Quantcast
Aksesoris GadgetAudio VideoMobile GadgetNews

Baidu Raven H, Smart Speaker Berdesain Unik dengan Software DuerOS

Walaupun belum terlalu besar, namun segmen perangkat smart speaker kini semakin ramai dengan datangnya banyak pemain baru. Raksasa internet asal China, Baidu, merilis sebuah smart speaker unik yaitu Raven H yang menggunakan software buatannya sendiri.

baidu raven h 1

Baidu Raven H menggunakan hardware yang didesain sendiri oleh Baidu. Perangkat ini memiliki bentuk yang unik dengan desain warna-warni dan bagian atas yang bisa dilipat. Bagian atasnya tersebut juga memiliki memori yang menyimpan beberapa informasi seperti informasi akun, setting, serta file media. Bagian tersebut dapat dilepas dan dipindahkan ke perangkat lain sehingga perangkat tersebut tidak membutuhkan pengaturan ulang.

Bersaing dengan Google Assistant milik Google dan Alexa milik Amazon, Baidu menggunakan software buatannya sendiri. Pada Raven H ini, Baidu menggunakan software DuerOS yang memiliki kemampuan artificial intelligence dan mendukung banyak perintah seperti memutar musik, mengatur jadwal, dan masih banyak lagi.

Baidu Raven H dijual dengan harga US$250 atau sekitar 3,3 juta rupiah, lebih mahal jika dibandingkan smart speaker milik Amazon atau Google, namun masih lebih terjangkau dibandingkan beberapa smart speaker yang diluncurkan oleh vendor pihak ketiga. Baidu menyatakan akan menyediakan software DuerOS ini secara luas sehingga bisa diadopsi oleh banyak vendor lain yang ingin memproduksi perangkat smart speaker yang menggunakan software tersebut.

Back to top button