Quantcast
Mobile GadgetPilihanSmartphoneTips

[Panduan] 16 Tip & Trik Samsung Galaxy Note8 yang Wajib Anda Ketahui

Samsung terbilang sukses meracik Galaxy Note8 menjadi salah satu smartphone dengan fitur canggih paling kaya yang ada di pasaran saat ini. Bahkan, karena terlalu melimpahnya fitur, tak jarang masih ada pengguna yang tidak mengetahui berbagai hal yang bisa mereka lakukan di Galaxy Note8.

samsung galaxy note 8 pool wet

Kami sudah merangkum 16 tip dan trik bagi Anda agar bisa menggunakan Galaxy Note8 dengan lebih maksimal. Simak daftarnya di bawah ini:

1. Transfer data dari perangkat lama ke Galaxy Note8

Baru membeli Galaxy Note8? Perlu diketahui bahwa Samsung telah menyediakan fasilitas pemindahan data di Galaxy Note8. Fitur yang disebut SmartSwitch ini akan dapat memindahkan berbagai data dari perangkat lama ke Galaxy Note8 dengan mudah melalui koneksi wireless atau kabel.

US ANS MOB Galaxy S8 G950 G955 2017 Swithc 1

Caranya: temukan SmartSwitch di Settings -> gunakan adapter Galaxy Note8 yang ada dalam paket penjualan -> lalu sambungkan ke perangkat lama Anda dan ke Galaxy Note8. Perlu diketahui bahwa Anda juga bisa melakukan ini lewat koneksi WiFi tanpa perlu adapter.

2. Mengaktifkan Full Screen Mode saat membuka aplikasi

Galaxy Note8 hadir dengan layar 6,3 inci WQHD+ dengan aspect ratio 18.5:9. Ya, aspect ratio ini memang belum umum digunakan oleh penyedia konten serta aplikasi. Tak heran jika Anda sering menemukan bar hitam di atas dan bawah saat membuka aplikasi. Tapi tenang saja, Samsung menyediakan fungsi Full Screen Mode agar aplikasi dapat terbuka memenuhi layar.

Note8 2 e1510544847458

Caranya: Masuk ke Settings -> pilih Display -> pilih Full Screen Apps -. temukan aplikasi yang ingin Anda tampilkan dengan layar penuh.

Full screen apps samsung galaxy note8

Sebagai catatan, tidak semua aplikasi mendukung mode Full Screen.

3. Mengganti resolusi layar
Sejak Galaxy S8, Samsung telah menyertakan fitur untuk mengganti resolusi layar sudah tersedia. Alasanya adalah untuk memberikan fleksibilitas bagi pengguna dan menghemat baterai.

Secara default, resolusi layar yang aktif di Galaxy Note8 adalah FHD+ (2220 x 1080 pixel). Anda bisa mengubah resolusi menjadi HD+ untuk menghemat baterai, atau ke resolusi maksimum (WQHD+) untuk tampilan yang lebih tajam.

resolusi layar samsung galaxy note8

Caranya: Masuk ke Settings -> pilih Display -> pilih Screen Resolution. Setelah memilih resolusi, pilih Apply di kanan atas.

Selain melalui cara tersebut, resolusi layar Galaxy Note8 akan diubah secara otomatis saat mengganti modus Power Saving.

4. Memodifikasi Always-On Display

Layar Always-On sangat membantu menampilkan beberapa informasi penting seperti jam, tanggal, indikator baterai, dan notifikasi. Tergantung kebutuhan penggunanya, layar Always-On dapat dimodifikasi dengan beberapa opsi.

UST Ans MOB S8 Active SM G892A AOD 1?$default high resolution jpg$

Caranya: Masuk ke Settings -> pilih Lock Screen and Security -> lalu piilh Always On Display.

UST Ans MOB S8 Active SM G892A AOD 5?$default high resolution jpg$

Jika pilihan yang diberikan kurang cocok dengan selera, Anda bisa mengunduh beragam tampilan Always On Display di Samsung Themes.

5. Menggunakan fungsi Gestur di sensor sidik jari

Karena sudah ada Iris Scanner, mungkin sebagian dari Anda tidak lagi mengaktifkan fungsi sensor sidik jari. Tapi jangan salah, sensor ini memiliki fungsi lain yang bisa Anda manfaatkan untuk penggunaan sehari-hari. Ya, gesture control.

Galaxy Note8 Finger Print

Caranya: Masuk ke Settings -> pilih Advanced Features -> pilih Finger Sensor Gestures -> lalu aktifkan. Beberapa gesture yang bisa Anda lakukan di sensor sidik jari adalah geser ke bawah untuk mengakses notifikasi, lalu geser ke atas lagi untuk menutupnya. Cocok untuk Anda yang sering mengoperasikan smartphone dengan satu tangan.

6. Pengoperasian Satu Tangan

Bicara tentang pengoperasian dengan satu tangan, Galaxy Note8 menyediakan fitur One-Handed Mode yang sesuai namanya akan mengubah tampilan layar menjadi kecil sehingga lebih mudah dikendalikan.

one handed mode samsung galaxy note8

Cara mengaktifkannya: Masuk ke Settings -> pilih Advanced Features -> pilih One-Handed Mode.

7. Multitasking lebih maksimal dengan Pop-up view< /strong>

Semua smartphone Android yang menggunakan OS Nougat kini dibekali fitur split-screen untuk memudahkan multitasking. Yang menarik, Galaxy Note8 punya cara yang lebih canggih. Anda bisa membuka sebagian besar aplikasi dalam mode Pop-Up View. Artinya, aplikasi bisa tampil dalam jendela kecil yang bisa diatur ukuran dan posisinya.

pop up view action samsung galaxy note8

Cara mengaktifkannya: Masuk ke Settings -> pilih Advanced Features -> pilih Multi Window -> aktifkan Pop-Up View Actions. Nantinya, saat membuka aplikasi, Anda cukup menggeser dari pojok kiri/kanan atas ke tengah dan aplikasi secara otomatis akan tampil di jendela kecil.

8. Memodifikasi Edge Panel

Edge Panel memang bukan hal baru. Tapi Anda tetap bisa memanfaatkannya untuk mempercepat akses ke berbagai aplikasi/fitur. Nah, Edge Panel ini bisa dimodifikasi agar icon-icon yang tampil di sana sesuai kebutuhan kita.

Caranya: Masuk ke Settings -> pilih Display -> pilih Edge Screen – lalu pilih Edge Panels.

9. Membuka langsung dua aplikasi sekaligus

Edge Panel ini juga bisa menjadi shortcut untuk membuka dua aplikasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Misalnya, dengan sekali tap, Anda langsung membuka YouTube dan Chrome. Nantinya, kedua aplikasi yang terbuka bersamaan itu akan langsung masuk ke mode Split-screen.

Note8 1 e1510544816590

Caranya: Buka Edge Panel dengan menggeser dari kanan/kiri di layar melengkung -> pilih icon + (tanda tambah) -> pilih Create App Pair -> pilih dua aplikasi yang ingin Anda buka bersamaan. Setelah itu, di Edge Panel akan muncul icon baru yang terdiri dari dua aplikasi yang Anda pilih.

10. Terhubung sekaligus ke dua perangkat audio Bluetooth

Fitur baru ini mungkin tidak banyak yang tahu. Disebut Dual Audio, Galaxy Note8 kini bisa terhubung ke dua perangkat audio sekaligus lewat koneksi Bluetooth 5.0. Cocok jika Anda memiliki dua speaker atau headphone Bluetooth.

Caranya: Masuk ke Settings -> pilih WiFi & Bluetooth -> nyalakan Bluetooth -> tap tiga titik di pojok kanan atas -> pilih Dual Audio lalu aktifkan.

11. Mengubah tatanan ikon di Home Screen

Ada juga pengguna yang lebih menyukai semua ikon aplikasi ditampilkan di layar Home di depan, tanpa harus masuk ke menu aplikasi. Di Galaxy Note 8, Anda bisa memilih antara dua opsi tampilan tersebut.

Home Screen samsung galaxy note8

Caranya: Tekan beberapa detik di layar utama (Home Screen) dan pilih Home Screen Setting. Kemudian pilih Home screen layout untuk melakukan pengaturan.

12. Mengatur jumlah ikon aplikasi yang ditampilkan di satu layar

Pada Samsung Galaxy Note 8, Anda bisa mengatur jumlah aplikasi yang ditampilkan di satu layar. Tentunya semakin banyak aplikasi pada satu layar, ukuran ikon yang ditampilkan juga akan lebih kecil.

Grid icon samsung galaxy note8

Caranya: Tekan beberapa detik di layar utama (Home Screen) dan pilih Home Screen Setting. Kemudian pilih Home screen grid.

13. Pilih mode performa yang sesuai dengan kebutuhan agar baterai lebih irit

Walaupun Note 8 sudah mengatur mode performa secara otomatis, Anda tetap dapat memilih mode performa yang sesuai aktivitas untuk menghemat baterai.

Performance Mode samsung galaxy note8

Caranya: Masuk ke Setting – Advanced – dan pilih Performance Mode. Kemudian pilih opsi yang diinginkan.

14. Perpanjang daya tahan baterai dengan Power saving mode

Dengan segala fitur canggih yang dimilikinya, tak heran jika pengguna sering tidak memerhatikan daya tahan baterai karena keasyikan menggunakan berbagai fitur Galaxy Note8. Untungnya, Samsung telah menyertakan Power Saving Mode guna memperpanjang daya tahan baterai jika diperlukan.

Power Saving mode samsung galaxy note8

Caranya: Masuk ke Setting – Device maintenance. Tekan Battery dan pilih mode yang dibutuhkan.

Perlu diperhatikan, ada beberapa fitur smartphone yang dimatikan jika Anda memilih mode hemat baterai yang maksimal.

15. Menyimpan data cadangan di Samsung Cloud

Mengingat fungsinya yang amat banyak, tidak heran jika data di smartphone sangat berharga. Bahkan melebihi harga perangkatnya sendiri. Oleh sebab itu, mencadangkan data atau melakukan backup data merupakan hal yang wajib dilakukan.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan Samsung Cloud. Layanan penyimpanan di awan ini bisa menyimpan data-data penting seperti gambar, video, daftar kontak, SMS, aplikasi dan email secara otomatis. Samsung sendiri memberikan jatah kapasitas penyimpanan hingga 15GB.

Caranya: Masuk ke folder aplikasi Samsung dan pilih Samsung Cloud. Di sini Anda bisa mencadangkan data, memulihkan data, menyinkronisasikan data dan menghapus data yang dicadangkan.

16. Memasang dua aplikasi yang sama dalam satu perangkat

Bagi yang suka chatting atau memiliki lebih dari satu akun media sosial, Samsung telah menyertakan fitur Dual Apps di dalam Note8. Dengan fitur ini, Anda bisa memasang dua aplikasi sekaligus sehingga dapat memakai dua akun sekaligus.

Tentunya tidak semua aplikasi telah didukung, tapi aplikasi-aplikasi populer seperti Whatsapp, BBM, Telegram, Facebook, dan lainnya akan dapat memanfaatkan fitur ini.

Caranya: Masuk ke Setting – Advanced

Dual Apps samsung galaxy note8

Selain 16 tip dan trik di atas, masih banyak lagi fungsi-fungsi Galaxy Note8 yang dapat diulik. Apalagi bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakan seri Note, pasti akan mendapatkan banyak kejutan yang menyenangkan.

Bai yang ingin mengetahui performa dan fitur Samsung Galaxy Note8, bisa dibaca di ulasan berikut.

Back to top button