAM 4 GB. Anda yang berminat meminang smartphone seharga Rp3.099.000 ini bisa membaca lebih dulu review lengkap kami.

Smartphone Terbaik di kelas 3,5 – 4,5 Juta Rupiah: Oppo F5

OPPO F5 juga tampil cantik dengan layar 18:9 FullScreen 6 inci beresolusi Full HD+. Konsep desainnya juga sudah minim bingkai sehingga ukuran fisiknya tidak berbeda jauh dengan ponsel yang memiliki layar 5,5 inci.

Dengan F5, Oppo tetap mengedepankan kemampuan selfie dengan membenamkan kamera depan 20 megapixel f/2.0 yang didukung A.I Beauty Recognition.

Teknologi kecerdasan buatan tersebut secara cerdas akan akan mengenali jenis kulit, warna, jenis kelamin, usia, serta kondisi cahaya ketika memotret. Ia juga dapat memindai lebih dari 200 titik wajah dan mengenali setiap keunikan detail wajah. Intinya, foto selfie yang dihasilkan akan lebih bagus dan natural.

Simak ulasan lengkap dari smartphone seharga Rp3.999.000 ini di artikel review kami.

Smartphone Terbaik di kelas 4,5 – 6 Juta Rupiah: Motorola Moto Z2 Play

 

Harga 4,5 sampai 6 juta menurut kami merupakan salah satu kategori yang paling sulit untuk memilih yang terbaik. Pasalnya, tak banyak smartphone menarik di level harga tersebut. Untungnya ada Motorola Moto Z2 Play, penerus Moto Z Play yang kembali mengedepankan fungsi modular dengan rangkaian Moto Mods sebagai pembeda.

Dibanding pendahulunya, Moto Z2 Play menawarkan sedikit peningkatan di sektor hardware pendukung performa. SoC yang digunakan kini adalah Snapdragon 626 dengan prosesor octa-core 2.2 GHz dan GPU Adreno 506. Sementara RAM dan memori internal masing-masing berkapasitas 4 GB dan 64 GB. Di Indonesia, kini Moto Z2 Play dibanderol sekitar 5 jutaan rupiah.

Smartphone Terbaik di kelas 6-9 Juta Rupiah: Samsung Galaxy Note FE

Ya, Galaxy Note FE adalah versi perbaikan dari Galaxy Note7 yang ditarik dari pasaran karena masalah baterai. Meski bisa disebut sebagai “produk tahun lalu” yang diganti baterainya, Galaxy Note FE tetap terlihat menarik sebagai sebuah smartphone premium.

Kamera belakang 12 megapixel (OIS + PDAF) miliknya menurut kami masih memukau dan layak disandingkan dengan kualitas kamera smartphone kelas atas terbaru. Performanya terasa gahar berkat SoC Exynos 8890 serta RAM 4 GB. Dan yang perlu diingat, ada sistem keamanan berupa pemindai retina yang bisa mendeteksi mata Anda dengan cepat.

Bagi Anda yang tidak bisa lepas dari S Pen, Galaxy Note FE yang dibanderol 8 jutaan rupiah adalah opsi upgrade yang jauh lebih terjangkau dibanding Galaxy Note8.

Smartphone Terbaik di kelas 9-12 juta rupiah: Samsung Galaxy S8 / S8+

 

Duo smartphone andalan Samsung, Galaxy S8 dan Galaxy S8+, menurut kami adalah yang paling layak berada di posisi ini. Peluncuran keduanya membuktikan bahwa Samsung memang semakin jago meracik smartphone premium. Baik Galaxy S8 maupun Galaxy S8+ sama-sama tampil memukau dengan hanya dibedakan oleh ukuran layar dan kapasitas baterai.

Seperti diketahui, kedua perangkat anti air ini merupakan smartphone pertama Samsung yang menggunakan teknologi Infinity Display. Selain itu, Samsung juga membenamkan banyak sekali fitur kelas atas seperti Iris Scanner, kamera belakang 12 megapixel f/1.7 dengan PDAF dan OIS, serta asisten virtual Samsung Bixby. Simak review lengkap kami di tautan berikut ini.

Smartphone Terbaik di atas 12 juta rupiah, Smartphone Terbaik 2017, Smartphone dengan Kamera Terbaik 2017: Samsung Galaxy Note8

Smartphone premium terbaru dari Samsung ini bisa dibilang merupakan paket komplit. Kami menyoroti kamera belakang ganda (12 megapixel wide f/1.7 dan 12 megapixel tele f/2.4) Galaxy Note8 yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas memukau untuk kategori smartphone.

Fitur canggih lainnya adalah layar Infinity Display 6,3 inci QHD+ 18.5:9 yang amat memanjakan mata. Sementara S-Pen dari smartphone yang dibanderol Rp12.999.000 ini membuat Anda tetap kreatif kapan pun dan di manapun.

Tak ketinggalan, Galaxy Note8 juga anti air dengan sertifikasi IP68. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca review lengkap Galaxy Note8 di tautan berikut ini.

Smartphone Terbaik untuk Selfie 2017: Oppo F5

Oppo masih menjadi jawara di kategori smartphone selfie. Dari sekian banyak perangkat yang mengandalkan kamera depan sebagai nilai jual utama, Oppo F5 tampil menonjol berkat sensor 20 megapixel yang didukung teknologi A.I Beauty Recognition. Menurut kami, hasil foto selfie dari Oppo F5 adalah yang terbaik tahun ini karena selain tajam, warnanya juga natural.

Smartphone dengan Desain Terbaik 2017: Apple iPhone X

iPhone X kami nobatkan sebagai smartphone dengan desain terbaik tahun ini. Alasannya tak lain karena iPhone X menjadi iPhone pertama dengan layar Super AMOLED 19.5:9 yang memenuhi seluruh bagian depan ponsel dan menghilangkan tombol Home. Material yang digunakan amat premium, dan di bagian belakangnya dilapisi kaca yang menawan. Meski layarnya berukuran 5,8 inci, bodi iPhone X ramping dan mudah dioperasikan dengan satu tangan.

Dari segi fitur, iPhone X FaceID yang merupakan sistem pengenalan wajah untuk membuka kunci layar yang diklaim amat pintar dan tidak bisa dikecoh oleh foto. FaceID menggunakan infra merah yang dinamakan TrueDepth. Sistem ini akan memproyeksikan 30 ribu titik cahaya ke wajah pengguna. Kemudian kamera infra merah ini akan menangkap distorsi dari deretan titik tersebut untuk memetakan bentuk wajah dalam 3 dimensi.

Smartphone dengan chipset Apple A11 Bionic yang super kencang ini memiliki kamera belakang ganda dengan sensor 12 megapixel f/1.8 dan 12 megapixel tele f/2.4. Selain itu, iPhone X juga sudah mendukung wireless charging. Di Indonesia, iPhone X dibanderol mulai dari Rp17.999.000.

Smartphone Paling Inovatif 2017: Huawei Nova 2i

 

Kami memilih Huawei Nova 2i sebagai smartphone paling inovatif di tahun 2017 tak lain karena keberadaan 4 kamera sekaligus. Ya, smartphone ini memiliki dua kamera depan dan dua kamera belakang. Di belakang, dua kameranya hadir dengan sensor 16 megapixel dan 2 megapixel. Sementara di depan kamera gandanya dibekali sensor 13 megapixel dan 2 megapixel.

Dengan kombinasi tersebut, Anda bisa menciptakan foto dengan efek bokeh baik menggunakan kamera selfie maupun kamera belakang. Soal spesifikasi lainnya, Nova 2i menawarkan layar FullView 5,9 inci 18:9 Full HD+, SoC Kirin 659, RAM 4 GB, dan memori internal 64 GB. Smartphone yang berjalan dengan Android Nougat (EMUI 5.1) ini dibekali baterai 3340 mAh. Di Indonesia, Huawei Nova 2i dibanderol Rp3.999.000.

Menurut Anda sendiri, seperti apa inovasi dan geliat pasar smartphone di Indonesia di sepanjang tahun 2017 ini? Canggih atau justru biasa saja? Suarakan opini Anda di kolom komentar.

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: