Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Samsung Exynos 2200: Chipset 4nm EUV dengan GPU Berbasis AMD RDNA 2 dan Dukungan Ray Tracing

Samsung akhirnya resmi mengumumkan kehadiran chipset terbarunya yang diberi nama Exynos 2200. Selain menawarkan performa yang lebih kencang, satu hal yang amat menarik dari chipset ini adalah penggunaan arsitektur AMD RDNA 2 untuk GPU (Graphics Processing Unit) yang dibenamkan.

Fitur Samsung Exynos 2200

Samsung Exynos 2200

Samsung Exynos 2200 dibekali GPU bernama Samsung Xclipse. Seperti disebutkan sebelumnya, GPU ini dirancang dengan basis AMD RDNA 2. Canggihnya lagi, dengan GPU Xclipse, Exynos 2200 menjadi yang pertama memiliki dukungan teknologi Hardware-accelerted Ray Tracing untuk perangkat mobile.

Apa kelebihannya? Teknologi Ray Tracing dapat mensimulasikan bagaimana perilaku cahaya seperti di dunia nyata. Dengan menghitung pergerakan dan karakteristik warna cahaya saat memantul di permukaan, Ray Tracing akan memberikan efek pencahayaan yang lebih realistis.

Bukan cuma itu, GPU Xclipse juga mendukung fitur Variable Rate Shading (VRS) yang akan mengoptimalkan beban kerja GPU dengan memungkinkan para developer untuk menerapkan tingkat shading yang lebih rendah di beberapa area, tanpa berdampak pada kualitas secara keseluruhan. Dengan begitu, frame rate yang dihasilkan bisa lebih tinggi sehingga game berjalan lebih mulus.

Perlu diketahui bahwa Exynos 2200 merupakan chipset 4nm EUV (Extreme Ultra Violet) yang menjanjikan efisiensi daya tinggi. CPU yang ditanamkan terdiri dari tiga cluster, yakni ARM Cortex-X2 untuk performa tinggi, 3-core Cortex-A710 untuk performa yang seimbang, dan 4-core Cortex-A510 yang hemat daya.

Dibanding pendahulunya, Samsung Exynos 2200 juga diklaim punya performa NPU dua kali lipat lebih baik. Sementara untuk konektivitas, Samsung menanamkan modem 5G yang mendukung sub-6GHz dan mmWave spectrum. Tidak ketinggalan ada pula dukungan Bluetooth 5.2 dan WiFi 6.

Jadwal peluncuran Samsung Exynos 2200

Samsung Exynos 2200 saat ini tengah masuk tahap produksi dan dijadwalkan akan meluncur dalam waktu dekat. Samsung Galaxy S22 dikabarkan akan menjadi yang pertama mengusung chipset canggih tersebut. Kita tunggu saja!

Back to top button